Tips & Trik

5 Cara Merawat Motor Baru yang Wajib Diperhatikan

PUBLISHED DATE : 14 Juni 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Nex_II_(1)2.jpg

Servis rutin memang menjadi agenda rutin yang wajib dilakukan pemilik sepeda motor jika ingin kendaraannya awet. Untungnya setiap sepeda motor baru akan dilengkapi dengan layanan servis gratis yang bisa diakses di bengkel resmi. 

Layanan gratis servis selama beberapa bulan tersebut tentu saja harus Anda manfaatkan agar motor tetap terawat. Tak hanya motor baru, tetapi Anda juga harus memperhatikan jadwal servis motor yang selama ini digunakan. 

Namun bagi Anda yang baru saja beli motor baru, bukan hanya servis saja yang perlu diperhatikan. Ada beberapa cara merawat motor baru yang penting, apa saja itu? 

    1. Panaskan Motor Pagi Hari sebelum Dikendarai

Baca Juga : Harus Rajin, Ini Penyebab Oli Motor Cepat Habis

Saat motor pertama kali tiba di rumah, Anda perlu untuk menyalakan kendaraan terlebih dahulu. Anda bahkan bisa langsung mencoba mengendarainya untuk tahu apakah semua fiturnya bekerja dengan baik. 

Tak hanya menyalakan motor saat baru tiba, setiap pagi sebelum berkendara sebaiknya panaskan motor terlebih dahulu. Mesin motor yang dingin setelah semalaman harus dipanaskan terlebih dahulu. 

Proses pemanasan ini akan membuat mesinnya siap bekerja dan kinerjanya lebih meningkat. Anda hanya perlu memanaskan motor setidaknya 5 menit sebelum jalan. Cara memanaskan yang benar juga tidak boleh memutar gas berkali-kali. 

Baca Juga : Perlukah Rutin Melakukan Pembilasan Oli Motor?

Cukup diamkan saja motor menyala dan pastikan Anda memanaskannya di ruang terbuka. Sehingga emisi gas buang tidak memenuhi ruangan. Cukup dengan rutinitas ini saja, motor baru Anda akan lebih awet. 

    2. Jangan Lupa Pilih Bahan Bakar Kualitas Bagus

Cara merawat motor baru yang kedua adalah soal pemilihan bahan bakar. Saat Anda membeli motor, dealer akan memberikan arahan bahan bakar terbaik. Namun tetap menjadi keputusan Anda, jenis bahan bakar apa yang akan digunakan. 

Bahan bakar akan memberikan pengaruh besar terhadap keawetan mesin. Khususnya untuk motor yang sudah menggunakan mesin injeksi. Bahan bakar yang berkualitas adalah yang beroktan tinggi. 

Baca Juga : Tips Aman Berkendara Motor Jarak Jauh

Minimal adalah oktan 90 yang mampu meminimalisir munculnya kerak. Karena bahan bakar akan meninggalkan kerak setelah proses pembakaran pada injector. Bahan bakar dengan oktan tinggi mampu menciptakan pembakaran sempurna. 

Tak hanya itu saja, bahan bakar yang bagus juga mampu menciptakan tenaga lebih besar. Ditambah lagi bahan bakar jadi lebih irit dibandingkan yang oktannya rendah. 

    3. Rutin Membersihkan Motor 

Apakah Anda sudah rutin membersihkan motor usai dipakai? Baik itu mencuci motor maupun mengelapnya. Penting bagi pemilik untuk membersihkan motor supaya tampil lebih menarik. Tak hanya itu saja kotoran seperti debu atau lumpur yang mudah menempel bisa menjadi kerak. 

Apabila Anda tidak rajin membersihkan motor, kerak tersebut akan menjadi sumber jamur pada body dan mesin. Kerak juga sangat berbahaya jika muncul pada bagian kampas rem. Rajin membersihkan akan membuat Anda tahu apakah terjadi kerusakan pada motor. 

Cukup dengan mengelap motor usai digunakan jika Anda baru saja melewati area berlumpur. Bisa juga menyiramnya dengan sedikit air dan segera mengeringkan motor. Namun jika cuaca hujan Anda harus lebih sering mencuci motor. 

Cucilah menggunakan shampo motor khusus sehingga air hujan yang sifatnya basa tidak merusak body motor. Gunakan sikat lembut untuk menghilangkan lumpur yang mengeras. Cuci bersih sampai pada bagian di bawah slebor. 

    4. Hindari Parkir di Ruang Terbuka 

Cara merawat motor baru yang keempat adalah menghindari motor dari paparan sinar matahari. Bagaimana jika Anda harus menggunakan motor pada saat siang hari? Tidak masalah jika Anda mengendarainya. 

Hanya saja jangan parkir kendaraan di ruang terbuka yang langsung terpapar sinar matahari. Sinar UV dapat merusak lapisan coating pada body motor dengan sangat cepat. Cat motor jadi mudah kusam yang membuat tampilannya tidak menarik. 

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya