Tips & Trik

Ini Penyebab Motor Ngebul dan Cara Mudah Mengatasinya

PUBLISHED DATE : 26 Februari 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/motor_ngebul_saat_mesin_panas.jpg

Penyebab motor ngebul cukup beragam dan bisa berkaitan dengan berbagai faktor. Cara mengatasi dan solusinya pun demikian, tergantung pada penyebabnya.

Kepulan asap motor seringkali membuat tidak nyaman, baik bagi diri sendiri maupun untuk pengendara lain. Motor yang ngebul tersebut bisa disebabkan oleh adanya gangguan di dalam komponen mesin.

Berikut  ini penyebab motor ngebul serta cara mudah mengatasinya yang perlu dipahami oleh pengendara.

Penyebab Motor Ngebul

Baca Juga : Yuk Ketahui Ini Fungsi Kampas Kopling Ganda Pada Motor Matic

cara_mengatasi_motor_ngebul_tanpa_bongkar_mesin

Silinder atau Liner Mesin Sudah Aus

Hal pertama yang bisa menyebabkan motor menjadi ngebul adalah silinder atau liner mesin sudah dalam keadaan aus. Kerusakan silinder tersebut biasanya diakibatkan oleh terganggunya komponen mesin motor lainnya, yaitu piston yang juga sudah dalam keadaan aus.

Baca Juga : Harus Waspada, Ini Akibat Telat Ganti Oli Motor Kamu

Silinder motor bekerja dengan cara bergesekan langsung dengan piston saat mesin motor sedang dalam keadaan menyala. Kondisi silinder mesin yang sudah aus akan mengakibatkan mengalirnya oli ke dalam ruang bakar,  sehingga bisa menyebabkan munculnya asap.

Langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi keausan pada silinder motor adalah dengan melakukan bore up. Pembubutan silinder motor tersebut harus menggunakan bantuan tenaga montir untuk melakukan turun mesin sebelum bore up.

Batang Katup Mengalami Pembengkokan

Baca Juga : Wajib Tahu, Ini Cara Memperbaiki Stang Motor Goyang

Kegunaan batang katup dari mesin motor adalah untuk menghubungkan antara komponen klep dan cam. Batang katup yang mengalami pembengkokan akan mengakibatkan kedua komponen tersebut tidak bisa terpasang pada posisi center yang seharusnya.

Pembengkokan pada batang katup akan menyebabkan kedua sisinya mengalami tekanan dan salah satunya berubah menjadi longgar. Hal tersebut akan memperbesar kemungkinan oli mengalir ke dalam manifold, yaitu bagian yang terhubung secara langsung dengan ruang bakar.

Cara untuk mengatasi batang katup yang mengalami pembengkokan adalah melakukan penggantian terhadap sparepart tersebut. Anda bisa memilih untuk mengganti klepnya saja atau satu set dengan batang katupnya untuk menghindari potensi kerusakan pada komponen mesin lainnya.

Pengaruh dari Knalpot

Jenis knalpot merupakan penyebab berikutnya yang bisa menyebabkan motor ngebul saat mesin panas. Ada jenis knalpot yang dilengkapi dengan sistem penyemprotan oli ke dalam spare part tersebut. Hal tersebut menyebabkan terjadinya pembakaran, sehingga gas hasil emisi dalam suhu tinggi.

Kepulan asap motor yang disebabkan oleh pengaruh knalpot tersebut umumnya berwarna putih pekat. Pengaruh dari sistem penyemprotan oli ke dalam knalpot tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan mudah, apabila pasokan cairan pelumas tersebut sesuai dengan kapasitas mesin.

Langkah lanjutan yang perlu dilakukan untuk mengatasi motor ngebul akibat hal ini adalah melepas knalpot, lalu hidupkan mesin.

Apabila motor tidak lagi mengeluarkan asap berwarna putih, tandanya Anda harus mengganti knalpot atau membawanya ke bengkel untuk diperbaiki.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya