Tips & Trik

Ternyata Ini Penyebab Kopling Mobil Bunyi Saat Dilepas

PUBLISHED DATE : 12 Oktober 2021

Kopling Mobil

Berbeda dengan kampas kopling yang masih tebal, bunyi tidak akan muncul karena gesekkan yang terjadi dapat diredam oleh kampas kopling. Selain itu jika kampas kopling sudah menipis juga akan merusak sistem perpindahan gigi menjadi tidak lancar. 

Satu-satunya solusi yang bisa dilakukan jika ini penyebabnya adalah mengganti kampas kopling dengan yang baru. 

  • Kerusakan pada Plat Kopling

Disebut juga dengan clutch disc assy atau  komponen plat kopling yang fungsinya untuk mentransfer energi serta putaran dari mesin ke arah transmisi yang menggunakan gaya gesek.

Hanya saja gaya gesek yang diciptakan sangat besar sehingga jika pengemudi mengoperasikannya dengan cara salah akan tidak beraturan. Efeknya adalah kerusakan pada plat kopling dan memunculkan bunyi ketika kopling dilepaskan. 

Penyebab kopling mobil bunyi saat dilepas ini memang tidak boleh dianggap remeh dan perlu segera di cek agar perbaikan bisa dilakukan lebih awal. Rutin melakukan perawatan di bengkel resmi akan menghindari masalah kopling mobil bunyi.

Baca Juga : Harus Tahu! Ini Proses, Syarat, dan Biaya Ganti Plat Mobil

penyebab_kopling_mobil_bunyi

Masalah Lain yang Muncul Selain Bunyi pada Kopling

Perlu Anda ketahui juga bahwa masalah pada kopling tidak berhenti karena muncul bunyi saja. Ada beberapa masalah lainnya yang juga terjadi pada kopling dan tentu saja cukup mengganggu. 

Berikut ini gejala lain yang menunjukkan kerusakan pada kopling selain bunyi saat pedal dilepaskan. 

  • Tercium Bau Terbakar

Kerusakan pada kopling juga ditandai oleh munculnya bau seperti terbakar atau gosong. Bau ini berasal dari bagian kampas kopling yang sudah aus namun harus bergesekkan dengan flywheel. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya