Tips & Trik

Ternyata Ini Penyebab Kopling Mobil Bunyi Saat Dilepas

PUBLISHED DATE : 12 Oktober 2021

Kopling Mobil

Penyebab yang pertama bisa saja karena release bearing yang mengalami keausan. Pada bagian dalam release bearing terdapat grease yang akan kering sehingga aus karena sering digunakan. 

Pada saat service biasanya bagian ini akan dicek dan diberikan pelumas sehingga tidak akan terjadi kendala seperti macet atau muncul bunyi. Namun jika Anda jarang service mobil tidak heran jika bagian ini aus dan kering. 

Anda akan mendengarkan bunyi ketika kopling dilepaskan cukup lama dan posisi dari release bearing menekan diaphragm spring. Bahkan gejala semakin parah juga terjadi dengan bunyi yang muncul bahkan ketika Anda menginjak pedal kopling. 

  • Permukaan Flywheel dan Clutch yang Bergelombang

Penyebab kopling mobil bunyi saat dilepas yang kedua adalah terdapat pada bagian flywheel dan clutch. Permukaan kedua komponen ini seharusnya rata sehingga mampu mentransfer tenaga dari mesin ke transmisi. 

Permukaannya sendiri mudah tidak rata mengingat tugasnya adalah selalu bergesekan dengan permukaan kampas kopling pada saat pedal kopling dilepaskan. Ketidakrataan permukaannya inilah yang membuat suara muncul ketika clutch disc terhubung dengan clutch cover dan flywheel. 

Baca Juga : Apa Itu Uji Kir Mobil? Ini Syarat dan Cara Mendaftarnya

Tidak hanya kopling mobil bunyi yang bermasalah tetapi juga ditambah dengan getaran cukup kuat pada kopling dan terasa sampai ke bodi mobil. Istilah yang digunakan untuk menyebutkan kondisi ini adalah judder. 

  • Melemahnya Pegas Kopling

Setiap sistem kopling dilengkapi dengan pegas yang terhubung langsung pada bagian pedal. Pegas ini bekerja untuk meredam hentakan dan getaran pada saat perpindahaan gigi terjadi. 

Daya pegas memiliki masa penggunaan yang semakin lama akan melemah. Ketika kemampuan pegas sudah menurun, maka hentakan dan getaran tidak dapat diredam kembali. 

Anda akan mendengarkan suara ketika pedal kopling dilepaskan. Perbaikan yang perlu dilakukan adalah menggantinya supaya pegas ini tidak membuat sistem kopling justru menjadi macet. 

  • Menipisnya Kampas Kopling

Bukan hanya masalah pada flywheel yang menjadi penyebab kopling mobil bunyi saat dilepas. Kampas kopling yang sudah menipis dan bergesekan dengan flywheel yang rata pun bisa menimbulkan bunyi. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya