Tips & Trik

Ternyata Ini Manfaat Pasang Kaca Film di Mobil

PUBLISHED DATE : 28 Mei 2020

Pasang Kaca Film Mobil

Dalam dunia otomotif, terutama pada kendaran mobil ternyata juga ada mitos yang cukup populer. Mitos tersebut adalah banyak orang yang menganggap jika semakin gelap kaca film mobil yang dipakai, maka akan semakin baik juga kaca film tersebut bisa menangkal sinar matahari yang masuk. Padahal sebenarnya hal tersebut sama sekali tidak benar.

Tidak ada hubungan antara tingkat kegelapan kaca film mobil dengan kemampuan menangkal sinar matahari yang masuk. Dengan begitu tentu saja dalam mencari kaca film mobil, Anda tidak hanya mencari berdasarkan tingkat kegelapan.

Atau bahkan Anda memasangkan kaca film yang berlapis-lapis dengan harapan bisa menangkal sinar matahari yang masuk, akan tetapi yang mempengaruhi tingkat kemampuan kaca film dalam menangkal sinar matahari adalah VLT atau Visible Light Transmission yang merupakan parameter yang dipakai guna mengukur tingkat gelap dan terang kaca film mobil.

Semakin tinggi tingkat VLT tentu saja tingkat kegelapan kaca film mobil akan semakin rendah. Sebaliknya semakin rendah tingkat VLT tentu saja tingkat kegelapan kaca film akan semakin tinggi

Menentukan Tingkat Kegelapan Kaca Film Mobil

Baca Juga : Seperti Ini Teknik Mengerem Mendadak Tanpa Ngesot

Dalam menentukan tingkat kegelapan kaca film mobil, sebaiknya Anda harus benar-benar memperhitungkannya dengan tepat. Antara kaca depan, samping dan belakang tentu saja memiliki tingkat kegelapan yang berbeda. Seperti yang sudah Kami jelaskan di bawah ini.

  1. Kaca Depan

    Untuk urusan keselamatan, bagian kaca depan mobil dianjurkan hanya menggunakan tingkat kegelapan 20 persen saja. Namun jika dirasa 20 persen masih terlalu terang, Anda bisa meningkatkan kegelapan kaca film mobil maksimal hingga 40 persen saja.

  2. Kaca Samping Kanan Kiri

    Usahakan menggunakan kaca film untuk bagian kanan dan kiri mobil dengan tingkat kegelapan setengah dari tingkat kegelapan kaca depan. Jadi misalnya kaca depan Anda memiliki tingkat kegelapan 20 persen, maka Anda pasang kaca film mobil untuk bagian ini cukup dengan tingkat kegelapan 10 persen saja.

  3. Kaca Belakang Mobil

    Yang terakhir adalah pemilihan tingkat kegelapan kaca belakang mobil. Jika pada bagian tengah kabin dilengkapi dengan spion rayben mode, maka Anda cukup menggunakan kaca film pada bagian belakang mobil dengan tingkat kegelapan maksimal 40 persen.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya