Tips & Trik

Ternyata Ini Manfaat Pasang Kaca Film di Mobil

PUBLISHED DATE : 28 Mei 2020

Pasang Kaca Film Mobil

Banyak sekali orang Indonesia yang suka mengendarai mobil. Alasannya terutama agar terhindar dari panas matahari dan juga hujan saat berkendara di jalan. Dengan meningkatnya minat masyarakat Indonesia untuk membeli mobil, membuat banyak industri otomotif yang semakin gencar untuk menaikkan produksi mobil setiap tahunnya.

Bagi Anda yang sudah punya mobil, tentunya Anda wajib tahu bagaimana cara merawat mobil dengan benar. Memang dengan merawat mobil kita akan mengeluarkan uang yang bisa dibilang tidak sedikit.

Namun tentu saja itu juga demi perawatan dan kenyamanan Anda dalam berkendara. Salah satu perawatan yang bisa Anda lakukan adalah dengan menambahkan kaca film mobil.

Manfaat Pasang Kaca Film Mobil

pemasangan kaca film

Jika Anda mempunyai mobil di rumah, alangkah baiknya Anda pasang kaca film mobil pada mobil Anda tersebut. Kaca film mobil sangat membantu Anda dalam mengurangi intensitas cahaya yang masuk saat siang hari. Selain itu juga kaca film bisa membantu mengurangi resiko kejahatan di jalanan.

Kaca film juga tidak membutuhkan perawatan yang intens. Cukup Anda jaga supaya tidak terkena goresan, itu saja. Sebelum itu, pastikan Anda memilih kaca film mobil yang berkualitas.

Baca Juga : Fungsi Ball Joint Suspensi dan Gejala Kerusakannya

Jangan sampai Anda tertipu oleh oknum-oknum yang menawarkan kaca film murah, namun tidak memiliki kualitas yang bagus. Lalu, apa manfaat kaca film? Ternyata ini manfaat pasang kaca film mobil.

  1. Mengurangi Intensitas Cahaya Masuk

    Tujuan dan fungsi utama dari pemasangan kaca film pada mobil yaitu untuk mengurangi intensitas cahaya yang masuk. Saat siang hari, apalagi ketika sinar matahari sedang terik-teriknya, bisa membuat perjalanan Anda terganggu karena panas yang masuk dalam kabin. Dengan Anda memasang kaca film, cahaya yang masuk menjadi berkurang.

    Selain itu pemasangan kaca film mobil juga berguna untuk mengurangi intensitas cahaya yang masuk pada saat malam hari. Hal ini karena banyak sekali kendaraan yang diproduksi saat ini menggunakan lampu LED yang tentu saja bisa membuat silau mata kita saat berkendara. Nah dengan menggunakan kaca film mobil, rasa silau yang Anda alami akan sedikit berkurang karena ada kaca film mobil.

  2. Mengurangi Resiko Kejahatan Jalanan

    Saat ini sedang marak kasus kejahatan di jalanan. Kasus kejahatan jalanan contohnya adalah merampok dan mencuri barang-barang yang ada pada mobil. Nah Anda bisa mengatasi masalah ini dengan memasang kaca film mobil pada mobil Anda.

    Kaca film bisa melindungi Anda dari penjahat di jalanan. Hal ini karena Kaca film bisa mengurangi pandangan orang dari luar saat melihat melalui kaca mobil Anda. Dengan begitu, orang yang memiliki niat jahat terhadap Anda akan kesusahan saat hendak melihat situasi di dalam mobil.

  3. Keamanan Menjadi Meningkat

    Ketika mobil mengalami benturan, kaca film bisa menguatkan kaca dari benturan. Hal ini dikarenakan kaca film biasanya terbuat dari bahan lapis logam, polyester dan perekat khusus.

    Sehingga ketika benturan terjadi, perekat pada kaca film akan bereaksi sehingga kaca tidak akan langsung pecah. Hal ini akan mengurangi kemungkinan penumpang akan terluka jika memang terjadi kecelakaan di jalan.

  4. Menjaga Privasi Anda

    Anda pasti sering mengalami dilihat oleh seseorang di jalan ketika sedang berada di dalam mobil. Tentu saja hal ini tidak enak, karena privasi memang sangat dibutuhkan oleh manusia.

    Salah satu manfaat kaca film lainnya adalah bisa menjaga privasi Anda saat berada di dalam mobil. Orang-orang tidak akan bisa leluasa melihat isi di dalam mobil Anda karena terhalang oleh kaca film mobil.

    Privasi saat ini menjadi sesuatu yang sangat penting bagi kita saat berkendara. Kaca film mobil bisa menjaga privasi kita dan juga penumpang yang berada pada kabin mobil. Orang-orang di luar mobil tentu saja tidak bisa melihat apa yang sedang kita lakukan, sehingga kita tidak perlu khawatir akan privasi kita saat berkendara di jalan raya menggunakan mobil.

  5. Untuk Bergaya

    Salah satu alasan orang memilih memasang kaca film pada mobil mereka adalah untuk meningkatkan tampilan mobil. Memang, kaca film bisa membuat mobil Anda menjadi lebih elegan dan eksklusif. Apalagi kaca film memiliki beragam warna dan tingkat kegelapan yang bisa diatur.

    Tampil bergaya dan beda tentu saja saat ini menjadi peran yang cukup penting bagi kita dalam memilih kaca film mobil. Banyak orang menganggap jika kaca film mobil bisa meningkatkan penampilan dan juga kegantengan mobil. Oleh sebab itu banyak juga yang memasang kaca film mobil.

Mitos Kegelapan Kaca Film Mobil

kaca film mobil

Dalam dunia otomotif, terutama pada kendaran mobil ternyata juga ada mitos yang cukup populer. Mitos tersebut adalah banyak orang yang menganggap jika semakin gelap kaca film mobil yang dipakai, maka akan semakin baik juga kaca film tersebut bisa menangkal sinar matahari yang masuk. Padahal sebenarnya hal tersebut sama sekali tidak benar.

Baca Juga : Catat, Ini Cara Blokir STNK Motor dan Mobil Online

Tidak ada hubungan antara tingkat kegelapan kaca film mobil dengan kemampuan menangkal sinar matahari yang masuk. Dengan begitu tentu saja dalam mencari kaca film mobil, Anda tidak hanya mencari berdasarkan tingkat kegelapan.

Atau bahkan Anda memasangkan kaca film yang berlapis-lapis dengan harapan bisa menangkal sinar matahari yang masuk, akan tetapi yang mempengaruhi tingkat kemampuan kaca film dalam menangkal sinar matahari adalah VLT atau Visible Light Transmission yang merupakan parameter yang dipakai guna mengukur tingkat gelap dan terang kaca film mobil.

Semakin tinggi tingkat VLT tentu saja tingkat kegelapan kaca film mobil akan semakin rendah. Sebaliknya semakin rendah tingkat VLT tentu saja tingkat kegelapan kaca film akan semakin tinggi

Menentukan Tingkat Kegelapan Kaca Film Mobil

Dalam menentukan tingkat kegelapan kaca film mobil, sebaiknya Anda harus benar-benar memperhitungkannya dengan tepat. Antara kaca depan, samping dan belakang tentu saja memiliki tingkat kegelapan yang berbeda. Seperti yang sudah Kami jelaskan di bawah ini.

  1. Kaca Depan

    Untuk urusan keselamatan, bagian kaca depan mobil dianjurkan hanya menggunakan tingkat kegelapan 20 persen saja. Namun jika dirasa 20 persen masih terlalu terang, Anda bisa meningkatkan kegelapan kaca film mobil maksimal hingga 40 persen saja.

  2. Kaca Samping Kanan Kiri

    Usahakan menggunakan kaca film untuk bagian kanan dan kiri mobil dengan tingkat kegelapan setengah dari tingkat kegelapan kaca depan. Jadi misalnya kaca depan Anda memiliki tingkat kegelapan 20 persen, maka Anda pasang kaca film mobil untuk bagian ini cukup dengan tingkat kegelapan 10 persen saja.

  3. Kaca Belakang Mobil

    Yang terakhir adalah pemilihan tingkat kegelapan kaca belakang mobil. Jika pada bagian tengah kabin dilengkapi dengan spion rayben mode, maka Anda cukup menggunakan kaca film pada bagian belakang mobil dengan tingkat kegelapan maksimal 40 persen.

Berita Lainnya