Tips & Trik

Tak Cuma di Kursi Depan, Penumpang di Kursi Belakang Juga Sebaiknya Pakai Sabuk Pengaman

PUBLISHED DATE : 20 Januari 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Tak_Cuma_di_Kursi_Depan,_Penumpang_di_Kursi_Belakang_Juga_Sebaiknya_Pakai_Sabuk_Pengaman.jpg

Dalam peraturan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, tepatnya dalam UU No. 22 tahun 2009 telah diatur tentang penggunaan sabuk pengaman. Adapun fungsi penggunaannya adalah untuk mengurangi risiko fatal yang menyebabkan luka hingga kematian jika terjadi kecelakaan.

Penggunaan sabuk pengaman juga untuk menahan posisi badan untuk tetap berada di jok dan tidak terhempas saat mengalami benturan akibat kecelakaan. Tetu hal ini penting karena terkait keselamatan kita sendiri. Kendati demikian, masih banyak orang menyepelekan dan menganggap yang wajib memakai hanya yang berada di kursi depan.

Nyatanya, baik itu yang duduk di depan maupun di belakang, semuanya diharuskan memakai sabuk pengaman. Namun lagi-lagi, masyarakat seolah tidak mengindahkan hal tersebut. Padahal hal tersebut merupakan aturan keselamatan berkendara bagi diri sendiri maupun lainnya yang berada di satu kendaraan.

Baca Juga : Mengatasi Masalah Pada Kendaraan Ketika Musim Hujan

Mengapa Penting Memakai Sabuk Pengaman Meski di Belakang? Ini Alasannya!

Sangat penting menggunakan sabuk pengaman saat bepergian atau berkendara dengan memakai mobil, karena sejatinya bukan hanya penting bagi sopir dan penumpang depan, bagi tiap penumpang adalah wajib dan penting.

Tak jarang, bahkan hampir kebanyakan orang menganggap penggunaan sabuk pengaman supaya tidak di tilang saja. Padahal efeknya sungguh fatal apabila kita mengabaikan penggunaan sabuk pengaman. Terutama pada keselamatan kita saat kecelakaan tidak dapat terhindarkan.

Baca Juga : 8 Masalah Yang Sering Terjadi Pada Mobil Matic

Nyatanya, beberapa kasus kecelakaan yang sering terjadi adalah justru penumpang baris kedua dan terakhir yang mengalami cedera lebih parah. Hal ini salah satu penyebabnya adalah tidak memakai safety belt atau sabuk pengaman.

Mengapa demikian? Alasannya saat penumpang yang tidak menggunakan sabuk pengaman terutama penumpang di bagian belakang, baik kedua maupun terakhir akan mengalami efek seperti bola pinball yang memantul dari satu sisi ke sisi lainnya saat terjadi benturan keras pada kasus kecelakaan. Hal ini juga berdampak fatal akan keselamatan, mulai dari luka-luka hingga kematian.

Nah, demikianlah itu penjelasan dan alasan mengapa penggunaan sabuk pengaman penting bagi setiap orang. Siapa lagi yang akan menjaga keselamatan diri, jika bukan kita sendiri. Jadi sayangi diri Anda mulai sekarang!

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Fitur Child Lock Pada Mobil

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya