Tips & Trik

Segitiga Motor Bengkok : Penyebab dan Cara Mengatasinya

PUBLISHED DATE : 21 April 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/segitiga_motor_bengkok.jpg

Segitiga motor merupakan bagian penting pada motor yang berfungsi untuk menyangga suspensi depan dan dudukan pada komstir.

Letaknya yang berada di bagian depan membuatnya berperan penuh dalam mengendalikan arah motor. Jika bagian ini bermasalah, maka harus segera diperbaiki.

Penyebab utama komponen ini bengkok atau rusak tidak melulu timbul karena menabrak atau kecelakaan. Lalu apa saja penyebab lain yang bisa menyebabkan bagian tersebut tidak berfungsi secara optimal? Simak beberapa penyebabnya di bawah ini sehingga Anda bisa memahaminya.

Daftar Penyebab Segitiga Motor Bengkok

  • Disebabkan Karena Kecelakaan

Baca Juga : Ini Fungsi Intake Air Temperature Sensor & Cara Kerjanya

Komponen yang satu ini bisa rusak atau bengkok penyebab utamanya memang setelah mengalami insiden kecelakaan yang menabrak atau membentur sesuatu. Karena menabrak itulah yang bisa membuat posisi bagian ini tidak lurus lagi atau oleng dan terasa miring sebelah.

Beruntung jika bagian tersebut masih miring sebelah, karena masih bisa untuk diperbaiki. Jika sudah penyok, Anda perlu menggantinya dengan yang baru. Tentunya biaya yang dikeluarkan juga lebih banyak daripada hanya memperbaikinya. 

  • Bisa Disebabkan Karena Hantam Lubang

Selain karena kecelakaan, sepeda motor yang digunakan terlalu kencang dan sering terkena lubang jalan yang dalam juga bisa mengakibatkan segitiga tersebut bermasalah. 

Baca Juga : Penyebab Rem Mobil Kurang Pakem dan Cara Mengatasinya

Jika benturan yang dialami tidak terlalu keras, maka gangguan yang dialami biasanya hanya komstir kendor atau stang motor sedikit bergeser.

Namun bagaimanapun, jika kondisinya sudah seperti itu, sebaiknya segera menyetelnya ulang ke bengkel resmi. Motor yang terlalu keras menghantam lubang jalan atau sambungan cor-coran jalan dengan kecepatan tinggi akan membuat bagian ini tidak berfungsi normal seperti sedia kala. 

  • Bagian Lain Motor Bermasalah

Bagian motor lain seperti salah satu as roda, shockbreaker, dan setir mengalami kerusakan atau kondisinya sudah tidak rata juga bisa menyebabkan segitiga motor bengkok. Walaupun posisi setang sudah diluruskan, spakbor akan tetap miring ke salah satu sisi.

Baca Juga : Ini Keunggulan Spesifikasi Keyless GSX-R150

Daripada Anda tidak nyaman lagi dalam berkendara, lebih baik segera mengecek dan memperbaikinya ke bengkel. Bagian-bagian motor yang kurang pas akan dibenahi dan disesuaikan. Hal tersebut karena jika salah satu komponen bermasalah, bisa saja ini mempengaruhi komponen lainnya.

  • Penggunaan Motor Yang Kasar

Pemakaian motor yang tidak benar juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab segitiga motor bengkok.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mengendarai motor dengan kecepatan tinggi tanpa memperhatikan kondisi jalan yang berlubang atau tidak rata bisa menimbulkan benturan.

Benturan yang terlalu keras tersebut bisa menyebabkan komponen ini rusak karena setang motor yang bergetar. Mengerem secara mendadak pada jalan yang tidak rata juga bisa menimbulkan bagian-bagian motor kocak. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk berhati-hati dalam berkendara. 

  • Usia Kendaraan

Faktor lain yang bisa menyebabkan komponen ini bermasalah adalah usia kendaraan. Kendaraan yang sudah tua akan menimbulkan komponen-komponen motor aus atau mengalami kelonggaran. Hal tersebut terkait dengan riwayat pemakaian motor yang cukup panjang.

  • Perawatan Yang Kurang

Penyebab komponen satu ini terganggu yang terakhir yaitu kurangnya perawatan yang dilakukan pada motor.

Perawatan seluruh bagian motor wajib dilakukan secara rutin demi menjaga performa dan tenaga kendaraan tersebut. Bagian luar maupun bagian dalam motor sangat wajib untuk diservis secara berkala.

press_segitiga_motor

Gejala Yang Ditimbulkan Jika Segitiga Motor Bermasalah

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya