Tips & Trik

Penyebab Motor Tidak Ada Pengapian dan Cara Mengatasinya

PUBLISHED DATE : 15 Agustus 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/busi_pada_motor_(1).jpg

Kendaraan bermotor menggunakan BBM dan percikan api di ruang bakar untuk menciptakan pengapian. Nantinya pengapian ini akan diubah menjadi tenaga penggerak sehingga motor bisa melaju. 

Lalu bagaimana jika motor kehilangan pengapian? Dampaknya adalah motor mogok atau tidak akan menyala meskipun sudah distarter. Mogoknya motor karena tidak ada pengapian bisa terjadi kapan saja, sehingga pengendara perlu tahu penyebabnya. 

Apa saja penyebab motor tidak ada pengapian dan bagaimana cara untuk mengatasinya? Ketika motor tiba-tiba mogok Anda tidak perlu panik dan bingung. Cukup dengan mengecek penyebab hilangnya pengapian berikut ini. 

Penyebab Pengapian Motor Macet dan Cara Mengatasinya 

Baca Juga : Ini Penyebab Motor Ngebul dan Cara Mudah Mengatasinya

Tidak adanya pengapian pada sepeda motor adalah salah satu jenis gangguan yang paling sering terjadi. Pengapian pada kendaraan membutuhkan banyak sekali komponen sehingga mampu menciptakan percikan bunga api di dalam ruang bakar. 

Apabila salah satu komponen ini mengalami kerusakan, maka sistem pengapian tidak akan bekerja secara sempurna. Ketika motor mogok, Anda bisa mulai mengecek satu per satu kinerja dari masing-masing komponen sampai menemukan sumber masalahnya. 

Berikut ini penyebab motor tidak ada pengapian yang bisa segera Anda cek agar bisa mengatasinya dengan tepat. 

  1. Kerusakan Aki Motor Injeksi

Baca Juga : Charger Hp di Motor, Apakah Aki Bisa Tetap Awet?

Bagi Anda yang telah menggunakan motor injeksi, masalah pengapian kendaraan bisa berasal dari aki. Rusaknya aki motor ini akan membuat mesin kendaraan tidak akan menyala karena tidak ada pengapian yang terjadi. 

Untungnya untuk tahu apakah sumber masalahnya berasa dari aki, Anda bisa mengecek bagian indikator pada stang motor. Indikator aki ini akan menyala saat kunci kontak berada dalam posisi on. 

Anda tidak perlu mengecek perangkat secara langsung, karena aki sudah pasti habis dayanya atau rusak. Sedangkan motor dengan sistem karburator tidak akan berpengaruh jika komponen aki mengalami kerusakan. 

Baca Juga : Benarkah Nyalakan Lampu Motor Siang Hari Bikin Aki Cepat Soak?

Jadi masalahnya bukan berasal dari aki jika Anda menggunakan motor jenis karburator. Untuk mengatasi masalah ini hanya bisa dilakukan dengan ganti aki yang baru. 

    2. Bahan Bakar Habis

Penyebab motor tidak ada pengapian selanjutnya adalah masalah yang cukup sepele yaitu kehabisan bahan bakar. Ruang bakar tidak akan bekerja tanpa adanya suplai bahan bakar. Otomatis pengapian juga tidak akan terjadi. 

Anda yang rutin mengisi bahan bakar mungkin tidak akan pernah mengalami penyebab ini. Anda pun juga bisa melihat dari indikator bensin pada bagian speedometer.  Namun beda halnya jika indikator bensin rusak. 

Anda perlu mengingat-ingat kapan terakhir mengisi bensin, jika tidak bisa kehabisan di jalan. Perlu membuka tutup tangki bensin setiap hendak berkendara untuk memastikan bahwa bahan bakar masih pada. 

Jika tidak Anda wajib membeli bensin terlebih dahulu sebelum berkendara. Dengan begitu pengapian pada ruang bakar akan tetap terjaga. 

    3. Tidak Ada Percikan Api pada Busi

Busi juga menjadi salah satu komponen paling sering menjadi biang kerok macetnya pengapian pada sepeda motor. Fungsi utama busi adalah untuk merubah tegangan listrik dari koil menjadi percikan api. Sehingga percikan api ini akan menciptakan pengapian. 

Biasanya pengendara akan mengecek kualitas busi ketika motor mogok. Caranya adalah dengan melepas busi dari rumahnya. Setelah itu masukkan kabel busi dan tempelkan ke blok mesin. 

Nyalakan motor dengan kick starter dan cek apakah kabel busi mengeluarkan percikan api. Jika busi sudah tidak menciptakan percikan api, Anda tidak bisa memperbaikinya. Cara satu-satunya untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti busi. 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya