Tips & Trik

Safety First, Mari Mengenal Macam-macam Pelampung

PUBLISHED DATE : 22 April 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/macam_macam_pelampung.jpg

Pelampung menjadi perlengkapan yang erat kaitannya dengan dunia perairan. Seiring dengan perkembangannya, macam-macam pelampung dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan para penggunanya.

Saat ini juga telah tersedia pelampung untuk orang dewasa dan yang khusus dirancang untuk anak-anak. 

Pelampung dapat membantu Anda untuk tetap mengapung dalam air dengan kondisi mulut dan hidung yang tetap aman berada di atas air.

Baca Juga : Desain Mobil Yang Cocok Dengan Kendaraan Keluarga Anda

Saat akan menggunakannya, Anda harus bisa memilih pelampung yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tentunya nyaman ketika digunakan. 

Sejarah Pentingnya Pelampung

Pada umumnya, pelampung berperan sebagai pelindung bagi Anda ketika berada dalam perairan karena mampu menjaga keseimbangan, sehingga tidak membuat penggunanya tenggelam. Penggunaan pelampung biasanya lebih ditekankan pada pengguna yang belum mahir untuk berenang. 

Beberapa dari Anda mungkin sering melihat bahwa pelampung biasanya digunakan sebagai alat keselamatan untuk orang-orang yang kurang mahir dalam berenang. 

Baca Juga : Faktor Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memilih Mesin Kapal Tempel

Untuk mengatasi kekhawatiran akan tenggelam, maka banyak yang memanfaatkan pelampung sebagai alat pelindung diri.  Pelampung sendiri ada yang digunakan khusus untuk keselamatan dan ada yang dirancang sebagai pelampung renang. 

Macam-macam Pelampung Renang 

Perlu Anda ketahui bahwa ternyata pelampung tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Saat ini ada macam-macam pelampung renang yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Tidak hanya itu, ukuran yang disediakan juga beragam disesuaikan dengan penggunaannya. 

  • Pelampung Pinggang (Swim Belt)

Jenis pelampung renang pertama yang perlu Anda ketahui adalah pelampung pinggang atau swim belt. Pelampung untuk orang dewasa tersebut dibuat dengan tali yang memiliki lebar 2 inchi dengan sebuah tali elastis pada bagian belakangnya. 

Baca Juga : Sejarah Sukses Suzuki Di Ranah Industri Otomotif

Ikat pinggang pada pelampung tersebut juga mudah dipasang sehingga tidak menyulitkan Anda saat menggunakannya. Ketika menggunakan pelampung pinggang, tubuh Anda akan mengapung dalam posisi vertikal, sehingga membuatnya terasa nyaman. 

Pelampung pinggang telah dipercaya oleh orang-orang dari beberapa kalangan, baik dari tingkat pemula, atlet renang, hingga pelatih renang. Anda dapat dengan bebas bergerak ketika menggunakan pelampung tersebut karena dilengkapi dengan gesper di bagian punggungnya. 

Harga yang ditawarkan untuk setiap pembelian pelampung pinggang juga cukup terjangkau. Biasanya mulai dari Rp. 100.000,- hingga Rp. 350.000,-. Harga tersebut tentunya disesuaikan dengan merek dan bahan yang digunakan. 

  • Rompi Pelampung (Life Jacket)

Rompi pelampung atau life jacket termasuk dalam macam-macam pelampung yang digunakan untuk keselamatan, termasuk dalam olahraga renang. Jenis pelampung tersebut akan membantu Anda yang masih belajar berenang sehingga akan tetap aman. 

Rompi pelampung merupakan jenis pelampung yang cukup sering digunakan, khususnya oleh anggota angkatan laut untuk menjaga keselamatan selama berlayar. Harga yang ekonomis dengan daya apung yang tinggi membuat rompi pelampung ini dijadikan pilihan. 

Bagi Anda yang ingin membeli rompi pelampung, maka perlu menyiapkan budget sekitar Rp. 80.000,- sampai Rp. 350.000,-. Semakin mahal harga rompi yang ditawarkan, maka kualitas yang diberikan juga akan semakin baik. 

Jenis rompi pelampung sebenarnya memiliki warna yang cukup khas, yaitu orange dengan dilengkapi tali berwarna hitam dan biru. Dalam hal penyelamatan, pelampung tersebut memang cocok digunakan karena terbuat dari bahan yang tahan lama meskipun bantuan datang terlambat. 

  • Pelampung Renang Ban (Swim Ring) 

Macam-macam pelampung renang berikutnya yang mudah digunakan untuk pemula adalah jenis pelampung renang ban atau swim ring. Jenis pelampung tersebut kurang cocok apabila digunakan untuk keselamatan dalam dunia perairan. 

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya