Tips & Trik

Rem Tangan Mobil: Fungsi, Jenis dan Cara Menggunakannya

PUBLISHED DATE : 09 Agustus 2021

XL7 (1) (1)1

Saat posisi mesin masih aktif dan Anda memaksakan penggunaan rem tangan, maka peluang kampas menempel pada bagian tromol menjadi lebih besar. Sebab kondisi rem basah akan membuatnya mudah menempel. 

Cara Menggunakan Rem Tangan Mobil dengan Benar

Supaya mobil tidak mengalami dampak kerusakan pada bagian kampas rem, maka perhatikan selalu bagaimana proses penggunaannya. Cara berikut ini juga menjadi bagian perawatan dari komponen rem. 

Apa saja cara yang harus diperhatikan? Berikut ini penjelasannya. 

  1. Cara Menggunakan di Jalan Tanjakan

Saat berada di jalanan tanjakan dan Anda ingin mulai mengendarai, hindari menginjak gas sebelum rem dilepas. Prosesnya yang benar adalah lepas rem tangan baru injak pedal gas. Supaya konfigurasinya lebih stabil dan seimbang. 

Cara ini akan membantu supaya kabel rem tidak mudah putus. Untuk bisa menguasai tekniknya, akan lebih baik jika Anda terus belajar mengendarai di jalan tanjakan. 

    2. Saat Parkir dalam Waktu Lama

Rem tangan memang banyak digunakan untuk parkir, namun hanya dalam jangka waktu yang pendek. Jika Anda ingin parkir dalam waktu lama, sebaiknya gunakan penangkal saja atau masukan transmisi P pada mobil otomatis. Dengan begitu ban tidak terkunci. 

    3. Menggunakan Rem Model Stik

Baca Juga : Mengenal Perbedaan Sistem Penggerak FWD dan RWD Pada Mobil

Bagi Anda yang menggunakan rem model stik, tarik tuas dan pastikan berbunyi empat klik sampai tujuh kali. Jika lebih dari itu artinya setelan rem kurang pas. 

    4. Cara Menarik yang Benar

Baik itu menginjak atau menarik, Anda tidak perlu melakukannya berlebihan. Cara yang tepat adalah sampai 45 derajat saja sehingga penguncian terjadi dengan baik pada mobil. 

Rem tangan mobil wajib disetel dengan rutin sehingga rem yang aus dapat dideteksi sejak awal.

Pastikan Anda datang ke bengkel resmi Suzuki untuk melakukan penyetelan secara rutin. Jangan tunggu sampai rem tidak berfungsi karena perannya besar bagi keselamatan. 



Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya