Tips & Trik

Rem Tangan Mobil: Fungsi, Jenis dan Cara Menggunakannya

PUBLISHED DATE : 09 Agustus 2021

XL7 (1) (1)1

Saat rem ditarik, ditekan, atau diangkat, maka gaya tarik akan dipindahkan ke rem menggunakan kabel rem parkir. Khusus untuk rem roda belakang terdapat kabel yang memiliki equalizer sehingga gaya pengereman bisa disamakan di kedua roda. 

Penjelasan dari masing-masing tipe rem parkir ini adalah sebagai berikut. 

  1. Rem Roda Belakang

Pada saat Anda mengaktifkan tipe rem ini, maka bagian roda belakang yang akan berhenti terlebih dahulu. Tipe rem ini paling banyak digunakan untuk mobil penumpang atau mobil kecil. 

Tipe ini memiliki beberapa bagian body yaitu rem tromol atau drum brake dan juga rem piringan atau disc brake. 

    2. Rem Center Brake

Tipe yang kedua ini letaknya pada bagian poros propeller dengan transmisi. Pada saat diaktifkan, maka pengereman terjadi di bagian tersebut. Biasanya kendaraan niaga atau mobil angkutan barang yang menggunakannya. 

Model rem tangan mobil ini seperti rem tromol, hanya saja letaknya ada di antara transmisi dan poros propeller. 

Baca Juga : Pajak Mobil: Pengertian, Jenis dan Cara Menghitungnya

XL7__2_(1)

Kerusakan Apabila Rem Tangan Terlambat Digunakan 

Cara penggunaan rem pada mobil wajib diperhatikan dan diterapkan dengan benar. Masih banyak pengemudi yang menyepelekan akan hal ini. Ujung-ujungnya sistem pengereman akan rusak dan Anda perlu mengeluarkan biaya lebih banyak. 

Kelalaian yang sering terjadi seperti lupa menurunkan rem tangan ketika berkendara. Jika hal ini dilakukan terus menerus, dampak berikut ini akan terjadi. 

  1. Kampas Rem Aus

Masalah yang paling sering terjadi adalah kampas rem menjadi aus. Pengikisan kampas rem akan terjadi ketika kinerja rem semakin berat. Hal ini memang tidak terjadi secara langsung, namun dalam jangka waktu panjang. 

    2. Kampas Rem Copot

Selain aus, kampas rem tangan mobil juga mudah copot. Hal ini disebabkan roda dipaksa berputar padahal rem masih aktif. Oleh karena itulah tenaga mesin akan tertahan dan menekan kampas rem sehingga cepat copot. 

    3. Kampas Rem Menempel di Tromol

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya