Tips & Trik

Rahasia Merawat Kap Mobil agar Tetap Menawan dan Terjaga Keandalannya

PUBLISHED DATE : 12 Juni 2023

Merawat Kap Mobil

Sedangkan bentuk dari tuas penarik ini ada yang berupa kotak dan ada juga yang bulat. Cara umum membuka kap mobil saat ingin mengecek kondisi mesin adalah sebagai berikut: 

 

  • Matikan Mesin Mobil dan Aktifkan Rem Tangan 

 

Bagi sebagian orang, membuka kap dengan membiarkan kondisi mesin tetap menyala adalah hal biasa. 

Namun, sebaiknya hindari cara ini karena risikonya cukup berbahaya. Akan lebih baik apabila mematikannya terlebih dahulu sebelum membuka kap mesin. 

Selain itu, Anda juga harus memastikan posisi transmisi mobil atau persneling kopling ada di posisi netral. Agar lebih aman, sebaiknya aktifkan fitur rem tangan agar mobil tetap diam dan tidak bergeser. 

  • Tarik Tuas Pembuka Kap Mesin

Setelah memastikan mesin telah mati, tariklah tuas khusus pembuka kap mesin yang ada di dalam mobil. Seperti yang telah diuraikan sebelumnya, bahwa setiap jenis mobil memiliki lokasi dan bentuk tuas yang berbeda. 

Baca Juga : Jenis-jenis Shockbreaker yang Wajib Anda Ketahui

Untuk memastikan lokasi tuas tersebut, periksalah bagian bawah dashboard atau cek bagian bawah jok pengemudi. Sebagian produsen mobil memasang stiker kap mesin pada bagian tuas untuk memudahkan pencarian. 

Setelah menemukannya, tariklah bagian tuas tersebut sekuat tenaga hingga terdengar suara yang menandakan bahwa kap telah terbuka. 

  • Buka Kap Saat Mesin Sudah Dingin

Bagian kap mobil terbuat dari logam yang mampu menghantarkan panas dengan baik. Itu sebabnya pastikan kondisi mesin benar-benar telah dingin dan gunakan sarung tangan, kain bekas, atau lap sebelum membuka kap mesin mobil. 

Hal tersebut bertujuan untuk menghindarkan tangan Anda terkena luka bakar ketika membukanya dengan menggunakan tangan secara langsung. 

  • Tarik Pengait Kap

Tahap berikutnya adalah menarik bagian pengait kap yang terletak di bagian dalam kap mesin. Pengait ini umumnya berbentuk pipih dan berfungsi sebagai tempat untuk mengaitkan bagian tiang penopang dengan kap mesin. 

Dengan demikian, Anda tidak perlu menahan atau menyangganya menggunakan tangan ketika akan mengecek kondisi mesin. Cara membuka pengait kap tersebut adalah dengan menekannya ke samping atau dengan cara menekan ke atas. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya