Tips & Trik

Rahasia Merawat Kap Mobil agar Tetap Menawan dan Terjaga Keandalannya

PUBLISHED DATE : 12 Juni 2023

Merawat Kap Mobil

Di sinilah peran dari kap mesin mobil tersebut, yaitu sebagai peredam bunyi (muffler) yang mampu meresonansi antara komponen mobil lainnya. 

  • Mencegah Radiasi

Fungsi ketiga dari kap mesin mobil adalah mampu mencegah terjadinya radiasi yang ditimbulkan oleh komponen mobil lainnya. 

Salah satu efek dari radiasi yang paling sering muncul adalah bekas yang akan terlihat pada cat mesin. Namun, hal ini bisa diminimalisir dengan kehadiran kap mesin plus peredam. 

  • Menjaga Suhu Tetap Stabil 

Fungsi terakhir atau yang keempat adalah menjaga suhu mesin mobil tetap stabil. Saat mobil Anda bekerja terlalu keras, maka suhu mesin pun akan semakin meningkat hingga terlalu panas. 

Namun dengan adanya kap pada mobil, maka suhu mesin bisa tetap stabil walau kendaraan digunakan dalam jangka waktu yang lama. Selain suhu mesin tetap aman, kap mesin mobil ini juga mampu menjaga konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. 

Masalah yang Kerap Terjadi pada Kap Mesin dan Cara Mengatasinya

Fungsi kap mobil yang cukup vital membuat pemilik kendaraan harus merawat komponen ini dengan baik agar performanya tetap optimal. 

Di beberapa kasus, permasalahan yang kerap membuat kap mesin pada mobil tidak bisa dibuka adalah karena bagian pengait atau pengunci yang macet. Berikut ini beberapa kendala dan cara mengatasi masalah pengunci kap yang macet.  

  • Kotor 

Baca Juga : Trik Membeli Mobil Bekas Berkualitas

Untuk menghilangkan semua kotoran yang menempel pada kap mesin bisa menggunakan cairan pembersih atau penghilang jamur. 

Kemudian, oleskan pelumas secara merata di bagian engsel pengunci agar pergerakannya menjadi lebih licin serta mudah untuk dibuka. 

  • Bagian Per Pengunci Rusak

Jika kap mesin macet karena per yang rusak, maka Anda harus mengganti komponen tersebut. Sebenarnya, pemasangan per pengunci ini bisa dilakukan sendiri. Namun jika kurang paham, sebaiknya mintalah bantuan ke mekanik. 

Apalagi ukuran per pengait ini tidak selalu sama di setiap jenis mobil. Jadi, untuk lebih aman sebaiknya kunjungi dealer resmi terdekat agar mendapat penanganan yang tepat. 

  • Kabel Penarik Kendor 

Kap mesin juga bisa macet karena bagian kabel penariknya yang telah kendur karena dimakan usia. Sama seperti per, untuk bagian kabel ini bisa Anda perbaiki sendiri dengan cara menariknya sendiri atau minta bantuan ke mekanik ahli.  

Itulah informasi penting seputar kap mesin mobil yang perlu Anda ketahui. Intinya, lakukan perawatan dan pengecekan secara rutin agar performa kap tetap optimal. 

Jika ada komponen kap mobil yang perlu diganti seperti per pengunci atau yang lainnya, pastikan untuk membeli suku cadang yang asli dan berkualitas melalui https://www.suzuki.co.id/eparts.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya