Tips & Trik

Power Window Macet? Intip Cara Mengatasinya

PUBLISHED DATE : 27 Agustus 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/power_window_macet.jpg

Cara Merawat Power Window Agar Tidak Mudah Macet

Agar power windows tidak mudah mengalami kemacetan, mobil harus dirawat dengan baik dan benar. Berikut cara merawat dan mencegah power window mobil yang mengalami kemacetan.

  • Gunakan Power Windows Seperlunya

Jangan terlalu sering menaik turunkan kaca mobil. Semakin sering kaca mobil dinaik turunkan, maka semakin sering power window digunakan dan akan cepat mengalami kerusakan.

Agar lebih awet dan tidak mudah macet, gunakan seperlunya saja. Jika kaca mobil diturunkan sedikit saja sudah cukup memasukkan udara dari luar ke dalam mobil, tidak perlu menurunkan kaca mobil secara keseluruhan.

Selain itu, jangan dengan sengaja dibuat mainan dengan menaik turunkan kaca mobil berkali-kali. Karena jika hal tersebut terjadi, bisa saja sekring mengalami kerusakan.

Sekring disini berfungsi sebagai pemutus aliran listrik untuk meminimalisir terjadinya korsleting. Ketika sekring mengalami kerusakan, seluruh power yang ada tidak akan berfungsi.

Namun demikian, juga jangan biarkan power windows tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Jika mobil jarang ada penumpangnya atau hanya digunakan seorang diri yaitu pengemudinya saja, maka harus diwaspadai  karena power kaca belakang bisa macet karena terlalu lama tidak digunakan.

Untuk menjaganya agar kaca dapat bekerja dengan normal, maka kamu perlu menaik turunkan kaca mobil yang jarang digunakan tersebut secara rutin agar tidak mengalami kemacetan.

  • Bersihkan Kaca Mobil Secara Berkala

Kaca mobil sangat rentan terkena kotoran, terlebih kotoran yang ada pada rel kaca dapat mengakibatkan kaca macet dan tidak bisa dinaik turunkan karena terhambat oleh kotoran tersebut.

Membersihkan kaca secara berkala selain agar power window menjadi lebih awet, juga bisa mencegah komponen-komponen pada power tidak mudah berkarat.

Cara menjaga kaca agar tetap dalam kondisi bersih adalah dengan membersihkan seluruh bagian kaca secara rutin minimal setiap 1 minggu sekali dengan menggunakan silikon spray yang ada di pasaran. Caranya dengan menyemprotkan silicon spray ke kaca dan sela-sela rel kaca secukupnya.

Namun, jika sebelum 1 minggu kaca mobil mengeluarkan bunyi ketika dinaik turunkan, itu tandanya pada kaca mobil atau rel kaca terdapat kotoran. Solusinya bisa dengan menyemprotkan silicon spray pada kaca.

Penyemprotan sprayer pada kaca mobil dapat membersihkan semua kotoran yang menempel pada kaca maupun pada relnya. Selain itu, sprayer juga berfungsi sebagai pelumas. Cairan lain yang bisa digunakan untuk membersihkan kaca adalah cairan yang tidak dapat mengundang debu.

Jangan gunakan cairan yang bisa mengundang debu, seperti cairan yang berbahan dasar oil. Cairan semacam itu akan mengundang debu atau kotoran menempel.

Jika cairan ini digunakan kaca mobil akan semakin kotor. Cairan-cairan atau sprayer yang biasa digunakan untuk membersihkan komponen-komponen elektronika juga bisa digunakan untuk membersihkan kaca mobil.

  • Jaga Kondisi Karet Rel Kaca Tetap Lentur

Untuk mobil yang menggunakan karet pada rel kacanya, pastikan kondisi karet tetap baik, lentur dan tidak getas. Karet yang getas akan membuat kaca tersendat dan macet. Bahkan juga menyebabkan kaca tergores.

Untuk merawatnya bisa dengan membersihkan karet menggunakan shampo. Shampo dioleskan pada sekitar karet penjepit kaca.

Kemudian, gerak-gerakkan naik turun sampai shampo merata dengan sendirinya. Jangan menggunakan minyak untuk membersihkannya, karena minyak bisa mengundang debu untuk menempel dan karet juga akan cepat getas.

Demikian cara mengatasi dan merawat power window agar tidak mudah macet. Jika Anda akan melakukan pemeriksaan dan penggantian sparepart tersebut, pastikan memilih bengkel resmi yang tepat. Perhatikan juga bahwa hal tersebut hanya boleh dilakukan di bengkel resmi terdekat.

 

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya