Tips & Trik

Body Roll: Pengertian dan Penyebab Mobil Mengalaminya

PUBLISHED DATE : 14 Agustus 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/mobil_scross.jpg

Pernah mengalami limbung ketika sedang berkendara di dalam mobil? Tepatnya pada saat mobil berbelok tajam ke kanan atau ke kiri. Kejadian ini disebut dengan body roll. Hal ini tak hanya bisa terjadi pada bus saja tetapi juga mobil

Apa sebenarnya yang menyebabkan body roll terjadi ketika kendaraan berbelok? Perasaan limbung yang muncul tentu saja sangat mengganggu penumpang. Adakah cara untuk mengatasi fenomena tersebut? 

Bagi Anda yang belum paham betul mengenai body roll dan cara untuk mengatasinya agar tidak muncul ketika mengendarai mobil bisa diketahui di sini. 

Apa Itu Body Roll? 

Baca Juga : Manfaat Servis Berkala Mobil Bagi Mesin

Anda yang mendengarkan istilah body roll mungkin masih terasa asing, pasalnya istilah ini memang tidak umum. Istilah tersebut digunakan untuk menggambarkan ketika sebuah mobil terlempar ke luar jalur. 

Maksudnya adalah body mobil terasa terlempar ketika sedang berbelok atau melakukan manuver tajam. Mobil jenis apapun bisa mengalaminya dan penumpang pun akan terasa terlempar ke arah berlawanan saat berbelok. 

Misalnya ketika mobil berbelok ke kiri, maka perasaan penumpang akan terasa seperti terlempar ke arah kanan ketika melewati tikungan. Hal yang sama akan terjadi ketika berbelok ke arah yang berlawanan. 

Baca Juga : Cara Mencegah Mesin Mobil Overheat Saat Terjebak Macet Arus Mudik

Efek yang terjadi dari body roll sendiri mirip dengan gaya sentrifugal. Di mana muncul efek semiku ketika benda sedang melakukan gerakan melingkar. Saat benda tersebut melakukan gerakan melingkar dengan cepat, maka efeknya adalah menjauh dari pusat putaran. 

Pada kendaraan berupa mobil gerakan sentrifugal terjadi ketika sedang berbelok tajam dengan kecepatan tinggi. Maka body akan terlempar jauh dari tikungan, apabila pengemudi tidak mahir bisa terjadi kecelakaan. 

Dampak inilah yang harus diwaspadai oleh pengemudi. Kendaraan bisa saja terpental atau terguling ketika berbelok. Kejadian ini pun seringkali terjadi di area pegunungan di mana banyak tikungan tajam atau jalanan datar di mana mobil berbelok dengan kecepatan tinggi. 

Baca Juga : Mengenal Tekanan Freon AC Mobil, Jenis, dan Cara Mengeceknya

Berhati-hati dalam menyetir dan kenali penyebab terjadinya body roll akan membuat Anda jadi lebih waspada dan tahu bagaimana cara mengatasinya. 

Penyebab Terjadinya Body Roll pada Mobil 

Mobil terbalik ketika melintas tikungan sudah bukan menjadi hal yang jarang. Saat ini banyak pengendara ugal-ugalan yang mengebut di jalanan sepi dan akhirnya terguling saat di tikungan. 

Hal ini bisa terjadi kapan saja, karena pengemudi tidak mengetahui bagaimana cara mengendarai yang benar. Tergulingnya kendaraan sebagian besar diakibatkan oleh body roll yang tidak dipahami oleh pengemudi. 

Padahal ada beberapa penyebab yang menimbulkan kejadian tersebut dan bisa dicegah sejak awal. Apa saja penyebabnya bisa Anda simak berikut ini. 

  1. Body Mobil yang Terlalu Tinggi

Penumpang akan merasakan limbung ketika berbelok bisa disebabkan oleh body mobil yang terlalu tinggi. Beberapa jenis mobil yang memiliki body tinggi antara lain adalah Multi Purpose Vehicle atau MPV dan juga Sport Utility vehicle atau SUV dan minibus. 

Kendaraan yang memiliki bodi tinggi akan mendapatkan gaya dorong yang lebih besar ketika sedang berbelok. Oleh karena itulah kemungkinan terbalik akan lebih besar, baik itu mobil dalam keadaan kosong atau penuh. 

Tak heran mengapa sebuah truk yang kosong dan melaju dengan kecepatan tinggi ketika melewati tikungan dengan sudut 90 derajat akan langsung terguling. Hal ini disebabkan oleh tinggi kendaraan yang membuat gaya dorong semakin meningkat. 

Hal ini sangat berbeda ketika mobil balap F1 harus melintasi tikungan dan kecepatan yang sama. Mobil balap tidak akan terguling karena bodinya yang sangat rendah. 

    2. Memiliki Ground Clearance yang Tinggi

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya