Tips & Trik

Apa Itu Blind Spot? dan Bagaimana Cara Menguranginya?

PUBLISHED DATE : 28 Agustus 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/blindspot_adalah.jpg

Pernah mendengar istilah titik buta atau blind spot? Apa yang Anda ketahui tentang istilah tersebut? Semua jenis kendaraan baik yang memiliki roda dua maupun lebih pasti memiliki area pandangan yang tidak kasat mata oleh si pengemudi dan itulah yang disebut titik buta.

Titik buta ini merupakan sebuah istilah akrab yang seringkali dilupakan oleh para pengemudi. Ingin tahu lebih lanjut tentang titik buta dalam berkendara? Yuk simak pembahasan detailnya berikut ini.

Apa Blind Spot?

Blind spot adalah titik buta yang terdapat dalam setiap kendaraan dimana pengendara atau pengemudi tidak dapat melihat suatu area pandang tertentu. Seberapa pentingkah titik buta dalam berkendara? Sangat penting, karena titik buta juga masuk dalam jajaran penyebab tingginya kecelakaan lalu lintas.

Baca Juga : Jenis Dempul dan Cara Mendempul Mobil yang Benar

Meski istilahnya sudah cukup sering terdengar, banyak pengendara yang mengabaikan keberadaan titik buta ini. Para pengemudi atau pengendara yang mengalami kecelakaan lalu lintas, 60% diantaranya mengaku karena kurang memperhatikan keberadaan kendaraan lain di sekitarnya.

Sebagai informasi, titik buta antara satu kendaraan dengan kendaraan lain berbeda-beda. Mengapa setiap kendaraan memiliki blindspot yang berbeda? Hal ini berkaitan dengan banyak faktor.

Beberapa faktor yang menyebabkan adanya perbedaan titik buta adalah jangkauan spion yang cukup terbatas, muatan yang dibawa menghalangi pandangan, dan desain kendaraan yang juga berbeda-beda. Setiap pengemudi sudah seharusnya memperhitungkan titik butanya masing-masing.

Baca Juga : Mencuci Ruang Mesin Mobil, Bolehkah?

Selain pengemudi, setiap produsen kendaraan juga sudah memperhitungkan titik buta yang akan dialami setiap pengemudinya. Dengan seiring berkembangnya zaman, banyak produsen mobil ternama yang sudah menyematkan fitur baru guna mengurangi titik buta yang dialami oleh pengemudi.

Meski sekarang sudah ada fitur baru, pengendara atau pengemudi juga harus tetap waspada dan berhati-hati serta senantiasa memperhatikan keadaan sekeliling saat mengendarai kendaraan.

blind_spot

Tips Mengurangi Blind Spot

Baca Juga : Manfaat Servis Berkala Mobil Bagi Mesin

Setelah mengenal blindspot lebih jauh, Anda tentu penasaran dengan cara-cara yang bisa ditempuh untuk mengurangi titik buta saat berkendara. Berikut tips atau cara yang bisa Anda lakukan guna menghindari atau mengurangi titik buta berkendara.

  • Mengatur Kaca Spion Sebelum Berangkat

Kaca spion menjadi salah satu komponen penting yang tidak boleh dilupakan saat akan berkendara. Untuk mengurangi titik buta saat berkendara, sebaiknya periksa dan atur spion kendaraan terlebih dahulu.

Dalam kendaraan roda empat, terdapat tiga spion yakni dua disamping dan satu di dalam. Pastikan untuk mengecek kondisi ketiga spion tersebut apakah sudah sesuai atau belum. Ketiga spion tersebut memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing yang harus dimaksimalkan.

  • Menambah bagian titik buta kaca

Setelah mengatur posisi spion dengan benar, terkadang luas area pandang pengemudi dirasa masih kurang luas. Untuk mengatasi hal ini, pengemudi bisa memberi kaca tambahan yang dapat membantu mengurangi titik buta saat berkendara.

Perlu diketahui, jika Anda menggunakan cermin cembung sebagai tambahan, harap diperhatikan dalam penggunaannya karena bayangan cermin cembung lebih jauh daripada jarak aslinya.

Inilah yang menjadi fungsi utama dari kaca tambahan yakni untuk memperluas area pandang ke bagian yang terlalu belakang. Letak yang tepat untuk memasang nya adalah di bagian  atas atau bawah kaca spion utama bagian dalam.

  • Memberi Tanda atau Peringatan

Bagaimana cara memberi  tanda bahaya kepada pengemudi lain? Pengemudi lain bisa memperingatkan pengemudi lainnya dalam menurunkan titik buta dan mengurangi resiko kecelakaan.

Pengendara juga bisa memberi tanda jika ingin menyalip kendaraan yang di depannya. Pemberian tanda ini bertujuan agar tidak terjadi kecelakaan karena titik buta yang terlalu tinggi. Tanda lain yang juga bisa diberikan adalah menyalakan lampu sein atau klakson.

  • Berada di Zona Terbuka
Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya