Tips & Trik

Power Window Macet? Intip Cara Mengatasinya

PUBLISHED DATE : 27 Agustus 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/power_window_macet.jpg

Power window merupakan salah satu bagian dari mobil yang menambah kenyamanan bagi pengendaranya. Namun, masalah yang kerap terjadi ialah ketika mengalami kemacetan, jendela mobil akan sulit dibuka atau ditutup.

Ada beberapa hal yang menyebabkan power pada jendela tersebut mendadak macet. Berikut akan dijelaskan bagaimana cara mengatasi dan perawatannya agar tidak mudah macet.

Cara Mengatasi Power Window yang Mendadak Macet

Pada awalnya, untuk membuka kaca mobil bisa menggunakan sebuah engkolan yang ada di door trim. Namun, seiring perkembangan yang terjadi di dunia otomotif, sekarang hampir semua mobil menggunakan fitur power window untuk menaik turunkan kaca mobil.

Baca Juga : Walaupun Jarang Dipakai, Belum Tentu Kondisi Mobil Sehat

Meskipun lebih mudah dioperasikan, power juga sering mendadak mengalami kemacetan. Untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi power window macet, pahami dulu apa penyebabnya. Berikut beberapa hal yang menyebabkan power macet dan cara mengatasinya.

  • Switch atau Saklar Mengalami Kerusakan

Saklar yang ada pada mobil berbeda dengan saklar pada lampu atau yang lainnya. Saklar tersebut lebih rumit, karena dalam satu saklar memiliki tiga perintah, yakni window down, window up dan juga off. Sedangkan saklar pada umumnya memiliki dua perintah, yaitu on dan off.

Ketika dalam perjalanan, terkadang pengguna sering menaik turunkan kaca mobil hingga berkali-kali. Hal tersebut dapat mempengaruhi masa pakai saklar. Ketika saklar mengalami kerusakan, kaca mobil akan mengalami kemacetan dan tidak bisa dinaik turunkan.

Baca Juga : Penting, Kenali Proses Balancing Ban Motor dan Caranya

Mungkin awalnya saklar masih bisa digunakan, namun terkadang tidak terhubung. Jika dibiarkan, saklar bisa benar-benar rusak dan tidak berfungsi sehingga kaca mobil tidak bisa digerakkan. Ketika hal tersebut terjadi, cara mengatasinya adalah dengan mengganti saklar yang rusak.

  • Motor Penggerak Yang Sudah Aus

Mobil yang menggunakan elektrik power pasti menggunakan motor listrik sebagai penggerak utamanya. Seperti motor listrik yang lain, motor listrik ini juga bisa mengalami kerusakan.

Brush atau yang disebut juga dengan sikat motor merupakan bagian yang sering mengalami kerusakan. Sikat tersebut fungsinya untuk menyalurkan arus listrik dari sumber asalnya menuju rotor motor yang berputar. Rotor yang selalu berputar, tentu ia akan terus bergesekan dengan brush.

Baca Juga : Fungsi Receiver Dryer Pada Sistem AC Mobil dan Cara Kerjanya

power_window_mobil

Gesekan yang terjadi tersebut secara berangsur akan mengikis sikat motor. Brush akan menjadi aus dan penyaluran arus listrik tidak bisa dilakukan dengan baik. Akibatnya, motor akan macet dan kaca tidak bisa digerakkan.

Biasanya, kaca yang mengalami kemacetan hanya pada satu pintu. Dalam hal ini, jika power bagian depan yang kiri macet, Anda bisa mencoba untuk naik turunkan dengan saklar yang ada di sisi pengemudi. Jika kaca sama sekali tidak bergerak, berarti motornya yang mengalami kemacetan.

Namun, jika power windows macet, tapi kaca mobil bisa dinaik turunkan dengan saklar yang ada di sisi pengemudi, berarti saklarnya lah yang mengalami kerusakan.

Solusinya hampir sama ketika saklar mengalami kerusakan. Mobil harus mengganti brush yang aus. Namun, terkadang sulit mencari komponen brush sehingga bengkel resmi biasanya menyarankan agar mengganti satu set motor power window.

  • Rel Kaca Mobil Terlalu Kotor

Rel kaca mobil rentan terkena kotoran, baik berupa debu maupun kotoran cair. Ketika rel kaca terkena kotoran, hal tersebut dapat mengganggu pergerakan kaca mobil. Rel kaca yang terlalu kotor akan menimbulkan bunyi ketika kaca dinaik turunkan.

Apabila kotoran tersebut dibiarkan dan bertambah parah, kaca mobil akan mengalami kemacetan karena tertahan oleh kotoran yang ada pada relnya. Permasalahan seperti ini mungkin disepelekan, tapi jika dibiarkan bisa merusak komponen yang lain.

Cara mengatasi kaca mobil yang macet karena debu ialah dengan menyemprotkan silikon spray ke sela-sela rel kaca. Semprotan silikon akan bekerja dengan baik membersihkan kotoran yang ada pada rel kaca mobil.

Cara Merawat Power Window Agar Tidak Mudah Macet

Agar power windows tidak mudah mengalami kemacetan, mobil harus dirawat dengan baik dan benar. Berikut cara merawat dan mencegah power window mobil yang mengalami kemacetan.

  • Gunakan Power Windows Seperlunya

Jangan terlalu sering menaik turunkan kaca mobil. Semakin sering kaca mobil dinaik turunkan, maka semakin sering power window digunakan dan akan cepat mengalami kerusakan.

Agar lebih awet dan tidak mudah macet, gunakan seperlunya saja. Jika kaca mobil diturunkan sedikit saja sudah cukup memasukkan udara dari luar ke dalam mobil, tidak perlu menurunkan kaca mobil secara keseluruhan.

Selain itu, jangan dengan sengaja dibuat mainan dengan menaik turunkan kaca mobil berkali-kali. Karena jika hal tersebut terjadi, bisa saja sekring mengalami kerusakan.

Sekring disini berfungsi sebagai pemutus aliran listrik untuk meminimalisir terjadinya korsleting. Ketika sekring mengalami kerusakan, seluruh power yang ada tidak akan berfungsi.

Namun demikian, juga jangan biarkan power windows tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Jika mobil jarang ada penumpangnya atau hanya digunakan seorang diri yaitu pengemudinya saja, maka harus diwaspadai  karena power kaca belakang bisa macet karena terlalu lama tidak digunakan.

Untuk menjaganya agar kaca dapat bekerja dengan normal, maka kamu perlu menaik turunkan kaca mobil yang jarang digunakan tersebut secara rutin agar tidak mengalami kemacetan.

  • Bersihkan Kaca Mobil Secara Berkala

Kaca mobil sangat rentan terkena kotoran, terlebih kotoran yang ada pada rel kaca dapat mengakibatkan kaca macet dan tidak bisa dinaik turunkan karena terhambat oleh kotoran tersebut.

Membersihkan kaca secara berkala selain agar power window menjadi lebih awet, juga bisa mencegah komponen-komponen pada power tidak mudah berkarat.

Cara menjaga kaca agar tetap dalam kondisi bersih adalah dengan membersihkan seluruh bagian kaca secara rutin minimal setiap 1 minggu sekali dengan menggunakan silikon spray yang ada di pasaran. Caranya dengan menyemprotkan silicon spray ke kaca dan sela-sela rel kaca secukupnya.

Namun, jika sebelum 1 minggu kaca mobil mengeluarkan bunyi ketika dinaik turunkan, itu tandanya pada kaca mobil atau rel kaca terdapat kotoran. Solusinya bisa dengan menyemprotkan silicon spray pada kaca.

Penyemprotan sprayer pada kaca mobil dapat membersihkan semua kotoran yang menempel pada kaca maupun pada relnya. Selain itu, sprayer juga berfungsi sebagai pelumas. Cairan lain yang bisa digunakan untuk membersihkan kaca adalah cairan yang tidak dapat mengundang debu.

Jangan gunakan cairan yang bisa mengundang debu, seperti cairan yang berbahan dasar oil. Cairan semacam itu akan mengundang debu atau kotoran menempel.

Jika cairan ini digunakan kaca mobil akan semakin kotor. Cairan-cairan atau sprayer yang biasa digunakan untuk membersihkan komponen-komponen elektronika juga bisa digunakan untuk membersihkan kaca mobil.

  • Jaga Kondisi Karet Rel Kaca Tetap Lentur

Untuk mobil yang menggunakan karet pada rel kacanya, pastikan kondisi karet tetap baik, lentur dan tidak getas. Karet yang getas akan membuat kaca tersendat dan macet. Bahkan juga menyebabkan kaca tergores.

Untuk merawatnya bisa dengan membersihkan karet menggunakan shampo. Shampo dioleskan pada sekitar karet penjepit kaca.

Kemudian, gerak-gerakkan naik turun sampai shampo merata dengan sendirinya. Jangan menggunakan minyak untuk membersihkannya, karena minyak bisa mengundang debu untuk menempel dan karet juga akan cepat getas.

Demikian cara mengatasi dan merawat power window agar tidak mudah macet. Jika Anda akan melakukan pemeriksaan dan penggantian sparepart tersebut, pastikan memilih bengkel resmi yang tepat. Perhatikan juga bahwa hal tersebut hanya boleh dilakukan di bengkel resmi terdekat.

 

Berita Lainnya