Tips & Trik

Fungsi Receiver Dryer Pada Sistem AC Mobil dan Cara Kerjanya

PUBLISHED DATE : 24 Agustus 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/17__IGNIS_(1).jpg

Semua mobil keluaran terbaru selalu dilengkapi dengan fitur air conditioner atau AC. Komponen pembentuk sistem AC pun beragam, salah satunya adalah receiver dryer. Fungsi receiver dryer pada sistem AC sangatlah penting. 

Masalah yang sering terjadi pada sistem AC mobil bukan hanya perkara dingin atau tidak dingin yang disebabkan oleh freon. Anda mungkin mengira bahwa AC mobil hanya membutuhkan perawatan dengan mengisi freon. 

Ada juga komponen lain yang fungsinya sama pentingnya dengan freon. Kenali lebih dalam mengenai receiver dryer dari fungsi hingga cara kerjanya. 

Baca Juga : Aerodinamika Mobil : Fungsi, Bagian dan Gayanya

Apa Itu Receiver Dryer dan Fungsinya 

Receiver dryer adalah salah satu komponen yang letaknya terdapat di antara condenser dengan katup ekspansi. Pada saat refrigerant dipompa kompresor, maka akan mengalir ke arah kondensor dan melewati receiver dryer sebelum ke arah katup ekspansi. 

Fungsi receiver dryer sendiri ada beberapa macam, bukan hanya sekedar komponen yang dilewati oleh refrigerant. Berikut ini beberapa fungsi receiver dryer AC mobil yang harus diperhatikan. 

  • Menampung Freon Sementara

Baca Juga : Bukan Cuma Hiasan, Ini Fungsi Talang Air Mobil Sebenarnya

Fungsi yang pertama adalah untuk menampung freon sementara ketika bentuknya masih cair. Dalam proses kerjanya, freon akan melewati katup ekspansi yang akan menyemprotkan refrigerant yang berbentuk gas sesuai dengan pengaturan AC oleh pengemudi. 

Pada saat pengaturan heat sensitivity tube memberikan sinyal bahwa membutuhkan refrigerant, maka katup ekspansi akan menyemprotkan ke bagian aliran evaporator. Namun jika tidak ada sinyal, maka katup tidak akan menyemprotkan. 

Di sinilah  refrigerant akan disimpan dalam tabung receiver dryer. Jika AC dinyalakan atau tidak dan tidak ada sinyal dari heat sensitive tube, maka receiver dryer menjadi tempat sementara dari freon cair. 

  • Menyaring Kotoran dari Refrigerant

Baca Juga : Jangan Salah Pilih, Ketahui Jenis Pengharum Mobil dan Bahannya

Receiver dryer telah dilengkapi dengan saringan sehingga juga berfungsi untuk menyaring kotoran pada refrigerant. Pada saat refrigerant melewati receiver dryer maka semua kotoran akan langsung tersaring. 

Kotoran biasanya terdapat pada refrigerant seperti debu atau pasir yang sangat lembut. Kotoran ini tidak boleh sampai bersirkulasi dalam sistem AC karena akan menyebabkan penyumbatan. 

Contohnya saja bagian katup ekspansi, jika bagian ini tersumbat maka akan membuat sac tidak bekerja optimal. Udara yang dihasilkan pun lama kelamaan tidak akan dingin. Bukan hanya itu saja, tetapi juga merusak semua komponen AC lainnya. 

  • Menyerap Kandungan Air 

Fungsi receiver dryer yang selanjutnya adalah untuk menyerap kandungan air yang juga ikut terbawa oleh refrigerant. Selain kotoran, kelembaban atau air juga akan terkandung dalam refrigerant. 

Pada saat proses penurunan temperatur, freon akan diubah menjadi gas dingin. Ketika freon mengandung air, maka setelah proses pendinginan akan muncul es karena kandungan air. Jika air tidak disaring, es akan terbentuk dan menyumbat katup ekspansi. 

Tersumbatnya katup ekspansi yang berukuran kecil ini akan menimbulkan kerusakan pada sistem AC. Dalam sebuah receiver dryer terdapat desiccant gel yang nantinya berfungsi untuk menyerap air pada refrigerant. 

Dilihat dari semua fungsinya inilah, receiver dryer memiliki peranan yang sangat penting. Meskipun komponen ini terlihat sepele menjadi bagian yang dilewati freon saja. Namun fungsinya tidak jauh berbeda dari filter oli atau filter udara yang menyaring kotoran. 

17._IGNIS__2_

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya