Tips & Trik

Power Steering Berat : Penyebab dan Cara Mengatasinya

PUBLISHED DATE : 26 September 2021

Power Steering Mobil

Sesuai namanya, ball joint berbentuk bulat seperti bola, sehingga bisa bergerak bebas mengikuti kemana arah ban.

Nah, ball joint tersebut pada umumnya akan mengalami aus apabila telah lama digunakan. Akibatnya, power steering akan terasa berat saat dioperasikan. Ball joint yang telah mengalami aus akan ditandai dengan kondisinya yang terlihat lebih kering.

Jika kondisi yang demikian itu terjadi pada ball joint mobil Anda, segera lakukan penggantian dengan yang baru. Jangan menunda-menunda penggantian ball joint agar power steering dapat bekerja dengan baik.

Baut di Bagian Rak Pinion Terlalu Kencang

Penyebab lain yang bisa mengakibatkan power steering terasa lebih berat adalah baut yang ada di bagian rak pinion dikencangkan terlalu kuat. Meskipun sebenarnya oli yang ada di bagian power steering tidak kehabisan dan justru mengalir dengan lancar.

Apabila Anda mengalami kondisi yang demikian tersebut, sebaiknya segera lakukan penyetelan ulang pada baut.

Pastikan agar baut dikencangkan dengan pas. Tidak terlalu kencang, juga tidak terlalu longgar. Power steering pun akan kembali normal. Tidak lagi terasa berat seperti sebelumnya.

Selang Power Steering Tertekuk

Selang tertekuk menjadi penyebab power steering terasa berat yang terakhir. Kondisi semacam ini sebenarnya sangat tersembunyi dan jarang dapat diketahui.

Baca Juga : Cara Mudah Membedakan Busi Asli dan Palsu

Akan tetapi, dampak yang diakibatkan bisa membuat sirkulasi oli tersumbat kemudian menjadikan power steering menjadi berat.

Apabila selang yang tertekuk tersebut tidak segera ditangani, selain mengakibatkan sirkulasi oli tersumbat, selang juga akan rusak. Selang bisa saja robek kemudian oli menjadi bocor bahkan pompa bisa jebol.

Nah, cara mengatasi power steering berat yang satu ini adalah dengan meluruskan posisi selang.

Silahkan cek jalur selang oli pada power steering mobil Anda. Jika menjumpai ada bagian selang yang tertekuk, segera luruskan posisinya dan lihat apakah selang tersebut robek atau tidak.

Pastikan tidak ada oli yang merembes karena selang baru saja tertekuk. Namun jika ditemukan ada kebocoran, segera lakukan perbaikan. 

Penyebab power steering berat memang begitu banyak. Meskipun demikian, Anda tidak perlu bingung karena semuanya bisa diatasi. 

Jika nantinya Anda memerlukan penggantian komponen mobil atau melakukan servis rutin, bawa ke bengkel resmi Suzuki terdekat agar mendapat penanganan yang tepat.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya