Tips & Trik

Persiapan yang Harus Dilakukan sebelum Membeli Mobil Bekas

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/26__ertiga_(1).jpg

Bukan hanya pengecekan kondisi jarak tempuh kilometernya saja yang diperhatikan, Anda juga harus memiliki kesiapan untuk membeli mobil bekas. Berbeda dengan mobil baru, Anda akan mendapatkan produk yang sudah pernah digunakan dengan harga miring. 

Harga yang lebih murah ini bukan berarti Anda bisa memilih sembarangan dan tidak memperhitungkan beberapa hal. Berikut ini beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan membeli. 

  1. Mempersiapkan Dana 

Baca Juga : Pulser Motor: Pengertian, Cara Kerja Serta Fungsinya

Alasan mengapa Anda membeli mobil bekas mungkin saja karena keterbatasan dana. Mungkin juga karena Anda ingin mobil limited edition keluaran lama. Apapun alasannya bahkan harga murah sekalipun, bukan berarti Anda tidak memperhitungkan soal dana. 

Sebagai tips membeli mobil bekas dalam hal persiapan, Anda wajib menyiapkan budget sesuai dengan harga mobil yang diinginkan. Anda bisa menyesuaikan jenis mobil dengan budget yang dimiliki. 

Namun jika Anda terlanjur menginginkan mobil tertentu dengan harga yang sedikit tinggi maka sebaiknya bersabar dan siapkan dana terlebih dahulu. Biaya yang dipertimbangkan bukan hanya harga beli saja. 

Baca Juga : Efek Buruk Rem Parkir Jika Aktif Terlalu Lama

Pertimbangkan juga soal harga perawatan mobil usai dibeli. Misalnya saja Anda masih harus memperbaiki beberapa bagian yang rusak atau perpanjang STNK. Oleh karena itu lebihkan dana dari harga mobil di pasaran. 

    2. Memilih Jenis Mobil yang Diinginkan

Persiapan selanjutnya adalah menentukan mobil tipe mobil apa yang Anda ingin beli. Lagi-lagi kembali pada kebutuhan, pada saat Anda ingin membeli mobil baru pun sebaiknya selalu disesuaikan dengan keperluan. 

Apakah Anda ingin menggunakan mobil untuk mobile setiap hari jarak jauh atau digunakan sebagai mobil keluarga. Ada banyak tipe mobil yang dijual seperti MPV, SUV atau bahkan city car. Sesuaikan juga dengan kapasitas penumpangnya. 

Baca Juga : Mari Mengenal Kode Plat Nomor Motor Di Indonesia

Tips beli mobil bekas ini dibutuhkan untuk mempersempit cakupan pencarian. Sehingga Anda tidak akan salah beli mobil nantinya. 

    3. Survey Harga Pasaran

Apabila sudah menentukan jenis mobil apa yang dibutuhkan, selanjutnya adalah mengetahui pasaran harga bekasnya. Berbeda dengan harga mobil baru yang biasanya sudah memiliki harga OTR. 

Ketika membeli mobil bekas Anda akan melihat harga yang naik turunnya sangat jauh. Masing-masing harga ini juga disesuaikan dengan kondisi mobil seperti jarak kilometer sampai body dan mesinnya. 

Mengetahui harga pasaran ini akan mempermudah Anda untuk mengetahui berapa besaran dana yang kira-kira harus dipersiapkan. 

    4. Survey Penjual 

Terakhir, Anda harus mencari di mana penjual yang ramah dan juga jujur. Kebanyakan pemilik mobil biasanya menyerahkan penjualan kepada perantara. Namun ada juga yang menjualnya sendiri secara langsung. 

Anda akan lebih beruntung jika membeli langsung dari pemiliknya karena harga bisa dinego lebih rendah. Di manakah Anda akan membeli mobil bekas, akan menentukan kemudahan pembelian dan mendapatkan mobil yang kualitasnya masih bagus. 

26._ertiga__2_

Tips Membeli Mobil Bekas yang perlu Diperhatikan 

Supaya Anda tidak tertipu dengan penjual nakal yang menurunkan kilometer, pengecekan ban dan bodi mobil bekas sangat diperlukan. Pengecekan mobil adalah hal yang wajib dilakukan, bahkan jika Anda membeli online sekalipun. 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya