Tips & Trik

Persiapan yang Harus Dilakukan sebelum Membeli Mobil Bekas

PUBLISHED DATE : 25 April 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/26__ertiga_(1).jpg

Bukan hanya pengecekan kondisi jarak tempuh kilometernya saja yang diperhatikan, Anda juga harus memiliki kesiapan untuk membeli mobil bekas. Berbeda dengan mobil baru, Anda akan mendapatkan produk yang sudah pernah digunakan dengan harga miring. 

Harga yang lebih murah ini bukan berarti Anda bisa memilih sembarangan dan tidak memperhitungkan beberapa hal. Berikut ini beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan membeli. 

  1. Mempersiapkan Dana 

Baca Juga : Cara Mengenali Kerusakan Mesin dari Warna Asap Knalpot

Alasan mengapa Anda membeli mobil bekas mungkin saja karena keterbatasan dana. Mungkin juga karena Anda ingin mobil limited edition keluaran lama. Apapun alasannya bahkan harga murah sekalipun, bukan berarti Anda tidak memperhitungkan soal dana. 

Sebagai tips membeli mobil bekas dalam hal persiapan, Anda wajib menyiapkan budget sesuai dengan harga mobil yang diinginkan. Anda bisa menyesuaikan jenis mobil dengan budget yang dimiliki. 

Namun jika Anda terlanjur menginginkan mobil tertentu dengan harga yang sedikit tinggi maka sebaiknya bersabar dan siapkan dana terlebih dahulu. Biaya yang dipertimbangkan bukan hanya harga beli saja. 

Baca Juga : 3 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Kulit Pengendara Motor

Pertimbangkan juga soal harga perawatan mobil usai dibeli. Misalnya saja Anda masih harus memperbaiki beberapa bagian yang rusak atau perpanjang STNK. Oleh karena itu lebihkan dana dari harga mobil di pasaran. 

    2. Memilih Jenis Mobil yang Diinginkan

Persiapan selanjutnya adalah menentukan mobil tipe mobil apa yang Anda ingin beli. Lagi-lagi kembali pada kebutuhan, pada saat Anda ingin membeli mobil baru pun sebaiknya selalu disesuaikan dengan keperluan. 

Apakah Anda ingin menggunakan mobil untuk mobile setiap hari jarak jauh atau digunakan sebagai mobil keluarga. Ada banyak tipe mobil yang dijual seperti MPV, SUV atau bahkan city car. Sesuaikan juga dengan kapasitas penumpangnya. 

Baca Juga : Yuk, Mengenal Rambu-rambu Lalu Lintas dan Artinya

Tips beli mobil bekas ini dibutuhkan untuk mempersempit cakupan pencarian. Sehingga Anda tidak akan salah beli mobil nantinya. 

    3. Survey Harga Pasaran

Apabila sudah menentukan jenis mobil apa yang dibutuhkan, selanjutnya adalah mengetahui pasaran harga bekasnya. Berbeda dengan harga mobil baru yang biasanya sudah memiliki harga OTR. 

Ketika membeli mobil bekas Anda akan melihat harga yang naik turunnya sangat jauh. Masing-masing harga ini juga disesuaikan dengan kondisi mobil seperti jarak kilometer sampai body dan mesinnya. 

Mengetahui harga pasaran ini akan mempermudah Anda untuk mengetahui berapa besaran dana yang kira-kira harus dipersiapkan. 

    4. Survey Penjual 

Terakhir, Anda harus mencari di mana penjual yang ramah dan juga jujur. Kebanyakan pemilik mobil biasanya menyerahkan penjualan kepada perantara. Namun ada juga yang menjualnya sendiri secara langsung. 

Anda akan lebih beruntung jika membeli langsung dari pemiliknya karena harga bisa dinego lebih rendah. Di manakah Anda akan membeli mobil bekas, akan menentukan kemudahan pembelian dan mendapatkan mobil yang kualitasnya masih bagus. 

26._ertiga__2_

Tips Membeli Mobil Bekas yang perlu Diperhatikan 

Supaya Anda tidak tertipu dengan penjual nakal yang menurunkan kilometer, pengecekan ban dan bodi mobil bekas sangat diperlukan. Pengecekan mobil adalah hal yang wajib dilakukan, bahkan jika Anda membeli online sekalipun. 

Meskipun Anda membeli mobil bekas, uang yang dikeluarkan juga tidak sedikit. Oleh karena itu mengecek mobil secara langsung perlu dilakukan. Nah, supaya Anda tidak salah membeli mobil yang ternyata kualitasnya buruk, ikuti tips membeli mobil bekas berikut ini.

    1. Mengetahui Riwayat Kendaraan

Saat Anda mengecek kondisi mobil, pertama cobalah untuk meminta surat-surat dari kendaraan. Melalui surat-surat ini Anda bisa tahu apakah mobil tersebut dijual dari tangan pertama atau kedua. 

Cocokkan surat-surat dengan kondisi mobil, apakah bodi mobil berubah warna dan kesesuaian dengan plat nomor. Jika perlu Anda melakukan pengecekan juga ke asuransi mobil jika diasuransikan dan ke pihak kepolisian. 

Tips membeli mobil bekas ini akan menghindari Anda dari mobil hasil curian. Selain itu melihat riwayatnya membuat Anda tahu bahwa mobil tersebut sudah berapa kali berpindah tangan. 

Terlalu sering diperjualbelikan mengartikan terdapat kerusakan pada mobil sehingga membuatnya sering dijual. Lebih baik untuk membeli mobil bekas dari tangan pertama langsung atau kedua. 

    2. Melakukan Test Drive

Sama halnya dengan mobil baru, Anda harus melakukan test drive pada mobil yang ditaksir. Mintalah kepada penjual untuk bisa menjajal mobil supaya Anda tahu persis kelayakannya. Kondisi mobil akan langsung bisa diketahui ketika dinyalakan dan dikendarai. 

Ketika test drive cek kenyamanan jok pengemudi, visibilitas, AC, bunyi dari bagian mesin, dan masih banyak lagi. Kenyamanan Anda berkendara adalah faktor utamanya karena Anda yang akan menggunakan selama jangka waktu panjang ke depan. 

    3. Membawa Mekanik 

Tips membeli mobil bekas yang ketiga adalah mengecek mesin secara mendalam, Anda perlu membawa mekanik untuk mengecek langsung. Anda bisa mengajak teman yang ahli mesin untuk melihat kondisi mobil. 

Cara ini akan menghindari penipuan seperti penjual nakal yang menurunkan kilometer. Penting untuk mengetahui kondisi mobil secara menyeluruh. Anda jadi tahu komponen mana saja yang harus diganti. 

Tahu kondisi tersebut membuat Anda bisa memperhitungkan kesesuaian harga dengan kondisi mobil tersebut.

    4. Pertimbangkan Soal Asuransi

Anda juga perlu mengetahui apakah mobil tersebut memiliki asuransi atau tidak. Memilih mobil yang sudah memiliki asuransi berjalan memang lebih mahal, tetapi Anda mendapatkan perlindungan dari risiko di masa depan.

    5. Hati-Hati dengan Over Kredit 

Membeli mobil bekas dengan over kredit adalah cara yang tepat bagi Anda dengan budget terbatas. Tapi pastikan terlebih dahulu bahwa prosesnya berjalan dengan benar dan di bawah pengetahuan leasing

Tujuannya agar Anda tidak mendapat kerugian dalam hal hukum. Namun jika Anda memiliki uang tunai, sebaiknya beli mobil bekas tanpa over kredit. 

Beli Mobil Bekas Aman dan Mudah Melalui Auto Value 

Bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas dengan lebih mudah bisa melalui Auto Value, salah satu layanan yang disediakan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Layanan tukar tambah mobil dari Suzuki ini bisa diakses secara online dengan mudah. 

Anda bisa mengakses halaman yang sudah mobile friendly. Cara beli mobil bekas melalui website ini sangatlah mudah, tinggal pilih mobil dan lokasi. Semua mobil bekas yang dijual sudah termasuk kategori Certified Used Car. 

Artinya mobil sudah lolos pemeriksaan 135 item yang dilakukan oleh teknisi Suzuki terlatih. Tak hanya itu saja, melalui Auto Value Anda juga bisa melihat kondisi nyata dari kendaraan melalui video display

Website Auto Value juga menyediakan layanan perhitungan kredit mobil bekas yang Anda taksir. Anda juga bisa melihat service record dari perawatan yang sudah dilakukan di bengkel resmi Suzuki selama penggunaan sebelumnya. 

Jenis mobil yang tersedia pun sangat beragam dan pasti salah satunya menjadi minat Anda. Ikuti tips membeli mobil bekas di atas dan pastikan bahwa Anda menggunakan Auto Value untuk mendapatkan mobil yang terjamin kualitasnya. 





Berita Lainnya