Tips & Trik

Panduan Lengkap Proses Balik Nama Mobil

PUBLISHED DATE : 13 Maret 2024

Buku Pemilik Kendaraan Bermotor

Setelah melalui tahap administrasi di kantor Samsat, proses balik nama mobil melibatkan pemeriksaan kendaraan oleh petugas terkait. Petugas akan mengecek kesesuaian antara dokumen yang Anda berikan dengan kondisi fisik kendaraan. Pastikan kendaraan dalam kondisi baik dan memenuhi persyaratan teknis yang ditetapkan. 

Pemeriksaan ini melibatkan aspek-aspek seperti nomor rangka, nomor mesin, lampu, rem, dan komponen lainnya. Upayakan untuk menjaga kendaraan dalam keadaan terawat agar proses ini berjalan lancar. Jika terdapat ketidaksesuaian atau kerusakan, petugas akan memberikan arahan terkait perbaikan yang perlu dilakukan sebelum proses balik nama dapat dilanjutkan. Pastikan Anda memahami prosedur ini untuk memastikan kelancaran seluruh proses administratif.

Pembayaran Pajak dan Biaya

Baca Juga : Ketahui Tips Mengatur Sorot Lampu Pada Mobil

Setelah melalui tahap pemeriksaan kendaraan, langkah selanjutnya dalam proses balik nama mobil adalah pembayaran pajak dan biaya terkait. Anda akan diminta untuk melunasi pajak yang berlaku sesuai dengan peraturan yang berlaku di wilayah Anda. Selain itu, biaya administrasi dan layanan juga perlu dibayarkan untuk menyelesaikan proses ini. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya