Tips & Trik

Mulai Musim Hujan? Simak Manfaat Coating Mobil Disini

PUBLISHED DATE : 30 Januari 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/131855758_s1.jpg

Coating mobil, menjadi solusi bagi pemilik mobil ketika musim hujan. Dengan cara ini, mobil akan terlindungi dari dampak buruk air hujan, dan membuat mobil menjadi lebih awet. Manfaat coating mobil pun cukup banyak dan sangat bermanfaat.

Perlu dipahami juga bahwa air hujan akan berpengaruh pada keawetan cat dan body mobil. Karenanya proses ini direkomendasikan untuk kendaraan mobil.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dibahas mengenai coating mobil, manfaat, serta hal-hal lain yang berhubungan dengannya.

Baca Juga : Hati-hati, Ini Kebiasaan Buruk yang Bikin Mobil Matik Cepat Rusak

Apa Yang Dimaksud Coating Mobil?

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan coating mobil? Coating mobil sebenarnya adalah proses penambahan lapisan pada cat mobil.

Lapisan yang digunakan merupakan lapisan khusus berupa ceramic coating yang terdiri dari campuran Polysilazane dan bahan pelarut lainnya.

Baca Juga : Ini Dia Alasan Kenapa Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

Polysilazane merupakan bahan polimer yang mampu melekat dan mengeras pada permukaan cat mobil. cat mobil sendiri sebenarnya memiliki pori-pori, dan bahan ceramic coating tersebut akan meresap masuk ke dalam pori-pori membentuk lapisan tipis yang melindungi permukaan cat mobil.

Dengan menambahkan coating mobil tersebut, permukaan cat mobil akan terlihat mengkilap.

Selain itu, lapisan tersebut berfungsi untuk memproteksi cat dan melindungi permukaan cat mobil dari goresan, serta dari sinar ultraviolet sehingga cat mobil menjadi lebih awet dan tetap mengkilap.

Baca Juga : Jangan Panik, Ini Penyebab Setir Mobil Berat & Solusinya

Manfaat Coating Mobil

Coating mobil memang dianggap sebagai solusi untuk memberikan perlindungan bagi kendaraan roda 4 tersebut. Oleh karena itu, meskipun biaya yang dibutuhkan cukup mahal, banyak orang yang memilih cara ini. Berikut beberapa manfaat melakukan coating pada mobil.

  • Mencegah Cat Mobil Cepat Memudar

Manfaat yang pertama adalah mencegah agar cat mobil tidak cepat memudar. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, coating mobil merupakan proses memberikan lapisan khusus ke permukaan cat mobil.

Bahan coating mobil yang terbuat dari campuran polysilazane tersebut akan meresap masuk ke dalam pori-pori cat mobil dan membentuk lapisan tipis yang menutup seluruh permukaan cat mobil. Lapisan tersebut akan melindungi cat mobil dan mencegah warna cat mobil cepat memudar.

  • Melindungi Cat Mobil Dari Goresan

Penampilan luar mobil memang sangat menentukan nilai dan harga mobil tersebut. 

Permukaan cat mobil yang terlihat mulus, halus, tanpa goresan tentunya memberikan nilai tambah.

Berbeda dengan mobil yang bodi luarnya penuh dengan goresan, tidak akan indah untuk dipandang. 

Salah satu manfaat coating adalah untuk melindungi cat mobil dari goresan. Karena bahan coating yang keras dan menutup seluruh permukaan mobil, akan meminimalisir terjadinya goresan pada cat mobil yang bisa diakibatkan oleh berbagai sebab yang tidak terduga.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya