Tips & Trik

Mengenal Fungsi Defogger pada Mobil

PUBLISHED DATE : 05 November 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Mengenal-Fungsi-Defogger-pada-Mobil.jpg

Saat ini, mobil-mobill keluaran terbaru sudah banyak yang telah dilengkapi defogger. Tapi, mungkin banyak dari pemilik mobil tersebut yang belum mengetahui apa fungsi dari fitur tersebut, dan kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya.

Fungsi Defogger

Dilihat dari artinya, maka bisa diketahui  bahwa defogger pada mobil bisa membantu mencegah terjadinya pengembunan di kaca. Fitur yang satu ini akan terasa sangat penting dan berguna ketika kondisi cuaca basah atau musim hujan. Dengan defogger, visibilitas pengemudi akan lebih maksimal dan hal ini bisa membantu mengurangi risiko terjadinya kecelakaan.

Baca Juga : Langkah Yang Perlu Dilakukan Setelah Mobil Lakukan Perjalanan Jauh

Jadi bisa dibilang, defogger termasuk salah satu upaya meningkatkan keselamatan berkendara, khususnya saat berkendara di musim hujan atau dingin.

Tipe Defogger

Umumnya ada dua tipe defogger yang terpasang pada mobil. Satu yang terkoneksi dengan AC (air conditioner) dan tipe selanjutnya yang terpasang langsung di kaca. Cara kerja keduanya cukup sama, dengan memanfaatkan pemanas untuk mencegah atau menghilangkan pengembunan pada kaca.

Baca Juga : Ayo Mengenal Bedanya Mobil SUV dengan Mobil MPV

Untuk defogger jenis pertama, yang terhubung dengan AC, pengoperasiannya sangat jelas dan mudah. Bisa melalui tombol atau pemutar untuk memilih mode pada AC. Untuk tipe ini, bisa digunakan ketika diperlukan. Contohnya, sedang berkendara dalam kondisi hujan lebat dan mulai terjadi pengembunan di kaca depan, Anda bisa segera aktifkan defogger agar pandangan tidak terganggu.

Sementara tipe defogger yang kedua, biasanya terpasang pada kaca belakang. Bentuknya seperti garis atau sejumlah filamen yang menempel pada kaca. Kala sistem aktif, arus listrik melewati filamen itu dan menghasilkan panas. Kemudian, dari panas itu yang mencegah pengembunan atau pembekuan sehingga kaca tetap jelas untuk dipandang.

Itulah penjelasan singkat tentang defogger. Semoga informasinya bermanfaat. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan servis berkala pada kendaraan Suzuki kesayangan Anda agar selalu siap diajak beraktivitas. Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan bengkel resmi Suzuki terdekat, silakan klik link ini atau telepon Halo Suzuki di 0800 1100 800 (bebas pulsa).

Baca Juga : Hati-hati, Ini Kebiasaan Buruk yang Bikin Mobil Matik Cepat Rusak

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya