Tips & Trik

Mudah, Ini Tips Mengatasi Piringan Cakram Motor Yang Macet

PUBLISHED DATE : 26 Agustus 2020

Nex

Rem macet juga bisa disebabkan oleh kampas rem yang masih baru dipasang. Penyebab lainnya adalah pemasangan kampas rem yang tidak pas dan bisa juga suku cadang tidak asli. Oleh karena itu, disarankan, pemasangan kampas rem maupun rem dilakukan oleh ahlinya di bengkel resmi, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara Mengatasi Rem Macet

Untuk mengatasi rem cakram motor yang macet, sebenarnya tidak terlalu sulit. Tetapi memang diperlukan ketelitian dan kesabaran, karena ada beberapa bagian yang harus dibuka dan dilepas.

Alat yang digunakan untuk membersihkan juga mudah didapatkan. Cukup menggunakan sabun cair, sikat gigi, dan pelumas.

Tetapi untuk membersihkan rem yang macet, sebaiknya diketahui terlebih dahulu penyebabnya. Dengan begitu, pembersihan dan penanganannya bisa lebih tepat. Cara mengatasi rem macet sendiri secara umum diantaranya sebagai berikut.

  1. Rem Macet Karena Kotoran

Baca Juga : 5 Faktor yang Menentukan Ketahanan Aki Kendaraan

Rem macet yang disebabkan karena kotoran atau debu, cara mengatasinya adalah dengan membersihkan kotoran tersebut. Kotoran biasanya menempel pada master rem motor, maka bagian tersebut yang harus dibersihkan. Cara membersihkannya adalah

  • Buka kaliper pada piringan cakram dengan kunci L. Lepas kaliper tersebut.
  • Semprot bagian celah piston kecil dan komet master rem hingga bersih. Untuk menyemprot bisa dengan menggunakan campuran air dan sabun cuci piring cair.
  • Pasang kembali kaliper seperti semula. Pastikan kaliper terpasang pada posisi yang tepat
  1. Rem seret karena karat

Untuk mengatasi rem macet akibat karat, tentunya adalah dengan membersihkan karat tersebut. Penyebab timbulnya karat piringan rem dalam keadaan basah terus menerus tanpa pernah dibersihkan. Cara mengatasi rem seret karena karat adalah sebagai berikut

  • Buka kaliper pada piringan cakram. Setelah lepas, bersihkan karat hingga piringan bersih.
  • Setelah karat hiang, olesi piringan cakram dengan menggunakan grease atau gemuk. Lalu kembalikan kaliper pada posisi semula dengan benar.
  1. Rem seret karena kampas habis atau salah pemasangan

Untuk mengatasi rem seret karena kampas rem habis atau salah pemasangan, satu-satunya jalan adalah dengan membawa ke ahlinya yaitu bengkel. Kampas rem yang habis diganti dengan yang baru. Untuk pemasangannya sebaiknya dilakukan di bengkel.

Rem seret memang sangat mengganggu  dan juga membahayakan. Untuk itu, masalah rem seret atau cakram motor macet, sebaiknya segera dicarikan jalan keluarnya yaitu dengan mengunjungi bengkel Suzuki terdekat untuk dilakukan pengecekan dan mengetahui lebih lanjut keadaan motor yang sebenarnya

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya