Tips & Trik

Mudah, Ini Tips Mengatasi Piringan Cakram Motor Yang Macet

PUBLISHED DATE : 26 Agustus 2020

Nex

Salah satu bagian  terpenting dari kendaraan motor  adalah rem. Pada masa kini, rem jenis cakram motor merupakan jenis rem yang banyak digunakan. Hal tersebut dikarenakan rem cakram mempunyai daya fungsi yang lebih efektif dibandingkan dengan rem biasa atau rem jenis tromol.

Kegunaan rem bagi kendaraan bermotor memang sangat penting, karena alat ini yang digunakan untuk menahan atau menghentikan laju kendaraan. Tetapi bagaimana kalau alat ini mengalami gangguan, seperti seret atau macet? Tentunya keadaan ini bisa berakibat fatal bila tidak segera diperbaiki.

Mengenal Fungsi Rem Cakram

Fungsi dari rem sebenarnya sama untuk semua jenis yang ada, yaitu untuk menghentikan laju kendaraan. Alat ini sangat penting, terutama pada saat keadaan mendesak, misalnya kendaraan harus berhenti tiba-tiba, untuk menghindari tabrakan di depan, atau karena alasan lain.

Dengan demikian, maka sangat jelas, fungsi alat ini sangat penting. Bisa dibayangkan, saat kendaraan melaju dengan kencang, dan tiba-tiba di depan ada kendaraan yang berhenti. Maka jalan satu-satunya adalah harus menghentikan laju kendaraan agar tidak terjadi kecelakaan.

Rem kendaran motor sendiri ada dua jenis, yaitu rem tromol dan rem cakram. Kedua jenis rem ini mempunyai fungsi yang sama, yaitu untuk menghentikan laju kendaraan bermotor. Dalam hal ini rem akan menghentikan putaran roda kendaraan.

Cara kerja dari rem adalah dengan melakukan gesekan pada roda yang sedang berputar. Gesekan terjadi apabila tuas rem ditarik sehingga rem akan berhimpitan dengan roda kendaraan dan menimbulkan gesekan. Gesekan tersebut akan mengakibatkan putaran roda jadi melambat dan akhirnya berhenti.

Macam-macam Rem

Baca Juga : Mau Aki Basah Awet? Begini Tipsnya!

piringan_cakram

Sebagaimana disebutkan, ada dua jenis kendaraan motor yang dikenal. yaitu rem tromol dan rem biasa. Perbedaan antara kedua jenis rem tersebut adalah terletak pada daya atau kekuatan yang dihasilkan untuk menghentikan laju roda kendaraan yang sedang berputar.

Rem tromol memiliki kekuatan yang lebih kecil. Rem ini biasa digunakan pada kendaraan motor keluaran lama. Rem tromol dilengkapi dengan kampas rem, yaitu bagian rem yang langsung bergesekan dengan bagian roda kendaraan. Dalam perawatannya kampas rem bisa aus dan harus diganti bila sudah habis.

Jenis rem yang satunya adalah rem cakram. Disebut rem cakram karena alat ini dilengkapi dengan bagian yang disebut cakram. Cakram motor sendiri berbentuk piringan, dan dengan alat ini, rem akan menahan laju  roda kendaraan yang sedang berputar.

Piringan cakram pada rem cakram ini mempunyai daya gesek yang kuat. Hal ini yang menyebabkan rem cakram memiliki kekuatan yang lebih baik dibandingkan dengan rem biasa. Dengan alasan ini, rem cakram lebih banyak digunakan, karena dianggap lebih aman dan efektif bagi kendaraan.

Penyebab Rem Macet

Banyak peristiwa kecelakaan yang terjadi yang disebabkan oleh rem motor tidak berfungsi. Penyebab pertama, rem tiba-tiba blong dan tidak mampu menghentikan putaran roda saat tuas rem ditarik. Penyebab lain, rem tiba-tiba macet, dan tidak bisa kembali ke posisi semula setelah tuas rem ditarik.

Akibat dari rem macet ini, roda  tidak bisa kembali berputar meskipun tuas rem sudah dilepas. Hal ini dikarenakan kampas rem masih tetap melekat pada bagian roda, sehingga roda tidak bisa berputar. Akibat lainnya, kendaraan jadi terasa berat saat berjalan atau didorong.

Penyebab rem macet ini ada beberapa macam. Penyebab umum yang biasa terjadi adalah dikarenakan kotoran yang melekat pada rem, sehingga menyebabkan rem tidak berfungsi secara maksimal. Lebih lengkapnya, penyebab rem macet adalah sebagai berikut.

  • Kotoran

Kotoran merupakan penyebab utama dari rem yang macet atau seret. Kotoran ini biasanya berasal dari debu yang masuk dan akhirnya melekat pada bagian piringan rem.

Apabila debu ini tidak segera dibersihkan, maka akan mengakibatkan rem cakram menjadi seret dan lama-kelamaan bisa menyebabkan rem macet.

  • Karat

Hampir sama dengan debu dan kotoran, karat biasanya terdapat pada bagian piringan rem.  Akibat yang ditimbulkan juga sama, rem motor menjadi seret, dan akhirnya akan macet.

  • Kampas Rem

Kampas rem merupakan bagian luar dari rem. Kampas rem ini nantinya yang akan menempel langsung pada roda kendaraan saat tuas rem ditarik. Tujuan dari penggunaan kampas rem adalah untuk menghindari gesekan langsung antara piringan cakram dan bagian roda kendaraan.

Karena bergesekan langsung dengan bagian roda, kampas rem akan aus dan habis. Akibatnya rem tidak akan berfungsi sempurna, dan akan menimbulkan suara berdecit pada saat tuas rem ditarik. Pada saat itu, kampas rem harus diganti dengan yang baru untuk menghindari keadaan rem blong.

Rem macet juga bisa disebabkan oleh kampas rem yang masih baru dipasang. Penyebab lainnya adalah pemasangan kampas rem yang tidak pas dan bisa juga suku cadang tidak asli. Oleh karena itu, disarankan, pemasangan kampas rem maupun rem dilakukan oleh ahlinya di bengkel resmi, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara Mengatasi Rem Macet

Baca Juga : Perbedaan 3 Jenis Rem Cakram: Fix, Semi Floating & Floating

Untuk mengatasi rem cakram motor yang macet, sebenarnya tidak terlalu sulit. Tetapi memang diperlukan ketelitian dan kesabaran, karena ada beberapa bagian yang harus dibuka dan dilepas.

Alat yang digunakan untuk membersihkan juga mudah didapatkan. Cukup menggunakan sabun cair, sikat gigi, dan pelumas.

Tetapi untuk membersihkan rem yang macet, sebaiknya diketahui terlebih dahulu penyebabnya. Dengan begitu, pembersihan dan penanganannya bisa lebih tepat. Cara mengatasi rem macet sendiri secara umum diantaranya sebagai berikut.

  1. Rem Macet Karena Kotoran

Rem macet yang disebabkan karena kotoran atau debu, cara mengatasinya adalah dengan membersihkan kotoran tersebut. Kotoran biasanya menempel pada master rem motor, maka bagian tersebut yang harus dibersihkan. Cara membersihkannya adalah

  • Buka kaliper pada piringan cakram dengan kunci L. Lepas kaliper tersebut.
  • Semprot bagian celah piston kecil dan komet master rem hingga bersih. Untuk menyemprot bisa dengan menggunakan campuran air dan sabun cuci piring cair.
  • Pasang kembali kaliper seperti semula. Pastikan kaliper terpasang pada posisi yang tepat
  1. Rem seret karena karat

Untuk mengatasi rem macet akibat karat, tentunya adalah dengan membersihkan karat tersebut. Penyebab timbulnya karat piringan rem dalam keadaan basah terus menerus tanpa pernah dibersihkan. Cara mengatasi rem seret karena karat adalah sebagai berikut

  • Buka kaliper pada piringan cakram. Setelah lepas, bersihkan karat hingga piringan bersih.
  • Setelah karat hiang, olesi piringan cakram dengan menggunakan grease atau gemuk. Lalu kembalikan kaliper pada posisi semula dengan benar.
  1. Rem seret karena kampas habis atau salah pemasangan

Untuk mengatasi rem seret karena kampas rem habis atau salah pemasangan, satu-satunya jalan adalah dengan membawa ke ahlinya yaitu bengkel. Kampas rem yang habis diganti dengan yang baru. Untuk pemasangannya sebaiknya dilakukan di bengkel.

Rem seret memang sangat mengganggu  dan juga membahayakan. Untuk itu, masalah rem seret atau cakram motor macet, sebaiknya segera dicarikan jalan keluarnya yaitu dengan mengunjungi bengkel Suzuki terdekat untuk dilakukan pengecekan dan mengetahui lebih lanjut keadaan motor yang sebenarnya

Berita Lainnya