Tips & Trik

Motor Menerobos Banjir? Perhatikan Dampaknya!

PUBLISHED DATE : 01 Januari 2024

Menerobos Banjir

Air yang masuk ke ruang mesin dapat merusak saringan udara dan filter oli, berpotensi menimbulkan kerusakan pada bagian dalam mesin seperti piston dan silinder.

  • Risiko Kontaminasi Bahan Bakar

Genangan air dapat menciptakan risiko kontaminasi bahan bakar, mengganggu performa pembakaran dan merusak injektor bahan bakar.

  • Biaya Perbaikan Signifikan

Kerusakan mesin dapat mengakibatkan biaya perbaikan yang tinggi dan, jika tidak ditangani cepat, dapat menyebabkan kerusakan permanen.

  • Potensi Kerugian Finansial

Risiko kerugian finansial yang signifikan akibat biaya perbaikan dan dampak jangka panjang pada nilai kendaraan jika kerusakan tidak ditangani dengan tepat.

  • Gejala yang Perlu Diwaspadai

Baca Juga : Kampas Kopling: Fungsi dan Perawatan yang Optimal

Penurunan performa atau suara yang tidak normal setelah menerobos banjir perlu diwaspadai, karena pengenalan dini gejala kerusakan membantu menghindari dampak yang lebih serius.

Dampak pada Sistem Kelistrikan Sepeda Motor saat Menerobos Banjir

Saat sepeda motor menerobos banjir, risiko kerusakan pada sistem kelistrikan menjadi signifikan. Poin-poin utama dampaknya melibatkan:

  • Korsleting pada Kabel dan Komponen Listrik

Genangan air dapat menyebabkan korsleting pada kabel-kabel dan komponen listrik. Ini mengakibatkan matinya sistem pengapian dan lampu. Kerusakan dapat mencapai komponen penting seperti stator dan regulator/rectifier, menyebabkan gangguan pada pengisian baterai dan sistem pengaturan tegangan.

  • Kerusakan pada Bagian Elektronik

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya