Tips & Trik

Motor Menerobos Banjir? Perhatikan Dampaknya!

PUBLISHED DATE : 01 Januari 2024

Menerobos Banjir

Air yang masuk ke dalam bagian elektronik, seperti CDI dan ECU, dapat merusak sirkuit dan sensor, menghambat fungsi kontrol mesin secara keseluruhan. Kerusakan pada sistem kelistrikan tidak hanya menghambat kinerja kendaraan, tetapi juga dapat berujung pada biaya perbaikan yang tinggi.

  • Langkah-langkah Pencegahan

Pemilik sepeda motor perlu memahami risiko ini dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat. Memasang pelindung kelistrikan dan menghindari menerobos genangan air yang dalam menjadi langkah penting untuk mengurangi risiko.

  • Pemeriksaan Berkala oleh Teknisi

Melakukan pemeriksaan berkala pada sistem kelistrikan setelah terkena banjir menjadi langkah proaktif untuk mendeteksi potensi masalah lebih dini. Pemilik dapat mengandalkan bantuan teknisi terlatih untuk memeriksa dan merawat sistem kelistrikan, mengoptimalkan kinerja sepeda motor, dan mengurangi risiko kerusakan yang tidak diinginkan.

Kerugian Finansial

Menerobos banjir dapat menyebabkan kerugian finansial yang signifikan bagi pemilik sepeda motor. Kerusakan pada sistem kelistrikan menjadi penyebab utama biaya perbaikan yang tinggi. Perlu diakui bahwa mengganti komponen seperti stator, regulator/rectifier, atau bagian elektronik seperti CDI dan ECU, dapat menguras dompet pemilik. Kerugian finansial juga mencakup biaya pemulihan akibat pengaruh negatif pada performa kendaraan, yang bisa merugikan nilai jual kembali.

Baca Juga : Trik Rahasia Untuk Tingkatkan Performa Suzuki GSX R150

Selain itu, biaya tak terduga mungkin muncul dari kehilangan produktivitas sehari-hari akibat ketidakmampuan menggunakan sepeda motor. Oleh karena itu, pemilik sepeda motor perlu mempertimbangkan secara serius langkah-langkah pencegahan, seperti perawatan berkala dan pemakaian pelindung kelistrikan, untuk mengurangi resiko kerugian finansial yang tidak diinginkan. Dengan demikian, pemilik dapat menjaga investasi mereka dan menghindari beban keuangan yang tak terduga.

Terakhir, memiliki asuransi yang mencakup kerusakan akibat banjir dapat menjadi langkah cerdas untuk melindungi diri dari kerugian finansial yang lebih besar. Asuransi ini dapat membantu menutupi biaya perbaikan dan pemulihan, memberikan pemilik sepeda motor ketenangan pikiran dalam menghadapi risiko lingkungan yang tidak terduga.

Langkah-langkah Pencegahan

  • Hindari Menerobos Genangan Air

Pemilik sepeda motor sebaiknya menghindari menerobos genangan air yang dalam, karena air dapat merusak komponen penting seperti stator dan regulator/rectifier.

  • Pasang Pelindung Kelistrikan

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya