Tips & Trik

Mesin Mobil Bergetar Saat Diam, Apa Penyebabnya?

PUBLISHED DATE : 09 Februari 2022

2  All New Ertiga SS FF (2)

Setiap mesin mobil dilengkapi dengan karet untuk penahan mesin. Karet penyangga ini bekerja meredakan getaran di luar mesin. Ketika karet ini sudah keras atau aus maka kap mobil tidak bisa tertutup sempurna. 

Karet ini memiliki usia pakai karena seringnya terkena panas dari mesin membuatnya cepat keras dan menipisi. Jadi getaran tersebut juga bisa disebabkan oleh kap mesin yang tidak bisa tertutup rapat. 

Ketika Anda mengecek karet penahan sudah menipis sebaiknya ganti yang baru. Karena bisa jadi inilah sumber penyebab utamanya. 

  • Shockbreaker Mengalami masalah 

Kestabilan mobil adalah faktor penting yang harus diperhatikan, komponen shockbreaker lah yang menangani masalah ini. Oleh karena itu ketika terjadi masalah pada sokbreker maka kendaraan akan tidak seimbang. 

Ketidakseimbangan tersebut menimbulkan getaran yang cukup kuat ketika mobil berada di rpm rendah. Kerusakan shockbreaker bisa disebabkan kendaraan terlalu sering melintasi area jalan yang jelek. 

Usia shockbreaker yang sudah terlalu tua atau Anda sering telah mengganti oli juga bisa jadi masalahnya. Ketika shockbreaker sudah rusak Anda hanya bisa menggantinya agar mobil bisa kembali stabil. 

Baca Juga : Idle Speed Control: Fungsi, Komponen dan Cara Kerjanya

2._All_new_Ertiga_SS_FF__1_

 

  • Bengkoknya Velg Ban 

Sering mengganti velg ban agar tampil lebih indah? Hati-hati karena bisa jadi salah dalam memasang velg menjadi penyebab mesin mobil bergetar saat diam. Termasuk juga bengkoknya velg ban akibat kecelakaan. 

Velg yang sudah bengkok tidak dapat lagi menahan beban mobil dengan benar. Ketahanan mobil pun berkurang dan getaran jadi semakin kasar. Velg yang bengkok hanya bisa diganti dengan yang baru. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya