Tips & Trik

Mesin Mobil Bergetar Saat Diam, Apa Penyebabnya?

PUBLISHED DATE : 09 Februari 2022

2  All New Ertiga SS FF (2)

Hal yang wajar jika mesin mobil bergetar saat diam ketika Anda menyalakan pertama kali. Namun jika mobil bergetar terus menerus menjadi salah satu indikator bahwa ada masalah pada mesin mobil. 

Penyebabnya sendiri bisa berbagai macam mulai dari setelah mesin yang bermasalah, ausnya karet kap mesin, sampai dengan busi. Bergetarnya mobil pada posisi idle ini tentu sangat mengganggu dan harus segera diperbaiki. 

10 Hal yang Menyebabkan Mesin Mobil Bergetar Saat Diam 

Ciri utama bahwa getaran yang dihasilkan mesin bermasalah adalah dapat dirasakan hingga bangku penumpang. Seharusnya getaran yang terasa tidak sampai mengganggu kabin dan seluruh penumpang. 

Padahal posisi mobil ada di rpm rendah yang artinya mesin tidak sedang bekerja dengan keras. Anda perlu curiga bahwa ada masalah pada bagian mesin harus perlu dicek untuk diperbaiki. 

Apa saja yang harus dicek yang jadi penyebab utama mesin mobil bergetar saat diam? Langsung saja simak penjelasannya. 

  • Kerusakan Busi 

Ukuran busi yang kecil memiliki peranan sangat penting dalam pembakaran. Tidak seperti motor, busi mobil jumlahnya lebih dari satu. Jika salah satu busi mengalami masalah akan membuat mesin mobil menjadi pincang. 

Baca Juga : Biar Aman, Ini Cara Mengisi Air Radiator Mobil yang Benar

Mesin mobil yang pincang tersebut akan menimbulkan getaran cukup kencang. Artinya cek terlebih dahulu apakah busi mobil Anda bekerja dengan baik. Jika rusak, sebaiknya ganti yang baru. 

  • Masalah pada Engine Mounting 

Mesin mobil bergetar saat diam paling sering terjadi karena kerusakan pada engine mounting. Komponen yang satu ini bekerja untuk menahan mesin supaya selalu berada di posisinya dan stabil mengingat ketika terjadi kompresi getaran mesin sangat keras. 

Engine mounting yang sudah rusak artinya tidak bisa lagi mencengkeram getaran yang dihasilkan mesin. Getaran yang keras pun tidak bisa dihindari lagi oleh mobil. Kerusakan engine mounting yang dibiarkan akan menimbulkan korsleting. 

Kerusakan pada engine mounting bisa disebabkan oleh penggunaan mobil di medan yang ekstrim. Belum lagi usia engine mounting yang sudah terlalu lama dan sudah perlu penggantian. 

  • Piston Mobil Mulai Aus 

Sering mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi? Hati-hati piston mobil bisa aus dan jadi penyebab mesin mobil bergetar saat diam. Fungsi piston adalah untuk membuat mobil bisa terus berjalan pada gerak statis terus menerus. 

Ketika Anda memiliki gaya mengemudi yang ugal-ugalan maka akan membuat penurunan kinerja dari position di mesin mobil. Getaran pada mobil muncul karena piston sudah aus. 

Ausnya komponen piston ini hanya bisa diperbaiki dengan menggantinya. Padahal harga piston mobil sendiri tidak murah, jadi sebaiknya kendalikan cara mengemudi dengan baik. 

  • Karet yang Menahan Kap Mesin Keras

Setiap mesin mobil dilengkapi dengan karet untuk penahan mesin. Karet penyangga ini bekerja meredakan getaran di luar mesin. Ketika karet ini sudah keras atau aus maka kap mobil tidak bisa tertutup sempurna. 

Karet ini memiliki usia pakai karena seringnya terkena panas dari mesin membuatnya cepat keras dan menipisi. Jadi getaran tersebut juga bisa disebabkan oleh kap mesin yang tidak bisa tertutup rapat. 

Ketika Anda mengecek karet penahan sudah menipis sebaiknya ganti yang baru. Karena bisa jadi inilah sumber penyebab utamanya. 

  • Shockbreaker Mengalami masalah 

Kestabilan mobil adalah faktor penting yang harus diperhatikan, komponen shockbreaker lah yang menangani masalah ini. Oleh karena itu ketika terjadi masalah pada sokbreker maka kendaraan akan tidak seimbang. 

Ketidakseimbangan tersebut menimbulkan getaran yang cukup kuat ketika mobil berada di rpm rendah. Kerusakan shockbreaker bisa disebabkan kendaraan terlalu sering melintasi area jalan yang jelek. 

Usia shockbreaker yang sudah terlalu tua atau Anda sering telah mengganti oli juga bisa jadi masalahnya. Ketika shockbreaker sudah rusak Anda hanya bisa menggantinya agar mobil bisa kembali stabil. 

2._All_new_Ertiga_SS_FF__1_

 

  • Bengkoknya Velg Ban 

Sering mengganti velg ban agar tampil lebih indah? Hati-hati karena bisa jadi salah dalam memasang velg menjadi penyebab mesin mobil bergetar saat diam. Termasuk juga bengkoknya velg ban akibat kecelakaan. 

Velg yang sudah bengkok tidak dapat lagi menahan beban mobil dengan benar. Ketahanan mobil pun berkurang dan getaran jadi semakin kasar. Velg yang bengkok hanya bisa diganti dengan yang baru. 

Sebaiknya berhati-hati dalam memilih velg karena mempengaruhi usia pakainya. Pilihlah velg dari pabrikan asli dan pastikan ukurannya sudah standar dan benar. Dengan begitu beban mobil bisa berkurang dengan lebih sempurna. 

  • Menipisnya Kampas Rem 

Banyak yang tidak tahu bahwa kampas rem pada mobil bisa juga menjadi penyebab mesin mobil bergetar saat diam. Bukan hanya pengeram tidak pakem dan berpotensi menimbulkan kecelakaan tetapi juga mengganggu mobil yang sedang dalam posisi diam. 

Baca Juga : Segera Cek! Ini Tanda Air Radiator Mobil Habis & Bahayanya

Anda akan kesulitan dalam melakukan pengereman mendadak dan ketika berusaha mengerem getaran semakin kuat. Gantilah kampas rem yang sudah menipis menjadi baru sehingga sistem keamanan mobil terjaga, getaran pun menghilang. 

  • Masalah Pada Propeller Shaft 

Ada juga yang jadi penyebab lainnya khususnya pada mobil dengan propeller shaft untuk menahan guncangan. Propeller shaft ini akan mendistribusikan tenaga penggerak ke transmisi di bagian gardan. 

Jadi ketika terjadi kerusakan getaran dari tenaga penggerak tidak tersalurkan dengan baik. Getaran pun akan sangat terasa kencang pada mobil ketika diam yang berasal dari roda belakang. 

  • Kopling Mobil Bermasalah 

Kopling memiliki peranan yang juga tak kalah penting, jika mengalami kerusakan getaran akan muncul dari clutch cover. Hal tersebut disebabkan komponen clutch cover yang sudah tidak rata lagi. 

Selain komponen tersebut, kampas kopling yang habis bisa membuat pedal kopling loss dan getaran kencang terasa hingga kabin. 

  •  Pendistribusian BBM Tidak Lancar

Bbm yang masuk ke dalam ruang bakar jumlahnya harus tepat jika tidak getaran akan sangat terasa kencang. Misalnya saja ketika mobil Anda menggunakan sistem injeksi dan sistem tersebut rusak maka bbm tidak akan lancar. 

Jumlah bahan bakar yang sedikit atau terhambat akan menimbulkan getaran pada mesin. Akibat dari tenaga yang diciptakan tidak sempurna. Anda perlu mengecek kembali mengenai sistem bbm yang ada di mobil. 

Jangan biarkan mesin mobil bergetar saat diam terus menerus. Jika Anda mengalami masalah ini lebih baik langsung datang ke bengkel resmi Suzuki terdekat. Pilih bengkel resminya berikut ini. 

  1. Sejahtera Sumberbaru Trada di Jakarta Timur -suzukidealerkalimalang.id
  2. Sejahtera Armada Trada di Depok - suzukimargondadepok.co.id
  3. Sumber Baru Aneka Mobil di Jakarta - suzukisbam.co.id
  4. Duta Cendana Adimandiri di Jawa Barat - suzukidutacendana.co.id
  5. Dwiperkasa Mobiltama di Jawa Barat - suzukidwiperkasa.co.id
  6. Armada Perkasa Mobilindo Jakarta Selatan - suzukiarmada.co.id
  7. Handijaya Buana Trada Jakarta Utara - suzukigunungsahari.co.id
  8. Sejahtera Buana Trada Jabeidetabek - suzukitrada.co.id
  9. Indomobil Multi Trada Jakarta Selatan - indomobilsuzukidealer.co.id 
  10. Sun Motor Jakarta Banten - suzukisunmotor.com
  11. Citra Asri Buana di Jawa Barat - suzukidealercab.co.id
  12. Trimitra Sejahtera Mobilindo Jawa Barat - suzukitrimitra.co.id
  13. Pusaka Motor Utama Jawa Barat - suzukipusaka.co.id
  14. Restu Mahkota Karya - suzukimahkota.co.id
  15. Armada Banda Jaya di Aceh - suzukiaceh.co.id
  16. Arista Sukses Abadi - Medan - suzukiarista.com
  17. Trans Sumatra Andalan di Sumatera Utara - tsasuzuki.com
  18. Rodamas Makmur Motor di Batam - suzukimobilbatam.co.id
  19. Arista Sukses Abadi - TP - suzukipinang.com
  20. Sejahtera Buana Trada - Riau - suzukimobilriau.co.id 
  21. Elang Perkasa Motor di Sumatera Barat - suzukiepmsumbar.co.id
  22. Jaya Indah Motor di Jambi - suzukijambi.co.id
  23. Kangaroo Motor Mandiri di Bengkulu - suzukibengkulu.co.id
  24. Nusa Sarana Citra Bakti di Sumatera Selatan- suzukithamrin.co.id
  25. Jagorawi Motor d Bangka Belitung - suzukijagorawi.co.id
  26. Persada Lampungraya di Lampung - suzukilampung.co.id

Berita Lainnya