Tips & Trik

Mesin Mobil Bergetar Saat Diam, Apa Penyebabnya?

PUBLISHED DATE : 09 Februari 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/2__All_new_Ertiga_SS_FF_(2).jpg

Hal yang wajar jika mesin mobil bergetar saat diam ketika Anda menyalakan pertama kali. Namun jika mobil bergetar terus menerus menjadi salah satu indikator bahwa ada masalah pada mesin mobil. 

Penyebabnya sendiri bisa berbagai macam mulai dari setelah mesin yang bermasalah, ausnya karet kap mesin, sampai dengan busi. Bergetarnya mobil pada posisi idle ini tentu sangat mengganggu dan harus segera diperbaiki. 

10 Hal yang Menyebabkan Mesin Mobil Bergetar Saat Diam 

Baca Juga : Mobil Tidak Bisa Distarter? Ternyata Ini Solusinya

Ciri utama bahwa getaran yang dihasilkan mesin bermasalah adalah dapat dirasakan hingga bangku penumpang. Seharusnya getaran yang terasa tidak sampai mengganggu kabin dan seluruh penumpang. 

Padahal posisi mobil ada di rpm rendah yang artinya mesin tidak sedang bekerja dengan keras. Anda perlu curiga bahwa ada masalah pada bagian mesin harus perlu dicek untuk diperbaiki. 

Apa saja yang harus dicek yang jadi penyebab utama mesin mobil bergetar saat diam? Langsung saja simak penjelasannya. 

  • Kerusakan Busi 

Baca Juga : Apa Penyebab Mobil Mogok dan Begini Pertolongan Pertamanya

Ukuran busi yang kecil memiliki peranan sangat penting dalam pembakaran. Tidak seperti motor, busi mobil jumlahnya lebih dari satu. Jika salah satu busi mengalami masalah akan membuat mesin mobil menjadi pincang. 

Mesin mobil yang pincang tersebut akan menimbulkan getaran cukup kencang. Artinya cek terlebih dahulu apakah busi mobil Anda bekerja dengan baik. Jika rusak, sebaiknya ganti yang baru. 

  • Masalah pada Engine Mounting 

Mesin mobil bergetar saat diam paling sering terjadi karena kerusakan pada engine mounting. Komponen yang satu ini bekerja untuk menahan mesin supaya selalu berada di posisinya dan stabil mengingat ketika terjadi kompresi getaran mesin sangat keras. 

Baca Juga : Transmisi Matic Tidak Mau Pindah Gigi? Ini Penyebabnya

Engine mounting yang sudah rusak artinya tidak bisa lagi mencengkeram getaran yang dihasilkan mesin. Getaran yang keras pun tidak bisa dihindari lagi oleh mobil. Kerusakan engine mounting yang dibiarkan akan menimbulkan korsleting. 

Kerusakan pada engine mounting bisa disebabkan oleh penggunaan mobil di medan yang ekstrim. Belum lagi usia engine mounting yang sudah terlalu lama dan sudah perlu penggantian. 

  • Piston Mobil Mulai Aus 

Sering mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi? Hati-hati piston mobil bisa aus dan jadi penyebab mesin mobil bergetar saat diam. Fungsi piston adalah untuk membuat mobil bisa terus berjalan pada gerak statis terus menerus. 

Ketika Anda memiliki gaya mengemudi yang ugal-ugalan maka akan membuat penurunan kinerja dari position di mesin mobil. Getaran pada mobil muncul karena piston sudah aus. 

Ausnya komponen piston ini hanya bisa diperbaiki dengan menggantinya. Padahal harga piston mobil sendiri tidak murah, jadi sebaiknya kendalikan cara mengemudi dengan baik. 

  • Karet yang Menahan Kap Mesin Keras

Setiap mesin mobil dilengkapi dengan karet untuk penahan mesin. Karet penyangga ini bekerja meredakan getaran di luar mesin. Ketika karet ini sudah keras atau aus maka kap mobil tidak bisa tertutup sempurna. 

Karet ini memiliki usia pakai karena seringnya terkena panas dari mesin membuatnya cepat keras dan menipisi. Jadi getaran tersebut juga bisa disebabkan oleh kap mesin yang tidak bisa tertutup rapat. 

Ketika Anda mengecek karet penahan sudah menipis sebaiknya ganti yang baru. Karena bisa jadi inilah sumber penyebab utamanya. 

  • Shockbreaker Mengalami masalah 
Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya