Tips & Trik

Mengenal Lebih Dalam RPM Mobil

PUBLISHED DATE : 02 September 2023

RPM Mobil

Bagian-bagian mesin, seperti poros engkol, piston, katup, dan sistem pembakaran lainnya berpotensi mengalami stres yang berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan mesin terjadi lebih cepat.

Lantas, apa yang harus dilakukan apabila Anda lalai mengontrol RPM dan berujung merusak mesin? Segera bawa mobil ke bengkel untuk mendapatkan saran perbaikan dari tenaga ahli. Misalnya, jika mobil Anda diproduksi oleh Suzuki, jangan ragu kunjungi bengkel resmi Suzuki.

2. Konsumsi Bahan Bakar yang Tinggi

Apa arti RPM tinggi? RPM tinggi menunjukkan performa mesin yang bekerja lebih keras. Jumlah putaran mesin mobil per menit melampaui batas ideal yang direkomendasikan produsen.

RPM mobil yang tinggi biasanya memerlukan lebih banyak bahan bakar untuk menjaga mesin beroperasi pada kecepatan tersebut. Situasi ini mengakibatkan konsumsi bahan bakar juga menjadi lebih tinggi, yang pada gilirannya akan mengurangi efisiensi mobil.

Penggunaan bahan bakar secara berlebihan tidak hanya membuat biaya operasional lebih tinggi, tetapi juga berdampak buruk pada lingkungan akibat emisi gas buang yang lebih besar.

Berapa RPM Normal pada Mobil?

RPM ideal berkisar antara 2.000 RPM hingga 3.000 RPM. Rentang ini biasanya berlaku untuk kondisi berkendara sehari-hari dan berbagai situasi normal, seperti berkendara di perkotaan atau di jalan raya dengan kecepatan sedang.

Baca Juga : Pemahaman Korosi Kapal: Pengaruh dan Solusi Terbaik

Penting untuk diingat bahwa nilai RPM yang ideal dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, seperti jenis mesin, tipe transmisi (manual atau otomatis), gaya berkendara, dan kondisi jalan.

Beberapa mobil memiliki rentang RPM optimal yang sedikit lebih tinggi atau lebih rendah dibandingkan mobil lain. RPM normal bukan berarti RPM rendah, angka yang ideal tergantung pada desain mesin dan karakteristiknya.

 

Selalu referensikan manual book untuk mengetahui rentang RPM mobil yang paling cocok dalam berbagai situasi. Anda juga bisa memantau tachometer saat berkendara agar bisa menemukan kisaran RPM yang paling nyaman dan efisien.

 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya