Tips & Trik

Mengenal Lebih Dalam RPM Mobil

PUBLISHED DATE : 02 September 2023

RPM Mobil

Mengukur RPM melibatkan pemantauan dan pengaturan putaran mesin kendaraan pada tingkat yang sesuai dengan berbagai situasi berkendara. Berikut ini cara-cara untuk memastikan RPM yang ideal, yaitu:

1. Lihat Tachometer

Sebagian besar kendaraan dilengkapi dengan tachometer, sebuah instrumen di dashboard yang menunjukkan RPM saat ini. Jarum pada tachometer akan menunjukkan posisi RPM mesin saat sedang dikemudikan.

2. Pelajari Rentang Optimal

Setiap kendaraan memiliki rentang RPM yang optimal untuk berbagai situasi. Misalnya, rentang RPM saat akselerasi cepat akan berbeda dengan rentang untuk berkendara santai.

RPM artinya jumlah putaran mesin per menit, yang berpengaruh terhadap kecepatan kendaraan. Anda bisa menemukan informasi tentang rentang RPM yang direkomendasikan oleh produsen dalam manual book kendaraan.

3. Ketahui Posisi Gigi

Penting untuk mengetahui posisi gigi saat ini apabila kendaraan Anda memiliki transmisi manual. Atur gigi kendaraan sesuai dengan kecepatan dan intensitas akselerasi yang diinginkan.

Saat berpindah gigi, pastikan RPM turun setelah menginjak kopling dan sebelum mengganti gigi. Hal ini akan membantu memastikan transisi berjalan lancar.

4. Perhatikan Suara dan Getaran

Baca Juga : 11 Tips Mudik Lebaran Hemat 2023 Menggunakan Kendaraan Pribadi

Mesin yang beroperasi pada RPM optimal akan menghasilkan suara halus dan getaran terkendali. Jika Anda merasa mesin terdengar kasar atau getarannya tidak normal, hal ini bisa menunjukkan bahwa RPM mobil sedang terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Apakah semakin tinggi RPM semakin bagus? Tentu saja, tidak. RPM memiliki rentang yang optimal, tidak tinggi maupun rendah.

5. Perhatikan Indikator Efisiensi Bahan Bakar

Beberapa kendaraan modern dilengkapi dengan indikator efisiensi bahan bakar yang dapat membantu Anda menemukan rentang RPM ideal untuk menghemat bahan bakar. Indikator ini seringkali menunjukkan kapan harus mengubah gigi untuk efisiensi tertinggi.

Dampak RPM Tinggi

RPM mobil tinggi dapat memiliki dampak negatif dalam berbagai aspek. Berikut ini dua dampak utama dari RPM tinggi, yaitu:

1. Kerusakan Mesin

Salah satu dampak utama dari RPM yang terlalu tinggi adalah potensi kerusakan mesin. Saat mesin bekerja pada RPM yang melebihi batas ideal, komponen mesin bisa mengalami tegangan berlebihan dan keausan lebih cepat.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya