Tips & Trik

Mengenal Kapal Kontainer Serta Jenis Yang Ada di Dunia

PUBLISHED DATE : 24 Oktober 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/23723259_s.jpg

Sebagai kapal berjenis kontainer generasi pertama tentunya memiliki kecepatan yang sangat lambat yaitu sekitar 18-20 knot. Biasanya peti kemas hanya diletakkan pada bagian deck utama yang sudah dikonversi.

  • Kapal Kontainer Generasi Kedua

Pemakaian peti kemas mulai banyak digunakan sejak awal tahun 1970-an. Semenjak itu barulah pembangunan kapal diprioritaskan sepenuhnya untuk pengangkutan peti kemas. Seluruh ruangan yang ada pada kapal digunakan untuk menumpuk kontainer bahkan di bawah deck sekalipun.

Crane pada kapal mulai tidak digunakan karena tujuan utamanya sudah didedikasikan untuk kapal peti. Kecepatan kapal generasi kedua ini sudah mengalami peningkatan, yaitu mencapai 20-25 knot. 

  • Kapal Kontainer Generasi Ketiga

Tahun 1980-an perdagangan dunia mulai berkembang pesat, oleh sebab itu dibangun kapal peti dengan ukuran yang lebih besar.

Kapal container di tahun ini sudah mencapai batas panamax dengan kapasitas 4000 TEUs. Gerbong serbaguna generasi ketiga ini bertahan sampai 10 tahun.

  • Kapal Kontainer Generasi Keempat

Kapal pada generasi keempat yaitu post panamax 1 dan panama 2. Pada tahun 1988 telah muncul APL C10 4500 TEUs yang mampu melampaui batas 32 m dan memiliki lebar 2 meter terusan panama. Kemudian, pada tahun 1966 muncul post panamax baru dengan ukuran TEUs 6.600.

  • Kapal Kontainer Generasi Kelima

New Panamax adalah kapal berjenis kontainer generasi kelima, telah dirancang khusus dengan memakai dimensi baru terusan panama yang baru saja selesai pada tahun 2016. 

New Panamax memiliki kapasitas 12.500 TEU dan mampu berlayar ke Eropa, Amerika serta Karibia.

  • Kapal Kontainer Generasi Keenam

Tahun 2006 muncul Post Panamax III dan Triple E dengan kapasitas sebesar 11.000-14.500 TEUs.

Kapal ini didesain dengan terusan panama lebih luas di tahun 2013 dan dapat memuat beban hingga 18.000 TEUs. Selain itu, kapal ini telah berlayar dari Asia hingga Eropa. 

Jenis-Jenis Peti Kemas Yang Ada di Dunia

Saat ini ada banyak jenis container ship yang beroperasi di dunia. Beberapa di antaranya bisa Anda temukan dalam informasi berikut.

  • Ultra Large Container Vessel

Kapal ini memiliki panjang 397 m, lebar 56 m dengan kapasitas 15.000 TEU. Kapal Ultra Large Container Vessel kecepatannya melampaui batas New Panamax Class.

  • Convertible Container Ship

Convertible Ship merupakan jenis kapal kontainer yang ada di Indonesia. Seluruh bagian kapal dapat digunakan sebagai kargo biasa dan kontainer. Kapal ini juga memiliki bentuk khusus yang dapat diubah fungsinya misalnya komponen Voyage to Voyage. 

  • Full Container Ship

Kapal ini berupa Single Purpose Ship yang bersifat ekonomis karena dapat digunakan dalam proses bongkar muat dalam waktu lebih cepat. Kapal ini dirancang khusus untuk mengangkut peti kemas dengan bentuk bertumpuk vertikal ke atas. 

Kapal akan menurunkan peti kemas pada tempat yang telah tersedia. Tempat peti kemas dirancang dengan bentuk sel palka dengan cara ditumpuk dalam susunan vertikal ke atas tepat pada geladak utamanya. Full Container Ship merupakan jenis kapal peti yang ada di Indonesia. 

  • Kapal Cosco Shipping Universe

Kapal peti kemas yang dibangun oleh China State Shipbuilding Corporation pada tahun 2018. Kapal ini memiliki kapasitas 21.237 TEU, panjang 400 meter dengan lebar 58,6 meter. Kapal cosco merupakan kapal peti kemas terbesar dari Tiongkok. 

  • OOCL Hongkong

Kapal raksasa peti kemas ini dirancang oleh perusahaan Orient Overseas Container Line dengan ukuran sebesar 21.000 TEU.

Kapal OOCL Hongkong memiliki kapasitas 21.413 TEU yang panjangnya 399,87 meter. Kapal ini memiliki lebar 58,8 meter dengan kedalaman 32,5 meter.

OOCL Hongkong melayani jalur dagang dari Asia Timur menuju Eropa Utara. Latar belakang dibangunnya kapal karena adanya Perjanjian Dagang Bebas antara Hongkong dengan beberapa negara Asean.

  • Mol Truth
Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya