Tips & Trik

Mengenal Kapal Kontainer Serta Jenis Yang Ada di Dunia

PUBLISHED DATE : 24 Oktober 2021

23723259 S

Menurut Alphaliner seorang penulis sekaligus juru bicara OOIL mengatakan, saat ini sudah banyak sekali kapal peti kemas yang tersebar diseluruh dunia.

Jumlah kapal tersebut sudah mencapai 5.992 unit atau persentase sebanyak 11%. Total kapasitas angkutnya mencapai 21 juta TEU dan tonase 260 juta dwt. 

Kapal tersebut beroperasi dengan sistem General Cargo Ship dan melayani rute tertentu atau pola liner untuk beberapa negara.

Untuk kapal yang berukuran lebih kecil digunakan sebagai pengumpan, baik dari daerah pedalaman maupun luar pedalaman yang berada di terminal kapal utama. 

Kapal ini dinamakan gearless yang kecepatannya sangat tinggi, yaitu mencapai 25 knot. Gearless dapat melakukan pelayaran dengan jarak sangat jauh sekalipun. Oleh sebab itu kapal jenis ini hanya dikemudikan oleh tenaga yang handal dan profesional.

Jenis kapal ini sebenarnya sudah lama digunakan. Seiring berjalannya waktu, kapal mengalami evolusi dengan ukuran yang semakin besar dan dilengkapi teknologi canggih. 

Baca Juga : Waktu Untuk Penggantian Oli Mesin Kapal dan Manfaatnya

Melalui teknologi tersebut, kapal bisa mengangkut segala beban berat dengan sangat efektif dan efisien.

Kapal peti kemas yang baru saja dirilis sebagai generasi terakhir saja memiliki panjang hingga 400 meter dan memiliki lebar 55 meter. Mesin kapal tersebut beratnya mencapai 2.300 ton dengan berat propeller sebesar 130 ton, bahkan bridge dan ruang mesin dibangun dengan desain 21 lantai sekaligus. 

64919783_s

Evolusi Kapal Peti Kemas

Hingga saat ini, kapal berjenis kontainer sudah masuk generasi ke-6 sejak awal dibangun. Kapal tersebut memang sudah mengalami perkembangan pesat seiring berjalannya waktu. Berikut beberapa tahap evolusinya yang perlu Anda ketahui.

  • Kapal Kontainer Generasi Pertama

Kapal kontainer generasi pertama ini diberi nama onboard crane atau yang biasa dikenal geared. Pada era tersebut, ada banyak pelabuhan yang tidak dilengkapi dengan crane. Crane sendiri merupakan alat yang digunakan untuk menangani peti kemas.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya