Tips & Trik

Mengenal Highway Hypnosis Saat Mudik & Cara Mencegahnya

PUBLISHED DATE : 29 April 2023

Highway Hypnosis (1)

Pada dasarnya, fenomena ini terjadi ketika otak pengemudi beralih ke mode "pilot otomatis" sebagai respons terhadap kebosanan atau kelelahan.

Dalam kondisi ini, Anda mungkin merasa seperti telah "terbangun" setelah berkendara beberapa kilometer tanpa benar-benar menyadari perjalanan yang telah ditempuh.

Hal ini menunjukkan bahwa Anda tidak sepenuhnya fokus pada mengemudi, sehingga meningkatkan risiko kecelakaan.

Bahaya Highway Hypnosis

Fenomena ini bisa menyebabkan berbagai bahaya bagi pengemudi dan pengguna jalan lainnya. Beberapa bahaya tersebut meliputi:

 

  • Reaksi yang Lambat

 

Saat mengalami fenomena ini, Anda mungkin bereaksi lambat terhadap situasi yang memerlukan respon cepat, seperti kendaraan yang berhenti mendadak atau pejalan kaki yang menyeberang jalan.

Jika terus terjadi, kondisi ini berpotensi menyebabkan kecelakaan. Padahal, kecelakaan masih dapat dihindari jika pengemudi lebih waspada.

 

  • Kecelakaan

 

Kondisi trance yang dialami dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas, baik tabrakan dengan kendaraan lain maupun keluar jalur.

 

Baca Juga : Jangan Sampai Salah, Ini Cara Menggunakan Kunci Roda Mobil yang Benar

Pengemudi yang mengalami fenomena ini mungkin tidak menyadari perubahan kondisi lalu lintas atau tanda-tanda bahaya, seperti jalanan yang licin atau berlubang, sehingga meningkatkan risiko kecelakaan.

 

  • Kehilangan Kontrol Kendaraan

 

Jika Anda mengalami highway hypnosis, Anda bisa bisa kehilangan kendali atas mobil, misalnya saat perlu menghindari rintangan atau benda yang jatuh di jalan.

 

Kehilangan kendali kendaraan juga dapat terjadi jika Anda tidak mampu mempertahankan kecepatan yang aman atau mengikuti pola lalu lintas yang ada.

 

  • Kelelahan

 

Pengemudi yang mengalami fenomena ini mungkin merasa lebih lelah setelah berkendara, karena otak mereka tidak sepenuhnya fokus pada tugas mengemudi.

Kelelahan ini bisa berdampak negatif pada saat Anda berkendara dan meningkatkan risiko kesalahan saat berkendara.

 

  • Stres dan Kecemasan

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya