Tips & Trik

Mengatasi Masalah Pada Kendaraan Ketika Musim Hujan

PUBLISHED DATE : 28 September 2023

SIS Sept Blog 12 (1) (1)

Berikut merupakan penjelasan lebih lanjut yang dapat Anda baca supaya dapat tetap menjaga kondisi mobil. Pastikan masalah kendaraan pada musim hujan dapat teratasi dengan baik!

  • Meningkatnya Kelembaban Ruang Kabin Mobil

Musim hujan cukup identik dengan nuansa yang lembab. Hal tersebut juga yang menjadi masalah untuk kendaraan Anda, yaitu meningkatnya kelembaban ruang kabin mobil.

Ketika hujan sudah mulai sering melanda, maka bisa jadi kabin mobil menjadi lembab, bau, dan lebih kotor dari biasanya.

Umumnya, masalah kendaraan pada musim hujan yang satu ini disebabkan oleh masuknya tetesan hujan ke dalam bagian kabin.

Air hujan dan berbagai debu lainnya dapat memasuki kabin ketika Anda membuka pintu mobil di tengah kondisi hujan. Selain itu, ketika Anda memasuki mobil dalam keadaan basah, maka percikan air hujan pun dapat semakin mengotori kabin.

Hal tersebut memang seringkali tidak dapat dicegah, karena bisa jadi Anda perlu tetap beraktivitas meski di tengah hujan.

Baca Juga : Strategi Terbaik Menata Barang di Motor

Maka dari itu, jangan lupa untuk membersihkan mobil setelah digunakan dalam kondisi hujan. Bersihkan bagian-bagian kabin mobil yang basah atau kotor, supaya tidak menimbulkan berbagai masalah lainnya.

  • Munculnya Jamur di Permukaan Eksterior Mobil

Selain tentang kelembaban, masalah kendaraan pada pada musim hujan yang umum terjadi yaitu terkait pertumbuhan jamur.

Perlu diketahui bahwa air hujan mengandung asam yang dapat memicu munculnya pertumbuhan jamur. Selain itu, ketika melintasi kawasan hujan, maka tidak jarang ada berbagai jenis kotoran yang dapat menempel di permukaan eksterior mobil.

Jamur dapat muncul atau tumbuh di berbagai area, mulai dari kaca mobil hingga bagian body mobil. Tentu saja, hal ini dapat sangat mengganggu kebersihan mobil serta kenyamanan penggunanya.

Jika mobil Anda kotor setelah berkendara di tengah hujan, lalu tidak segera dibersihkan, maka dapat semakin meningkatkan potensi berjamur. Kotoran yang telah mengering, juga dapat menyebabkan munculnya bau tidak sedap.

Maka dari itu, segera bersihkan mobil Anda setelah berkendara di tengah hujan atau melintasi medan bekas hujan.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Spion Mobil

Tips Mengatur Posisi Spion Mobil

Keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah posisi spion mobil yang seharusnya diatur sebaik mungkin. Jika Anda sering berken...

selengkapnya