Tips & Trik

Mengapa Test Drive Sangat Penting Sebelum Membeli Mobil?

PUBLISHED DATE : 17 Mei 2023

Manfaat Test Drive

Setiap orang tentu memiliki kriteria khusus dalam memilih suatu kendaraan, sesuai dengan kebutuhan maupun preferensinya. Dengan melihat dan merasakan langsung performanya, maka Anda bisa memilih mobil yang paling tepat sesuai keinginan.

 

  • Meminimalkan Risiko Kesalahan Pemilihan

 

Terakhir, test drive juga membantu Anda menilai apakah mobil tersebut sudah memenuhi ekspektasi atau tidak. Jika mobil tersebut tidak sesuai dengan keinginan, maka dapat beralih ke tipe lainnya untuk meminimalkan risiko salah pilih.

Tips dan Trik Saat Melakukan Test Drive

Setelah mengetahui apa saja manfaatnya, ketahui pula apa saja tips dan trik penting saat menguji suatu kendaraan secara langsung di dealer. Sebagai panduan, berikut ini beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan.

 

  • Lakukan Riset Terlebih Dahulu

 

Riset adalah hal terpenting sebelum melakukan apapun, termasuk test drive. Sebelum mengunjungi dealer, sebaiknya cari tahu dan pilih terlebih dahulu 2-3 unit mobil yang akan dijadikan sebagai pilihan untuk dites.

 

  • Jadwalkan Janji dengan Pihak Dealer

 

Sebaiknya, hubungi dealer atau produsen mobil sejak jauh-jauh hari untuk membuat janji test drive. Hal ini penting untuk memastikan bahwa mobil yang ingin diuji tersedia pada waktu yang ditentukan.

 

  • Cek Kondisi Mobil Terlebih Dahulu

Baca Juga : Teknik Cruise Control: Mengoptimalkan Kecepatan Mobil

 

Sesuai dengan salah satu manfaat test drive yaitu memeriksa mobil secara lebih dekat, maka sebaiknya cek kondisi fisiknya terlebih dahulu sebelum mulai dikendarai. Hal ini penting untuk memastikan kualitasnya memang sesuai ekspektasi.

 

  • Pilih Rute yang Sering Anda Lalui

 

Setelah mengecek kondisi fisik, saatnya mengendarai mobil untuk menguji performa. Sebaiknya, pilihlah rute yang sering Anda lalui sehari-hari sebagai gambaran penggunaan riil jika nantinya mobil tersebut jadi dibeli.

 

  • Pilih Berbagai Variasi Rute

 

Selain memilih rute yang sering dilalui, pastikan juga untuk memilih berbagai variasi rute, termasuk tanjakan, turunan, atau jalan rusak. Ini penting untuk memastikan bahwa mobil tersebut mampu melalui kondisi jalan yang berbeda-beda.

 

  • Bandingkan dengan Mobil Lainnya

 

Saat melakukan test drive, jangan hanya terpatok pada satu unit mobil saja. Cobalah bandingkan dengan mobil lain yang sejenis untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing unit.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya