Tips & Trik

Mengapa Test Drive Sangat Penting Sebelum Membeli Mobil?

PUBLISHED DATE : 17 Mei 2023

Manfaat Test Drive

Membeli mobil baru bukanlah hal mudah. Sebab, ada banyak hal penting yang perlu dipertimbangkan seperti merek, tampilan, tipe, harga, hingga fiturnya. Di sinilah manfaat test drive sebagai sesi untuk menguji mobil sebelum Anda membelinya.

Dengan melakukan test drive, Anda bisa merasakan dan mengevaluasi kenyamanan, kinerja, dan fitur mobil yang akan Anda beli. Selain itu, masih banyak lagi manfaat lainnya yang bisa diperoleh melalui sesi test drive.

Namun agar sesinya berjalan optimal, sebaiknya ketahui pula apa saja tips dan trik penting saat menguji sebuah mobil secara langsung di dealer. Untuk itu, simak informasi lebih rinci terkait test drive melalui artikel ini.

Apa yang Dimaksud dengan Test Drive?

Pada dasarnya, test drive adalah satu sesi untuk memberikan kesempatan mengendarai mobil kepada calon pembeli yang disediakan dealer atau produsen. Umumnya, sesi ini dilakukan pada mobil baru untuk menguji performanya sebelum dibeli.

Saat melakukan test drive, calon pembeli akan diberikan kesempatan untuk mengendarai mobil dalam waktu yang telah ditentukan oleh dealer. Selama pengujian, calon pembeli dapat menguji performa mobil dalam berbagai aspek, seperti akselerasi, fitur, dan lain sebagainya.

Setelah sesi pengujian berakhir, maka calon pembeli dapat membuat keputusan apakah ingin membeli mobil tersebut atau tidak. Selain itu, ada pula beberapa dealer yang menawarkan test drive gratis dalam event tertentu sebagai bagian dari promosi.

Manfaat Test Drive: Mengapa Penting Untuk Dilakukan?

manfaat_test_drive_suzuki

Sumber: Asset Suzuki

Lalu, mengapa test drive penting untuk dilakukan sebelum memutuskan membeli sebuah mobil? Hal ini karena banyaknya manfaat yang bisa Anda peroleh, diantaranya yaitu sebagai berikut.

 

  • Membantu Mengenal Mobil Secara Lebih Dekat

 

Pertama-tama, test drive membantu Anda melihat dan mengenal mobil secara lebih dekat, baik dari segi eksterior maupun interiornya. Anda dapat merasakan langsung kenyamanan, kinerja, serta fitur-fitur yang tersedia pada mobil tersebut.

 

  • Memperoleh Pengalaman Berkendara

 

Manfaat test drive selanjutnya adalah untuk memberikan pengalaman berkendara kepada calon pembeli. Sehingga, Anda dapat merasakan dan mengetahui apakah mobil tersebut cocok dengan gaya berkendara Anda atau tidak.

 

  • Kesempatan Bertanya Langsung kepada Pihak Dealer

 

Baca Juga : Cek Sebelum Berkendara! Cara Terhindar Dari Kendala Di Laut

Pada sesi test drive, calon pembeli akan didampingi oleh sales dari pihak dealer. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk bertanya tentang seluruh aspek terkait mobil tersebut, terutama hal-hal yang belum tercantum di spesifikasi.

 

  • Kesempatan Melihat Demo Langsung dari Pihak Dealer

 

Selain memperoleh kesempatan bertanya, Anda juga dapat melihat langsung demo dari sales jika dibutuhkan. Misalnya jika terdapat fitur baru yang membingungkan, maka sales akan membantu memberi contoh cara mengoperasikannya.

 

  • Mengetahui Kekurangan dan Kelebihan Mobil

 

Manfaat test drive lainnya yang tak kalah penting adalah membantu pembeli mengetahui kekurangan dan kelebihan suatu kendaraan. Sebab setiap mobil tentu memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing sebagai pertimbangan.

 

  • Membantu Memilih Mobil Sesuai Kebutuhan dan Preferensi

 

Setiap orang tentu memiliki kriteria khusus dalam memilih suatu kendaraan, sesuai dengan kebutuhan maupun preferensinya. Dengan melihat dan merasakan langsung performanya, maka Anda bisa memilih mobil yang paling tepat sesuai keinginan.

 

  • Meminimalkan Risiko Kesalahan Pemilihan

 

Terakhir, test drive juga membantu Anda menilai apakah mobil tersebut sudah memenuhi ekspektasi atau tidak. Jika mobil tersebut tidak sesuai dengan keinginan, maka dapat beralih ke tipe lainnya untuk meminimalkan risiko salah pilih.

Tips dan Trik Saat Melakukan Test Drive

Setelah mengetahui apa saja manfaatnya, ketahui pula apa saja tips dan trik penting saat menguji suatu kendaraan secara langsung di dealer. Sebagai panduan, berikut ini beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan.

 

  • Lakukan Riset Terlebih Dahulu

 

Riset adalah hal terpenting sebelum melakukan apapun, termasuk test drive. Sebelum mengunjungi dealer, sebaiknya cari tahu dan pilih terlebih dahulu 2-3 unit mobil yang akan dijadikan sebagai pilihan untuk dites.

 

  • Jadwalkan Janji dengan Pihak Dealer

 

Sebaiknya, hubungi dealer atau produsen mobil sejak jauh-jauh hari untuk membuat janji test drive. Hal ini penting untuk memastikan bahwa mobil yang ingin diuji tersedia pada waktu yang ditentukan.

 

  • Cek Kondisi Mobil Terlebih Dahulu

 

Sesuai dengan salah satu manfaat test drive yaitu memeriksa mobil secara lebih dekat, maka sebaiknya cek kondisi fisiknya terlebih dahulu sebelum mulai dikendarai. Hal ini penting untuk memastikan kualitasnya memang sesuai ekspektasi.

 

  • Pilih Rute yang Sering Anda Lalui

 

Setelah mengecek kondisi fisik, saatnya mengendarai mobil untuk menguji performa. Sebaiknya, pilihlah rute yang sering Anda lalui sehari-hari sebagai gambaran penggunaan riil jika nantinya mobil tersebut jadi dibeli.

 

  • Pilih Berbagai Variasi Rute

 

Selain memilih rute yang sering dilalui, pastikan juga untuk memilih berbagai variasi rute, termasuk tanjakan, turunan, atau jalan rusak. Ini penting untuk memastikan bahwa mobil tersebut mampu melalui kondisi jalan yang berbeda-beda.

 

  • Bandingkan dengan Mobil Lainnya

 

Saat melakukan test drive, jangan hanya terpatok pada satu unit mobil saja. Cobalah bandingkan dengan mobil lain yang sejenis untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing unit.

 

  • Coba Rasakan Duduk di Berbagai Posisi

 

Selanjutnya, pastikan untuk mencoba berbagai posisi duduk, mulai dari kursi pengemudi hingga penumpang. Hal ini penting untuk memastikan kenyamanan saat berkendara.

 

  • Coba Gunakan Seluruh Fitur yang Tersedia

Baca Juga : Hal-Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Sepeda Motor Baru

 

Terakhir, jangan lupa mencoba seluruh fitur yang tersedia semaksimal mungkin. Mulai dari fitur-fitur seperti sistem audio, koneksi bluetooth, sistem navigasi, hingga fitur-fitur keamanan seperti kamera atau sensor parkir.

Pertanyaan Penting untuk Diajukan Saat Test Drive

Salah satu manfaat test drive yaitu sebagai kesempatan bertanya langsung kepada pihak dealer. Berikut ini beberapa pertanyaan penting yang perlu Anda ajukan saat melakukan pengujian mobil:

 

  • Apa Saja Spesifikasi Teknisnya?

 

Pastikan untuk mengetahui rincian informasi teknis seperti jenis mesin, tenaga kuda, torsi, transmisi, dan konsumsi bahan bakar mobil tersebut. Hal ini penting untuk memastikan mobilnya sesuai dengan kebutuhan berkendara Anda.

 

  • Bagaimana Performa Mobil dalam Berbagai Kondisi Jalan?

 

Anda perlu mengetahui apakah mobil tersebut mampu mengatasi berbagai kondisi jalan, seperti saat melintasi tanjakan, turunan, jalan rusak, atau jenis medan lainnya. Sebab tidak semua mobil terasa nyaman saat melalui medan yang sulit.

 

  • Bagaimana Efisiensi Konsumsi Bahan Bakarnya?

 

Efisiensi bahan bakar adalah hal penting dalam memilih mobil, terutama bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan sering bepergian jauh. Sebab terkadang ada mobil yang fiturnya bagus tapi ternyata boros bahan bakar.

 

  • Apa Saja Kekurangan Mobil Tersebut?

 

Jangan hanya berfokus pada kelebihan dari mobil tersebut. Jangan lupa juga untuk menanyakan apa saja poin kekurangannya, seperti masalah efisiensi bahan bakar, kelengkapan fitur, akselerasi, dan lain sebagainya.

 

  • Apakah Mobil Ini Dapat Digunakan dalam Jangka Panjang?

 

Terakhir, pastikan apakah mobil tersebut masih layak digunakan dalam jangka panjang hingga beberapa tahun ke depan. Pertanyaan ini sangat penting bagi Anda yang memiliki rencana untuk menggunakan mobil dalam jangka waktu lama.

Karena pentingnya manfaat test drive bagi calon pembeli, maka pastikan untuk melakukan sesi terlebih dahulu agar dapat memilih mobil yang tepat. Kini, Anda juga bisa menjadwalkan sesi uji di dealer Suzuki secara online melalui page test drive berikut.

Berita Lainnya

Busi Motor2

Tips Merawat Busi Motor

Merawat busi motor adalah salah satu rutinitas berkala yang wajib Anda lakukan, sebab peran busi pada motor krusial untuk menjaga performa mesin tetap stabil. Jika Anda menggunakan...

selengkapnya