Tips & Trik

Mengapa Cat Mobil Bisa Kusam? Cek Penyebabnya

PUBLISHED DATE : 17 September 2018

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Ignis.jpg

Mobil yang tampak kusam menjadi salah satu faktor yang mengurangi estetika penampilan kendaraan. Tampilan kusam memperlihatkan seolah-oleh pemilik kendaraan tidak peduli dengan mobil yang ditungganginya. 

Cat yang memudar memang salah satu penyebab mengapa tampilan mobil kusam. Tapi apa penyebab cat mobil kusam? Lalu kotoran seperti apa yang mampu menyebabkan warna cat memudar? 

Supaya Anda lebih rutin merawat mobil sebaiknya kenali apa saja penyebab cat tampak kusam berikut ini. 

  1. Debu menempel dan menebal dalam waktu lama

Baca Juga : Jangan Nyalakan Fog Lamp di Malam yang Cerah, Ini Bahayanya!

Jarang mencuci mobil? Inilah penyebab utama mengapa debu akan menempel pada permukaan cat dalam waktu yang lama. Padahal debu berbentuk partikel yang jadi penyebab utama cat mobil cepat pudar dan kusam. 

Debu yang menempel dan menebal juga bisa menimbulkan gores atau baret karena partikelnya seperti pasir. Ditambah lagi jika kondisi udara sedang lembab akan membuat debu tebal menjadi lengket. 

    2. Terkena getah pohon

Memarkirkan kendaraan di bawah pohon yang rindang ketika sedang bepergian sudah jadi kebiasaan yang umum dilakukan. Tapi tahukah Anda jika getah pohon yang menempel pada mobil terjadi maka akan merusak cat mobil. 

Baca Juga : Tidak Mau Radiator Mobil Bermasalah? Ikuti Cara Merawatnya

Getah yang sudah mengering sangat sulit untuk dibersihkan. Sebaiknya segera cek setelah memarkirkan kendaraan di bawah pohon apakah terdapat getah yang masih basah. Jika iya, segera bersihkan dengan air dan keringkan. 

    3. Penggunaan cover mobil yang salah

Demi melindungi mobil dari terik matahari dan debu Anda mungkin saja menggunakan cover mobil. Sayangnya penggunaan yang salah justru akan membuat warna cat mobil jadi tambah kusam. 

Misalnya saja ketika posisi sedang hujan. Sifat cover yang masih tembus air, sehingga bisa membuat air serta kelembaban terjebak di permukaan bodi mobil. Bahayanya bahkan bukan hanya cat kusam, tetapi juga menimbulkan jamur. 

    4. Pengaruh air garam dan asam

Baca Juga : Apa Itu Body Repair Mobil? Ini Fungsi dan Manfaatnya

Penyebab lainnya cat mobil kusam  juga bisa berasal dari air dengan kandungan garam atau asam. Hal ini sering terjadi bagi Anda yang tinggal di area pantai atau sering bepergian ke daerah tersebut.  

Hindari juga menggunakan air yang kadar asamnya tinggi saat mencuci kendaraan kesayangan Anda. Ketika cat terkena air tersebut akan menimbulkan oksidasi dengan udara serta sinar matahari. Karat dan tampilan kusam akan cepat muncul 

    5. Terlalu sering dijemur

Alasan mengapa Anda harus menyediakan garasi atau carport untuk tempat mobil bukan hanya mempertimbangkan dari segi keamanan saja. Ketika panas terik matahari terus menerus mengenai bodi mobil, maka akan membuat tampilannya semakin kusam. 

Panas dari matahari adalah alasan utama mengapa lapisan cat mobil mengelupas. Paparan sinar tersebut membawa sinar infra merah serat sinar ultraviolet. Kandungan inilah yang jadi penyebab utama mengapa cat mobil cepat rusak. 

    6. Air hujan yang tak segera dibersihkan

Baik itu air biasa atau air hujan tidak boleh dibiarkan terlalu lama menempel di permukaan bodi mobil. Air hujan merupakan jenis air yang sifatnya asam dan bisa menimbulkan jamur. Bahkan pada bagian kaca mobil bisa tampak kusam. 

Air yang mengering dengan sendirinya pada permukaan cat mobil juga akan membuat munculnya bekas air. Bekas ini akan sulit dihilangkan dan perlu dibersihkan secara berulang dengan pemolesan. Artinya permukaan cat perlu dikikis untuk menghilangkan bekas tersebut. 

    7.Salah menggunakan bahan poles

Sama halnya dengan salah memilih sabun mobil, bahan poles juga harus diperhatikan jenisnya. Ada beberapa bahan poles yang mengandung bahan abrasif sehingga merusak permukaan cat mobil. Contohnya saja compound. 

Anda mungkin menggunakan compound untuk menghilangkan baret pada mobil. Tapi compound sendiri ada banyak jenis dan beberapa di antaranya memiliki sifat abrasif yang tinggi. Salah menggunakan compound justru membuat baret lebih parah dan cat menjadi kusam. 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya