Tips & Trik

Memahami Kelebihan dan Kekurangan Jenis Kaca Film Mobil

PUBLISHED DATE : 19 Mei 2023

Kaca Film Mobil

Dengan kaca film mobil, Anda dapat menghemat pemakaian bahan bakar sebanyak 10-20%. Hal itu dikarenakan kaca film dapat menjaga kondisi suhu di dalam mobil.

Selanjutnya, Anda dapat menghemat penggunaan AC dan akan berpengaruh pada penghematan bahan bakar mobil.

 

  • Fungsi Estetika

jenis_kaca_film_mobil

Sumber: pixabay

Sebagai salah satu aksesori, kaca film memiliki fungsi estetika atau sebagai penunjang penampilan mobil Anda. Selain disesuaikan dengan fungsi keamanan dan kenyamanannya, Anda dapat menyesuaikan jenis kaca sesuai dengan tampilan mobil Anda.

Warna kaca yang dipilih dapat dipadukan dengan warna bodi mobil. Hal ini dapat membuat mobil Anda akan terlihat lebih elegan untuk menemani perjalanan Anda.

Jenis Kaca Film Mobil

Setelah mengetahui berbagai fungsinya, Anda dapat membayangkan fungsi apa saja yang Anda butuhkan. Selanjutnya, Anda dapat memilih jenis kaca film sesuai kebutuhan. Berikut merupakan jenis kaca film yang dapat menjadi pilihan Anda.

 

  • Visible Light Transmittance (VLT)

 

Jenis pertama, yakni kaca film VLT. Kaca jenis ini dapat meneruskan cahaya dari luar ke dalam mobil. Jika menggunakan kaca ini, situasi dan kondisi di luar mobil dapat Anda lihat dengan jelas dari dalam.

Meski terlihat dari dalam, tenang saja, orang yang berada di luar tidak bisa melihat ke dalam mobil. Hal ini dapat memberikan privasi untuk pengguna mobil.

Baca Juga : Sudah Tahu? Begini Cara Menyetir Mobil Saat PSBB

Namun, untuk Anda yang merasa risih dengan paparan sinar matahari yang menyengat, kaca ini mungkin bukan pilihan yang tepat.

Jika Anda ingin menjaga kulit atau interior mobil dari sinar matahari, mungkin jenis kedua dapat menjadi pilihan Anda.

 

  • Ultraviolet Rejection (UVR)

 

Berbeda dengan jenis kaca film mobil sebelumnya, kaca UVR ini dapat membatasi sinar ultraviolet yang masuk ke dalam mobil.

Jika Anda risih dengan panas matahari ketika berkendara, kaca ini dapat menjadi pilihan yang bagus. Anda juga dapat mencegah memudarnya bagian dalam mobil Anda, karena paparan sinarnya lebih sedikit.

Terdapat berbagai jenis kaca UVR yang dapat Anda pilih. Jenis tersebut tergantung dari persentase penyaringan cahayanya. Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

 

  • Infrared Reflectance (IRR)

 

Selanjutnya, yakni kaca film IRR. Kaca ini memiliki kegunaan untuk mencegah sinar inframerah. Sinar inframerah tersebut berasal dari cahaya matahari.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya