Tips & Trik

Lengkap, Ini Dia Cara Memperpanjang SIM C untuk Motor

PUBLISHED DATE : 15 April 2021

Untitled 2

Website ini memberikan fasilitas berupa kemudahan bagi masyarakat yang ingin membuat atau memperpanjang SIM. Anda bisa menggunakan website ini jika tidak memiliki waktu untuk berkunjung ke gerai SIM, kantor Satpas, ataupun SIM keliling.

Biaya Perpanjang SIM

Apakah memperpanjang SIM akan dikenakan biaya tambahan? Sama halnya saat membuat SIM baru, pemerintah menetapkan besaran biaya yang harus dibayarkan saat melakukan perpanjangan SIM. Setiap tipe SIM memiliki besaran harga yang berbeda-beda.

Untuk biaya perpanjang SIM C sendiri hanya sekitar 75 ribu saja. Jumlah ini bisa berubah tergantung dengan daerahnya atau peraturan pemerintah. 

Cara Perpanjang SIM

Setelah mengetahui beberapa poin penting yang perlu disiapkan saat perpanjang SIM motor, Anda perlu mengetahui bagaimana cara yang tepat saat memperpanjangnya. Berikut cara melakukan perpanjangan SIM C yang perlu Anda ketahui.

  1. Melalui Kantor Satpas

Baca Juga : Apa Itu Kick Starter? Ini Fungsi dan Manfaatnya

Salah satu tempat yang bisa Anda tuju saat akan memperpanjang SIM adalah kantor Satpas. Untuk Anda yang ingin melakukan perpanjangan di kantor Satpas, berikut cara yang bisa Anda ikuti.

  • Lengkapi dokumen yang diminta terlebih dahulu sebelum Anda berangkat ke kantor Satpas. Dokumen yang perlu Anda bawa adalah SIM asli, KTP asli, dan fotocopy dari keduanya.
  • Setelah itu, Anda bisa pergi ke kantor Satpas terdekat dan segera menuju ke loket pendaftaran atau penerimaan dokumen perpanjangan SIM.
  • Lalu Anda bisa melanjutkan ke loket penerimaan dan menyerahkan dokumen persyaratan yang diminta.
  • Setelah itu Anda perlu pergi ke loket produksi guna melakukan identifikasi yang meliputi tes sidik jari, foto, dan tanda tangan.
  • Tunggu sekitar 30 menit hingga proses pencetakan SIM baru selesai.
  1. Melalui Website SIM Online

Cara memperpanjang SIM motor yang selanjutnya adalah melalui website SIM online. Bagi Anda yang ingin melakukan perpanjangan melalui website, silahkan mengikuti tata cara berikut ini.

  • Melakukan pendaftaran data diri asli di Website Registrasi SIM online.
  • Setelah itu lakukan pembayaran terlebih dahulu di bank terdekat.
  • Jika sudah, Anda perlu melakukan tes pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu untuk memenuhi persyaratan.
  • Setelah itu, kunjungi Satpas, Gerai, maupun fasilitas SIM keliling untuk pengambilan foto, tanda tangan dan sidik jari Anda.
  • Terakhir, Anda hanya perlu menunggu dan mengambil SIM yang sudah diperpanjang.

Pada dasarnya, cara perpanjangan online ini tidak jauh berbeda dengan perpanjangan secara online. Perbedaannya hanya terletak pada waktu untuk melakukan tes kesehatan dan verifikasi identitas. Jika memperpanjang secara online, Anda sendiri yang akan menentukan waktunya.

Demikianlah cara perpanjang SIM C yang bisa Anda terapkan. Sebaiknya perpanjangan SIM ini dilakukan sebelum SIM Anda mati sehingga tidak perlu membuat SIM baru lagi.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya