Tips & Trik

Lengkap, Ini Dia Cara Memperpanjang SIM C untuk Motor

PUBLISHED DATE : 15 April 2021

Untitled 2

Sebagai pengguna motor, SIM C merupakan salah satu kelengkapan berkendara yang wajib Anda miliki. Surat Izin Mengemudi ini wajib dimiliki oleh setiap pengendara yang sudah cukup umur. Dalam penggunaannya SIM C memiliki batas kadaluarsanya, jadi Anda perlu memperpanjang SIM C jika sudah melewati batas ini.

Untuk bisa mendapatkan SIM, Anda juga perlu melewati beberapa tes terlebih dahulu. Namun jika ini sudah dalam tahap perpanjangan, tesnya tidak akan begitu sulit.

Apa Itu SIM?

Surat Izin Mengemudi atau SIM merupakan pengenal dan surat izin yang wajib dimiliki oleh setiap pengendara kendaraan bermotor. Dengan memilikinya, hal ini membuktikan jika orang yang bersangkutan bisa mengemudikan kendaraan bermotor dan mengetahui aturan-aturan dalam berkendara.

Surat Izin Mengemudi tidak hanya digunakan sebagai bukti kemampuan berkendara saja, namun juga bisa digunakan sebagai data diri milik pengemudi. 

Surat izin ini memiliki level yang berbeda-beda sesuai dengan jenis kendaraan yang digunakan. Berbeda dengan KTP yang berlaku seumur hidup, SIM memiliki masa berlaku yang cukup singkat yakni lima tahun saja, setelah itu perpanjangan masa berlakunya perlu dilakukan. 

Dalam memperpanjang SIM, Anda perlu melengkapi beberapa persyaratan terlebih dahulu. Syarat perpanjangan ini tidak sebanyak saat Anda mengajukan SIM untuk pertama kali. Perpanjangan SIM sendiri harus dilakukan sebelum tanggal jatuh tempo.

Syarat Memperpanjang SIM

Baca Juga : Jangan Panik, Ini Penyebab Motor Mati Seperti Kehabisan Bensin

Pada dasarnya syarat memperpanjang SIM C tidak terlalu sulit ataupun lama, Anda hanya membutuhkan beberapa berkas saja. Pihak Kepolisian telah menetapkan aturan mudah saat memperpanjang Surat Izin Mengemudi. Kemudahan ini bisa didapatkan apabila perpanjangan dilakukan pada waktu yang tepat.

Perpanjangan SIM ini bisa dilakukan secara offline dan online. Pada dasarnya perpanjangan setiap Surat Izin Mengemudi ini memiliki persyaratan yang hampir sama. Berikut syarat perpanjang SIM C yang perlu Anda siapkan.

  • Surat Izin Mengemudi asli yang akan diperpanjang
  • Fotokopi Surat Izin Mengemudi dan Kartu Tanda Penduduk sebanyak dua lembar.
  • Surat keterangan sehat dari dokter atau puskesmas sebagai bukti bahwa Anda sehat jasmani.
  • Mengambil dan mengisi formulir perpanjangan SIM C.
  • Menyelesaikan tes psikologi. Sama seperti saat membuat SIM baru, Anda harus bisa lulus tes psikologi sebagai syarat pengajuan perpanjangan SIM C.
  • Melakukan pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak SIM di bank terdekat.

Seluruh perlengkapan dokumen di atas hanya berlaku apabila Anda melakukan perpanjangan saat SIM masih berlaku. Jika Anda melakukannya setelah masa berlaku SIM habis, maka dokumen tersebut sudah tidak berlaku lagi dan Anda harus membuat SIM baru.

Kapan Perpanjangan SIM Harus Dilakukan?

Waktu yang paling tepat untuk memperpanjang SIM adalah saat masa berlaku SIM tersebut masih ada. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan tanggal kadaluarsa SIM tersebut, agar tidak terlambat saat memperpanjangnya.

Untuk mengetahui tanggal berlaku SIM tersebut, Anda bisa melihat bagian kanan pojok bawah tepat di bawah foto. 

3.webp

Tempat Perpanjangan SIM

Tempat untuk memperpanjang SIM saat ini tidak hanya di kantor polisi saja. Pemerintah telah memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin memperpanjang SIM dengan menyediakan tempat-tempat perpanjang SIM motor sebagai berikut ini.

  • SIM Keliling

Pertama, Anda bisa memperpanjang SIM di tempat fasilitas SIM keliling. SIM keliling merupakan sebuah fasilitas pelayanan milik Polri yang diberikan kepada masyarakat berupa mobil khusus untuk melayani perpanjangan SIM.

Umumnya, setiap daerah di Indonesia sudah menerapkan sistem pelayanan ini. Fasilitas SIM keliling ini sudah memiliki waktu dan tempat yang terjadwal. Anda bisa melihat jadwalnya melalui web kepolisian daerah masing-masing.

  • Kantor Satpas

Kantor Satpas merupakan kantor pelayanan milik Kepolisian Republik Indonesia yang ditugaskan untuk mengurus segala hal terkait dengan dokumen lalu lintas termasuk perpanjangan SIM. 

Tidak hanya memperpanjang saja, tempat ini juga menerima pelayanan seperti pembuatan SIM, pengurusan SIM yang hilang, dan perubahan kesalahan data pada SIM.

  • Gerai SIM

Gerai SIM ini memiliki konsep yang hampir sama dengan SIM keliling. Bedanya, gerai SIM ini tidak berkeliling, melainkan berupa tempat yang didirikan di beberapa lokasi khusus. Umumnya gerai SIM terletak di lokasi yang cukup ramai agar lebih mudah ditemukan.

  • Website

Tempat terakhir yang bisa Anda kunjungi untuk memperpanjang SIM adalah website resmi yang telah disediakan. SIM online merupakan sebuah website atau situs yang dimiliki oleh Polri.

Website ini memberikan fasilitas berupa kemudahan bagi masyarakat yang ingin membuat atau memperpanjang SIM. Anda bisa menggunakan website ini jika tidak memiliki waktu untuk berkunjung ke gerai SIM, kantor Satpas, ataupun SIM keliling.

Biaya Perpanjang SIM

Baca Juga : Kinclong, Ini Cara Mengkilapkan Mesin Motor Dengan Praktis

Apakah memperpanjang SIM akan dikenakan biaya tambahan? Sama halnya saat membuat SIM baru, pemerintah menetapkan besaran biaya yang harus dibayarkan saat melakukan perpanjangan SIM. Setiap tipe SIM memiliki besaran harga yang berbeda-beda.

Untuk biaya perpanjang SIM C sendiri hanya sekitar 75 ribu saja. Jumlah ini bisa berubah tergantung dengan daerahnya atau peraturan pemerintah. 

Cara Perpanjang SIM

Setelah mengetahui beberapa poin penting yang perlu disiapkan saat perpanjang SIM motor, Anda perlu mengetahui bagaimana cara yang tepat saat memperpanjangnya. Berikut cara melakukan perpanjangan SIM C yang perlu Anda ketahui.

  1. Melalui Kantor Satpas

Salah satu tempat yang bisa Anda tuju saat akan memperpanjang SIM adalah kantor Satpas. Untuk Anda yang ingin melakukan perpanjangan di kantor Satpas, berikut cara yang bisa Anda ikuti.

  • Lengkapi dokumen yang diminta terlebih dahulu sebelum Anda berangkat ke kantor Satpas. Dokumen yang perlu Anda bawa adalah SIM asli, KTP asli, dan fotocopy dari keduanya.
  • Setelah itu, Anda bisa pergi ke kantor Satpas terdekat dan segera menuju ke loket pendaftaran atau penerimaan dokumen perpanjangan SIM.
  • Lalu Anda bisa melanjutkan ke loket penerimaan dan menyerahkan dokumen persyaratan yang diminta.
  • Setelah itu Anda perlu pergi ke loket produksi guna melakukan identifikasi yang meliputi tes sidik jari, foto, dan tanda tangan.
  • Tunggu sekitar 30 menit hingga proses pencetakan SIM baru selesai.
  1. Melalui Website SIM Online

Cara memperpanjang SIM motor yang selanjutnya adalah melalui website SIM online. Bagi Anda yang ingin melakukan perpanjangan melalui website, silahkan mengikuti tata cara berikut ini.

  • Melakukan pendaftaran data diri asli di Website Registrasi SIM online.
  • Setelah itu lakukan pembayaran terlebih dahulu di bank terdekat.
  • Jika sudah, Anda perlu melakukan tes pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu untuk memenuhi persyaratan.
  • Setelah itu, kunjungi Satpas, Gerai, maupun fasilitas SIM keliling untuk pengambilan foto, tanda tangan dan sidik jari Anda.
  • Terakhir, Anda hanya perlu menunggu dan mengambil SIM yang sudah diperpanjang.

Pada dasarnya, cara perpanjangan online ini tidak jauh berbeda dengan perpanjangan secara online. Perbedaannya hanya terletak pada waktu untuk melakukan tes kesehatan dan verifikasi identitas. Jika memperpanjang secara online, Anda sendiri yang akan menentukan waktunya.

Demikianlah cara perpanjang SIM C yang bisa Anda terapkan. Sebaiknya perpanjangan SIM ini dilakukan sebelum SIM Anda mati sehingga tidak perlu membuat SIM baru lagi.

Berita Lainnya