Tips & Trik

Bisa di Rumah Aja, Ini Cara Membersihkan Jok Mobil

PUBLISHED DATE : 19 April 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Xl7_(74).jpg

Sudahkah Anda memperhatikan perawatan jok mobil? Apakah cara membersihkan jok mobil yang selama ini Anda lakukan sudah benar? Jok mobil adalah bagian dari kabin mobil yang peranannya sangat penting. 

Fungsi utama dari jok mobil adalah memberikan kenyamanan bagi penumpang dan juga sopir. Perawatan menjadi kegiatan yang perlu diperhatikan pada jok, bukan hanya saat mencuci mobil saja. 

Cara Membersihkan Jok Mobil dengan Mudah secara Umum 

Merawat jok mobil adalah hal yang sebenarnya paling mudah, namun butuh jadwal rutin yang harus dilakukan pemilik mobil secara disiplin. Anda bisa membersihkan jok seminggu sekali atau dua minggu sekali tergantung dengan tingkat pemakaian. 

Baca Juga : Belajar Motor Lebih Baik Pakai Motor Gigi daripada Matik, Benarkah?

Semakin sering mobil digunakan apalagi dengan banyak penumpang, maka harus lebih sering dibersihkan. Jadi jangan menunggu saat mencuci mobil saja Anda baru membersihkan jok. Cara membersihkan jok mobil sendiri cukup sederhana yaitu sebagai berikut:

  1. Mempersiapkan alat pembersih

Anda harus siap sedia memiliki alat pembersih seperti vakum cleaner serta kain lap. Selain alat, siapkan juga bahan pembersih berupa cairan atau bahan poles. 

    2. Membersihkan kotoran serta debu

Pertama adalah menggunakan mesin vakum agar semua debu serta kotoran kering terangkat dari atas jok. Selain jok, Anda juga bisa menggunakan vakum untuk menyedot debu pada area kabin lainnya. 

    3. Membersihkan dengan cairan pembersih

Baca Juga : Pandangan Mengemudi Terganggu Saat Hujan? Pakai Cairan Ini!

Langkah terakhir adalah membersihkan jok memanfaatkan cairan pembersih dengan kain. Anda bisa mengelap seluruh bagian jok hingga bersih. 

Ketiga cara tersebut adalah rangkaian langkah umum yang bisa dilakukan ketika jok dalam keadaan bersih atau tidak terkena noda. 

cara_membersihkan_jok_mobil_kain

Tips and Trik Praktis Membersihkan Jok Mobil 

Baca Juga : Harus Tahu, Ini Cara Mengurus STNK Hilang dan Biayanya

Cara membersihkan jok mobil harus dilakukan dengan langkah yang tepat. Supaya jok mobil bersih dan tidak salah langkah ada tips dan trik praktis berikut ini yang bisa Anda lakukan.

  1. Mengetahui jenis bahan pelapis jok

Anda perlu tahu sebelum membersihkan jenis bahan apa yang digunakan. Karena masing-masing bahan membutuhkan cairan pembersih yang berbeda. Khususnya ketika jok memiliki noda. 

Ada beberapa jenis bahan pelapis jok mobil, yaitu jenis kulit yang harganya mahal dan cara membersihkannya lebih sedikit menyita perhatian. Jok kulit tidak boleh dibersihkan dengan minyak kayu putih dan cairan yang memiliki sifat melunturkan warna. Sedangkan jenis jok dengan pelapis vinyl adalah yang paling mudah dibersihkan, asalkan tidak dengan cara kasar. Bahan ini tetap harus diperlakukan dengan lembut. 

Terakhir adalah jenis bahan kain yaitu kain beludru atau tenun. Perlakuan jok dari bahan beludru atau tenun harus dibersihkan secara terpisah, tidak dalam keadaan terpasang. 

   2. Membersihkan noda tinta

Kapan saja jok mobil bisa kotor karena noda tinta. Noda ini hanya bisa dibersihkan pada jenis lapisan kain atau vinyl, sedangkan jok kulit tidak bisa dibersihkan. Tips membersihkannya adalah dengan cairan mengandung alkohol. 

Caranya cukup menggosok cairan tersebut dengan hati-hati pada bagian noda sampai hilang. Jika tidak memiliki cairan tersebut, Anda juga bisa menggantinya dengan hand sanitizer. 

   3. Membersihkan noda minyak 

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya