Tips & Trik

Bisa di Rumah Aja, Ini Cara Membersihkan Jok Mobil

PUBLISHED DATE : 19 April 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Xl7_(74).jpg

Selain noda tinta, jok juga terkadang terkena minyak dan warna dari jok akan terlihat berbeda. Jika dibiarkan terlalu lama, noda minyak akan menjadi sumber bau yang tidak sedap. 

Triknya adalah dengan menggunakan aseton. Cairan ini bisa diusapkan pada bagian noda minyak kemudian gosok dengan kain perlahan. 

Setelah digosok, Anda bisa menaburkan garam di atasnya untuk menyerap kandungan aseton dalam kain. Biarkan garam semalaman baru bersihkan dengan vakum esok harinya. 

Bagi Anda yang memiliki jok mobil dari bahan kulit perlu berhati-hati menggunakannya. Karena beberapa noda tidak bisa dihilangkan dengan mudah. 

Cara Membersihkan Jok Mobil dari Bahan Kain

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa jok bahan kain terdiri dari dua jenis. Cara membersihkan jok mobil kain tenun perlu dilakukan dengan berhati-hati. Karena kain tenun adalah jenis kain yang mudah rusak jika diperlakukan dengan kasar. 

Cara membersihkannya tidak perlu dilepas karena Anda bisa memanfaatkan sabun cuci piring. Berikut langkah yang bisa diikuti:

  1. Campurkan sabun cuci piring dengan air ke dalam botol semprotan. 
  2. Semprotkan cairan yang sudah dibuat ke area jok dengan jarak 20 cm. Kemudian gosok dengan sikat yang lembut. 
  3. Bersihkan bekas sabun pada kain menggunakan kain yang sudah direndam dalam air hangat. 

Berbeda lagi jika Anda menggunakan kain berbahan bludru, karena kain perlu dilepaskan terlebih dahulu. Kemudian rendam kain pada cairan sabun dengan air hangat. Bilas kain jok dan keringkan baru dipasang kembali. 

Cara Membersihkan Jok Mobil dari Bahan Vinyl

Jok yang menggunakan kain berbahan vinyl paling mudah dibersihkan karena permukaannya licin seperti plastik. Hanya saja Anda perlu menggunakan sikat halus ketika membersihkannya. 

Langkah membersihkannya bisa langsung menggunakan sabun yang dicampur air. Kemudian usapkan larutan sabun tersebut dengan sponge ke seluruh area jok. Jika sudah, Anda bisa menggunakan kain lap bersih atau handuk menghilangkan air sabun. 

Pastikan semua jok kering dan bebas dari air sabun sebelum digunakan. Jadi Anda bisa menggunakan handuk berulang kali sampai benar-benar bersih. 

Cara Membersihkan Jok Mobil dari Bahan Kulit 

Bahan kulit perlu perhatian ekstra dari pemiliknya agar bersih dan bebas noda. Ada deterjen khusus yang digunakan untuk membersihkan kulit. Langkah ini tak jauh berbeda ketika Anda membersihkan jaket kulit atau tas kulit. 

Pertama, bersihkan dengan mesin vakum. Kemudian usapkan deterjen khusus ke seluruh area jok mobil. Keringkan dengan kain halus di permukaan untuk menghilangkan cairan pembersih tersebut. 

Terakhir gunakan bahan poles kulit untuk membuat jok mobil tampak kinclong. Selain memiliki penampilan seperti baru, bahan poles juga membuat permukaan menjadi licin. Sehingga debu dan kotoran tidak mudah menempel pada jok mobil. 

Cara Mengatasi Jamur yang Muncul pada Jok Mobil 

Selain noda minyak atau tinta, jok yang dibiarkan lama kotor akan mudah ditumbuhi jamur. Bentuknya bisa bintik-bintik berwarna putih atau hitam sama seperti jamur pada kayu. Ada juga yang memiliki bulu halus di permukaannya. 

Bagaimana cara menghilangkan jamur di jok mobil? Anda perlu menggunakan cairan pembersih jamur khusus yang dibuat dari sabun cuci piring dan bahan pemutih pakaian. Buat cairan dengan perbandingan 1:1. 

Cara membersihkan jok mobil yang berjamur pertama-tama adalah menggunakan mesin vakum. Kemudian tuangkan cairan pembersih jamur ke permukaan jok dengan sponge dan gosok sampai jamur hilang. 

Terakhir jika jamur sudah hilang, bersihkan jok dengan kain microfiber atau handuk kering. Dengan begitu jamur akan hilang dan jangan lupa biarkan mobil terbuka agar udara membuat jok lebih kering. 

Cara membersihkan jok mobil ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah tanpa perlu ke salon mobil. Pastikan Anda mengikuti langkah yang benar sesuai dengan jenis bahan pelapis yang aman digunakan pada jok mobil. 

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya