Tips & Trik

Bisa di Rumah Aja, Ini Cara Membersihkan Jok Mobil

PUBLISHED DATE : 19 April 2021

Xl7 (74)

Kapan saja jok mobil bisa kotor karena noda tinta. Noda ini hanya bisa dibersihkan pada jenis lapisan kain atau vinyl, sedangkan jok kulit tidak bisa dibersihkan. Tips membersihkannya adalah dengan cairan mengandung alkohol. 

Caranya cukup menggosok cairan tersebut dengan hati-hati pada bagian noda sampai hilang. Jika tidak memiliki cairan tersebut, Anda juga bisa menggantinya dengan hand sanitizer. 

   3. Membersihkan noda minyak 

Selain noda tinta, jok juga terkadang terkena minyak dan warna dari jok akan terlihat berbeda. Jika dibiarkan terlalu lama, noda minyak akan menjadi sumber bau yang tidak sedap. 

Triknya adalah dengan menggunakan aseton. Cairan ini bisa diusapkan pada bagian noda minyak kemudian gosok dengan kain perlahan. 

Baca Juga : Kini Jadi Mudah, Begini Cara Bayar Pajak Mobil Online

Setelah digosok, Anda bisa menaburkan garam di atasnya untuk menyerap kandungan aseton dalam kain. Biarkan garam semalaman baru bersihkan dengan vakum esok harinya. 

Bagi Anda yang memiliki jok mobil dari bahan kulit perlu berhati-hati menggunakannya. Karena beberapa noda tidak bisa dihilangkan dengan mudah. 

Cara Membersihkan Jok Mobil dari Bahan Kain

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa jok bahan kain terdiri dari dua jenis. Cara membersihkan jok mobil kain tenun perlu dilakukan dengan berhati-hati. Karena kain tenun adalah jenis kain yang mudah rusak jika diperlakukan dengan kasar. 

Cara membersihkannya tidak perlu dilepas karena Anda bisa memanfaatkan sabun cuci piring. Berikut langkah yang bisa diikuti:

  1. Campurkan sabun cuci piring dengan air ke dalam botol semprotan. 
  2. Semprotkan cairan yang sudah dibuat ke area jok dengan jarak 20 cm. Kemudian gosok dengan sikat yang lembut. 
  3. Bersihkan bekas sabun pada kain menggunakan kain yang sudah direndam dalam air hangat. 

Berbeda lagi jika Anda menggunakan kain berbahan bludru, karena kain perlu dilepaskan terlebih dahulu. Kemudian rendam kain pada cairan sabun dengan air hangat. Bilas kain jok dan keringkan baru dipasang kembali. 

Cara Membersihkan Jok Mobil dari Bahan Vinyl

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya