Tips & Trik

Ketahui Perlengkapan Pembersih Mobil yang Wajib Anda Miliki

PUBLISHED DATE : 11 Mei 2023

Pembersih Mobil (1)

Fungsinya adalah sebagai tempat mencampurkan air dengan shampo mobil untuk kemudian disiramkan ke bagian mobil yang sulit dijangkau dengan selang. 

Anda bebas memiliki ember biasa yang terbuat dari plastik atau ember lipat, asalkan pilih yang berkualitas agar awet. Selain itu, pastikan kapasitas atau ukuran ember tersebut cukup memadai untuk membersihkan bagian mobil kesayangan Anda. 

 

  • Vacuum Cleaner

 

Perlengkapan berikutnya yang wajib dimiliki untuk membersihkan mobil adalah vacuum cleaner. Alat ini mampu menyedot debu dan kotoran lainnya di bagian lantai mobil, karpet, atau di bagian interior lainnya. 

Agar lebih praktis, sebaiknya gunakan vacuum cleaner yang berukuran kecil. Sebab, sifat penyedot debu yang portabel akan semakin memudahkan Anda untuk membersihkan bagian dalam mobil dimanapun dan kapanpun. 

Selain itu, pilihlah yang memiliki nozzle atau yang bagian mulut penghisapnya berbentuk pipih agar bisa lebih mudah lagi menjangkau setiap sudut mobil. 

 

  • Sikat Pembersih Interior

 

Selain vacuum cleaner, sikat pembersih interior mobil juga wajib Anda miliki. Ukuran sikat yang kecil mampu membersihkan bagian sudut mobil yang sempit dan sulit dijangkau oleh vacuum cleaner. 

Baca Juga : 4 Ciri Oli Gardan Motor Matic Sudah Habis

Namun, sebaiknya hati-hati saat menggunakan perlengkapan pembersih mobil yang satu ini agar tidak menggores interior mobil. 

 

  • Lap Pembersih

 

Alat yang satu ini digunakan di tahap akhir pencucian mobil untuk mengeringkan bagian jendela, dashboard, dan seluruh permukaan bodi mobil. 

Anda bisa menggunakan kain kanebo atau lap microfiber karena tidak akan membuat permukaan mobil dan bagian kaca menjadi lecet atau baret. Kain kanebo memiliki daya serap yang tinggi sehingga sangat dibutuhkan agar tidak ada sisa air yang menempel. 

Sebab, mobil yang dibiarkan basah tanpa dikeringkan terlebih dahulu akan meninggalkan noda bekas air mengering di bodi mobil. Selain itu, bahan kanebo yang lembut sangat cocok untuk digunakan sebagai lap pembersih baik pada eksterior maupun interior mobil. 

Sedangkan lap microfiber sangat cocok digunakan untuk mengelap bagian mobil yang memiliki tekstur tebal namun lembut. 

 

  • Semir Ban

 

Perlengkapan pembersih mobil lainnya yang wajib dimiliki adalah semir ban. Sesuai dengan namanya, alat yang satu ini digunakan khusus untuk membersihkan ban sekaligus membuatnya terlihat lebih mengkilap. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya