Tips & Trik

Ketahui Perlengkapan Pembersih Mobil yang Wajib Anda Miliki

PUBLISHED DATE : 11 Mei 2023

Pembersih Mobil (1)

Sebagai pengguna sudah seharusnya memiliki perlengkapan pembersih mobil yang lengkap di rumah. Pasalnya, dengan memiliki alat-alat yang lengkap akan membuat aktivitas membersihkan mobil menjadi semakin mudah. 

Tidak hanya mempercantik tampilan, beberapa komponen penting pada mobil pun akan memiliki masa pakai yang lebih panjang karena terhindar dari karat. Lalu, alat apa saja yang wajib ada di rumah untuk membersihkan mobil? Berikut daftarnya.  

Rekomendasi Perlengkapan Pembersih Mobil yang Praktis Digunakan Di Rumah

Dengan mencuci mobil di rumah tentunya akan lebih menghemat biaya dibandingkan menggunakan jasa cuci mobil di luaran. Selain itu, mobil juga akan terlihat lebih bersih karena setiap sudutnya akan mendapatkan perhatian ekstra dari sang pemilik. 

Untuk memudahkan, Anda butuh beberapa perlengkapan agar kegiatan mencuci mobil menjadi semakin menyenangkan. Berikut beberapa perlengkapan untuk membersihkan mobil yang wajib Anda miliki di rumah. 

 

  • Selang 

 

Perlengkapan pembersih mobil yang pertama dan wajib Anda miliki adalah selang. Fungsi dari alat yang satu ini adalah untuk memudahkan proses pencucian kendaraan karena bisa mengalirkan air ke bagian-bagian mobil yang sulit dijangkau. 

Misalnya saja di bagian bawah mobil dan roda. Dengan menggunakan selang Anda bisa bergerak dengan lebih leluasa untuk berpindah-pindah tempat saat mencuci mobil. 

Agar lebih awet, pilihlah selang air yang berkualitas dan memiliki panjang yang cukup supaya bisa mencapai semua bagian mobil yang ingin dibersihkan. 

 

  • Shampo Mobil 

 

Perlengkapan kedua yang harus dimiliki adalah shampo khusus untuk mobil. Ini diperlukan agar proses pencucian bisa lebih maksimal dibandingkan hanya menggunakan air saja. 

Sebab, alat pembersih mobil yang satu ini mampu mengangkat kotoran dan minyak yang menempel di permukaan mobil. 

Selain itu, dengan menggunakan shampo khusus mobil tidak akan membuat kualitas cat kendaraan Anda menurun serta tidak menimbulkan goresan (baret) pada bodi. 

Baca Juga : Jangan Sampai Salah Ukuran Saat Modifikasi Ban Motor!

 

  • Spon atau Busa Lembut

 

Agar proses pencucian mobil membuahkan hasil yang maksimal, Anda membutuhkan busa lembut atau spon. Alat yang satu ini memiliki daya serap tinggi sekaligus mampu menghasilkan busa yang melimpah dari shampo. 

Busa lembut ini juga tidak akan merusak cat mobil, tapi justru memudahkan Anda untuk membersihkan semua kotoran dan noda yang menempel di permukaan mobil. 

Agar proses membersihkan mobil bisa berlangsung cepat, pilihlah busa lembut yang ukuran dan ketebalannya pas dan sesuai dengan ukuran genggaman tangan Anda. 

 

  • Ember

 

Selain menggunakan selang air, perlengkapan pembersih mobil lainnya yang wajib dimiliki adalah ember. 

Fungsinya adalah sebagai tempat mencampurkan air dengan shampo mobil untuk kemudian disiramkan ke bagian mobil yang sulit dijangkau dengan selang. 

Anda bebas memiliki ember biasa yang terbuat dari plastik atau ember lipat, asalkan pilih yang berkualitas agar awet. Selain itu, pastikan kapasitas atau ukuran ember tersebut cukup memadai untuk membersihkan bagian mobil kesayangan Anda. 

 

  • Vacuum Cleaner

 

Perlengkapan berikutnya yang wajib dimiliki untuk membersihkan mobil adalah vacuum cleaner. Alat ini mampu menyedot debu dan kotoran lainnya di bagian lantai mobil, karpet, atau di bagian interior lainnya. 

Agar lebih praktis, sebaiknya gunakan vacuum cleaner yang berukuran kecil. Sebab, sifat penyedot debu yang portabel akan semakin memudahkan Anda untuk membersihkan bagian dalam mobil dimanapun dan kapanpun. 

Selain itu, pilihlah yang memiliki nozzle atau yang bagian mulut penghisapnya berbentuk pipih agar bisa lebih mudah lagi menjangkau setiap sudut mobil. 

 

  • Sikat Pembersih Interior

 

Selain vacuum cleaner, sikat pembersih interior mobil juga wajib Anda miliki. Ukuran sikat yang kecil mampu membersihkan bagian sudut mobil yang sempit dan sulit dijangkau oleh vacuum cleaner. 

Namun, sebaiknya hati-hati saat menggunakan perlengkapan pembersih mobil yang satu ini agar tidak menggores interior mobil. 

 

  • Lap Pembersih

 

Alat yang satu ini digunakan di tahap akhir pencucian mobil untuk mengeringkan bagian jendela, dashboard, dan seluruh permukaan bodi mobil. 

Anda bisa menggunakan kain kanebo atau lap microfiber karena tidak akan membuat permukaan mobil dan bagian kaca menjadi lecet atau baret. Kain kanebo memiliki daya serap yang tinggi sehingga sangat dibutuhkan agar tidak ada sisa air yang menempel. 

Sebab, mobil yang dibiarkan basah tanpa dikeringkan terlebih dahulu akan meninggalkan noda bekas air mengering di bodi mobil. Selain itu, bahan kanebo yang lembut sangat cocok untuk digunakan sebagai lap pembersih baik pada eksterior maupun interior mobil. 

Sedangkan lap microfiber sangat cocok digunakan untuk mengelap bagian mobil yang memiliki tekstur tebal namun lembut. 

 

  • Semir Ban

 

Perlengkapan pembersih mobil lainnya yang wajib dimiliki adalah semir ban. Sesuai dengan namanya, alat yang satu ini digunakan khusus untuk membersihkan ban sekaligus membuatnya terlihat lebih mengkilap. 

Semir ban ini kerap dimanfaatkan oleh pemilik mobil untuk memoles ban yang warnanya telah memudar dan mengalami retak-retak di bagian permukaan ban. 

Setelah dipoles dengan semir ban, bagian permukaannya akan terlihat seperti baru karena tampilan ban menjadi lebih mengkilap. 

 

  • Pembersih Kaca Portabel

 

Merupakan alat yang berguna dan bisa diandalkan untuk membersihkan kaca mobil, terutama setelah terkena air hujan atau baru saja disemprot dengan air. 

Dengan menggunakan alat pembersih kaca portabel ini setiap bagian kaca akan bersih secara maksimal tanpa menyisakan noda air sedikitpun. Bentuknya yang portabel dan bisa dilipat membuatnya mudah untuk dibawa dan digunakan kapan saja dibutuhkan. 

Baca Juga : Ini Dia Parameter Kendaraan Lolos Uji Emisi

Selain ampuh membersihkan kaca, alat pembersih kaca yang satu ini juga efektif untuk mencegah pertumbuhan jamur yang bisa membuat kaca terlihat buram. 

 

  •  Jet Cleaner

 

Salah satu alat yang mampu membersihkan mobil secara maksimal adalah jet cleaner. Mesin spray yang satu ini memiliki tekanan yang sangat kuat sehingga efektif digunakan untuk membersihkan bagian mobil yang sulit dijangkau. 

Misalnya, bagian dalam kap mesin, roda, serta bagian bawah atau kolong mobil. Dengan menggunakan mesin jet cleaner ini, dijamin kondisi mobil baik interior maupun bagian eksterior akan terlihat semakin bersih. 

 

  •  Spray Wax

 

Agar bagian bodi mobil yang telah dicuci terlihat lebih mengkilap, Anda perlu menyediakan spray wax. Merupakan pembersih dan pengkilap mobil berbentuk cairan yang berfungsi untuk menjaga kebersihan dan kilau permukaan bodi mobil. 

Cara menggunakan spray wax ini cukup dengan menyemprotkan ke permukaan mobil lalu mengelapnya menggunakan kain microfiber atau kanebo. 

Tidak hanya membuat bodi mobil terlihat berkilau, spray wax juga berguna untuk melindungi setiap bagian eksterior mobil dari pengaruh buruk cuaca. 

 

  •  Spray Pembersih Jok

 

Alat terakhir yang wajib Anda miliki untuk membersihkan mobil adalah spray pembersih jok. Merupakan cairan pembersih yang sangat efektif untuk membersihkan sekaligus melindungi bagian jok mobil dari berbagai noda dan kotoran. 

Dengan menggunakan spray pembersih ini, jok mobil Anda terutama yang berbahan kulit dan kain akan terlihat bersih dari noda seperti baru.  

Itulah berbagai alat yang wajib dimiliki ketika akan membersihkan mobil agar terlihat bersih dan mengkilap. Tentunya, semakin lengkap dan berkualitas peralatan mencuci mobil yang dimiliki maka semakin maksimal pula hasilnya.

Intinya, dengan rajin membersihkan tentunya akan memperpanjang umur kendaraan. Selain itu, rutin merawat mobil anda juga bisa memperpanjang umur kendaraan. Anda bisa kunjungi bengkel resmi atau hubungi layanan Halo Suzuki dan isi form service di situs resmi Suzuki.

Berita Lainnya

Blog 30 (1) (1) (1)

3 Mitos Seputar Pembiayaan Mobil

Membeli mobil secara kredit adalah salah satu cara umum untuk bisa membawa pulang mobil incaran Anda. Membeli mobil secara kredit bukanlah lagi hal yang aneh saat ini, bahkan selur...

selengkapnya