Tips & Trik

Ketahui Ini Fungsi Lampu Kota Pada Mobil

PUBLISHED DATE : 10 Desember 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/2__SCroos_(2).jpg

Ada banyak jenis lampu digunakan pada mobil, masing-masing memiliki cara menyalakan yang berbeda. Khusus untuk lampu kota cara menghidupkannya sangatlah mudah. 

Anda tinggal memutar headlight switch satu kali saja. Maka lampu akan langsung menyala. Biasanya headlight switch ini berada di bagian panel dashboard namun ada juga di stik kendali dekat setir. 

Cek apakah lampu sudah menyala atau belum dengan melihat posisinya. Switch akan terlihat tulisan off ketika mati, maka Anda bisa menyalakan dengan memutarnya. 

Apabila lampu kota mobil ternyata tidak menyala setelah memutar switch berarti ada beberapa masalah yang terjadi. Anda bisa mulai mengecek terjadinya kerusakan dengan beberapa cara. 

Pertama adalah memeriksa kabel pada bagian kotak sekering lampu. Kedua adalah dengan mengecek kualitas bohlam lampu dengan membuka dari belakang. 

Ketiga adalah mengecek switch di bagian belakang setir mobil. Keempat, Anda bisa memeriksa relay pada bagian kotak sekering. Lampu dapat mati kapan saja yang penyebabnya bisa ditemukan dengan mengecek bagian-bagian tersebut.

2._SCroos__1_(1)

Jenis-Jenis Lampu pada Mobil

Bukan hanya lampu senja saja yang harus Anda kenali, namun juga beberapa jenis lampu lainnya. Setiap lampu memiliki fungsi berbeda-beda, jika Anda mengetahui jenisnya maka akan lebih mudah menggunakan di saat yang tepat. 

Berikut ini penjelasan dari masing-masing jenis lampu yang ada di mobil. 

  • Lampu Dekat

Merupakan lampu utama yang berfungsi untuk menerangi area tepat di depan mobil. Namanya sendiri mencerminkan jarak penyinaran lampu yang cukup dekat dari mobil, biasanya tidak sampai 5 meter. 

Jaraknya yang dekat membuat lampu ini bisa dinyalakan dalam kondisi jalan yang cukup terang. 

  • Lampu Jauh

Disebut juga sebagai high beam, lampu ini fungsinya kurang lebih sama dengan lampu dekat. Hanya saja jangkauan pencahayaan dari lampu jauh mencapai 10 meter. Pengemudi bisa menjalankannya saat melalui jalan bebas hambatan yang minim cahaya. 

  • Lampu Kabut

Sesuai dengan namanya, lampu ini digunakan untuk melalui jalan berkabut. Letaknya ada di bagian bawah headlamp dan akan menyala kuning terang. Beberapa mobil bahkan sudah menggunakan dengan real fog lamp yang berwarna merah. 

  • Lampu Rem 

Letak dari lampu ini ada di bagian belakang mobil dan berfungsi untuk memberikan tanda ketika mobil mengerem. Nyala lampu berwarna merah akan semakin terang ketika pengemudi menginjak rem. 

Fungsinya ini akan memberikan isyarat kepada pengemudi di belakang untuk menurunkan kecepatannya. Sehingga tidak terjadi kecelakaan. Lampu warna merah ini juga akan terlihat terang saat siang hari. 

  • Lampu Sein dan Hazard

Pada bagian belakang dan depan disematkan lampu sein dan hazard. Lampu sein sendiri berfungsi untuk memberikan sinyal pada pengemudi lain. Sinyalnya adalah kendaraan hendak berbelok ke arah tersebut. 

Sedangkan lampu hazard akan menyala warna kuning dan berkedip di sisi kanan, kiri, depan, belakang mobil. Nyala lampu ini menandakan terjadi tanda bahaya atau mobil sedang berhenti karena rusak. 

  • Lampu Mundur

Pada bagian belakang mobil juga terdapat lampu mundur  yang akan menyala ketika tuas transmisi di posisi mundur. Lampu akan menyala otomatis dengan warna kuning keputihan. 

  • Lampu Kabin

Terakhir adalah lampu kabin yang ada di langit-langit interior mobil. Fungsinya adalah untuk menerangi kabin di malam hari. Lampu yang bagus adalah berwarna kuning redup sehingga ketika dinyalakan tidak mengganggu pandangan pengemudi. 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya