Tips & Trik

Ketahui Ini Fungsi Lampu Kota Pada Mobil

PUBLISHED DATE : 10 Desember 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/2__SCroos_(2).jpg

Setiap kendaraan selalu dilengkapi dengan lampu yang akan menerangi pengemudi di jalan yang gelap atau berkabut. Mobil ternyata memiliki banyak jenis lampu termasuk lampu kota. 

Masing-masing lampu memiliki fungsi berbeda dan wajib diketahui oleh pengemudi. Apa saja jenis lampunya dan bagaimana cara menyalakannya, Anda bisa menyimaknya terlebih dahulu. 

Apa Itu Lampu Kota pada Mobil dan Fungsinya 

Disebut juga sebagai lampu senja atau clearance light karena lampu ini hanya dinyalakan saat mulai senja hari. Banyak yang mengartikan lampu kota berbeda-beda.

Ada yang menganggapnya sebagai lampu jarak karena digunakan untuk menentukan lebar suatu kendaraan. Ada juga yang menyebutnya sebagai lampu kecil karena intensitas cahaya yang dihasilkan cenderung lebih rendah. 

Secara umum lampu senja adalah lampu posisi, jika ada di bagian depan disebut front position lamp dan bagian belakang rear position lamps atau tail lamps

Pada beberapa jenis kendaraan khusus selain mobil bahkan ada yang ditempatkan pada bagian samping. Yakni di sisi kanan dan kiri dekat roda depan dan disebut dengan side position lamp. 

Sesuai dengan namanya, lampu kota adalah jenis lampu yang hanya dihidupkan pada saat mengemudi di area kota. Tidak hanya mobil saja, motor juga telah dilengkapi lampu kota dan wajib dinyalakan. 

Fungsi lampu kota ada beberapa macam yang wajib diketahui pengemudi agar tidak salah dalam menghidupkannya. 

  • Menandakan Posisi Kendaraan 

Tidak semua jalan satu arah, ada beberapa jalan yang memiliki dua bahkan tiga ruas jalan. Pada siang hari atau di cuaca cerah Anda akan lebih mudah mengenali posisi setiap kendaraan. 

Kondisi normal tersebut membuat Anda dapat terhindar dari kendaraan lain dan tidak mengalami kecelakaan. Namun ketika cuaca buruk maka lampu kota wajib dinyalakan. 

Pengemudi akan kesulitan melihat posisi kendaraan lain di cuaca berkabut atau malam tanpa ada lampu jalan. Anda pun sebagai pengemudi dapat menghindari dari kendaraan lain dan menjaga jarak yang aman. 

Setiap jarak pandang dirasa terbatas, demi keamanan nyalakanlah clearance light ini. Sehingga posisi Anda dapat diketahui oleh pengemudi lain. Anda pun jadi tahu posisi kendaraan di lajur kanan, kiri atau berlawanan arah. 

  • Menandakan Panjang serta Lebar Kendaraan

Lampu kota berfungsi sebagai pengukur lebar dan panjang sebuah kendaraan. Ukuran mobil Anda jadi lebih mudah dikenali pengemudi lain. Begitu juga dengan kendaraan seperti truk dan bus yang lebih besar. 

Perlu dipasang lampu tambahan yang memudahkan siapa saja mengetahui ukuran kendaraan ketika berkendara di waktu yang gelap. Khususnya soal panjang bodi yang jadi bahan pertimbangan ketika kendaraan menyalip. 

Anda dapat dengan mudah memperkirakan berapa jarak yang harus ditempuh dengan kecepatan tertentu ketika ingin mendahului. Hal ini penting diperhatikan supaya tidak terjadi kecelakaan. 

  • Menandakan Arah Laju Kendaraan 

Fungsi yang selanjutnya adalah sebagai penanda ke mana arah laju sebuah kendaraan. Front position lamp selalu memiliki warna putih karena dipasang bersama lampu kepala (headlamp). 

Hanya dengan memperhatikan lampu warna ini, pengemudi lain tahu bahwa kendaraan sedang melaju di arah yang berlawanan. Sedangkan pada tail lamps lampu berwarna merah. 

Lampu ini juga akan menyala lebih terang lagi ketika rem diinjak. Pengemudi lainnya akan paham ketika melihat lampu berwarna merah pada kendaraan, karena artinya arahnya sama dengan kendaraan yang dikemudikan. 

Cara Menghidupkan Lampu Kota Mobil 

Ada banyak jenis lampu digunakan pada mobil, masing-masing memiliki cara menyalakan yang berbeda. Khusus untuk lampu kota cara menghidupkannya sangatlah mudah. 

Anda tinggal memutar headlight switch satu kali saja. Maka lampu akan langsung menyala. Biasanya headlight switch ini berada di bagian panel dashboard namun ada juga di stik kendali dekat setir. 

Cek apakah lampu sudah menyala atau belum dengan melihat posisinya. Switch akan terlihat tulisan off ketika mati, maka Anda bisa menyalakan dengan memutarnya. 

Apabila lampu kota mobil ternyata tidak menyala setelah memutar switch berarti ada beberapa masalah yang terjadi. Anda bisa mulai mengecek terjadinya kerusakan dengan beberapa cara. 

Pertama adalah memeriksa kabel pada bagian kotak sekering lampu. Kedua adalah dengan mengecek kualitas bohlam lampu dengan membuka dari belakang. 

Ketiga adalah mengecek switch di bagian belakang setir mobil. Keempat, Anda bisa memeriksa relay pada bagian kotak sekering. Lampu dapat mati kapan saja yang penyebabnya bisa ditemukan dengan mengecek bagian-bagian tersebut.

2._SCroos__1_(1)

Jenis-Jenis Lampu pada Mobil

Bukan hanya lampu senja saja yang harus Anda kenali, namun juga beberapa jenis lampu lainnya. Setiap lampu memiliki fungsi berbeda-beda, jika Anda mengetahui jenisnya maka akan lebih mudah menggunakan di saat yang tepat. 

Berikut ini penjelasan dari masing-masing jenis lampu yang ada di mobil. 

  • Lampu Dekat

Merupakan lampu utama yang berfungsi untuk menerangi area tepat di depan mobil. Namanya sendiri mencerminkan jarak penyinaran lampu yang cukup dekat dari mobil, biasanya tidak sampai 5 meter. 

Jaraknya yang dekat membuat lampu ini bisa dinyalakan dalam kondisi jalan yang cukup terang. 

  • Lampu Jauh

Disebut juga sebagai high beam, lampu ini fungsinya kurang lebih sama dengan lampu dekat. Hanya saja jangkauan pencahayaan dari lampu jauh mencapai 10 meter. Pengemudi bisa menjalankannya saat melalui jalan bebas hambatan yang minim cahaya. 

  • Lampu Kabut

Sesuai dengan namanya, lampu ini digunakan untuk melalui jalan berkabut. Letaknya ada di bagian bawah headlamp dan akan menyala kuning terang. Beberapa mobil bahkan sudah menggunakan dengan real fog lamp yang berwarna merah. 

  • Lampu Rem 

Letak dari lampu ini ada di bagian belakang mobil dan berfungsi untuk memberikan tanda ketika mobil mengerem. Nyala lampu berwarna merah akan semakin terang ketika pengemudi menginjak rem. 

Fungsinya ini akan memberikan isyarat kepada pengemudi di belakang untuk menurunkan kecepatannya. Sehingga tidak terjadi kecelakaan. Lampu warna merah ini juga akan terlihat terang saat siang hari. 

  • Lampu Sein dan Hazard

Pada bagian belakang dan depan disematkan lampu sein dan hazard. Lampu sein sendiri berfungsi untuk memberikan sinyal pada pengemudi lain. Sinyalnya adalah kendaraan hendak berbelok ke arah tersebut. 

Sedangkan lampu hazard akan menyala warna kuning dan berkedip di sisi kanan, kiri, depan, belakang mobil. Nyala lampu ini menandakan terjadi tanda bahaya atau mobil sedang berhenti karena rusak. 

  • Lampu Mundur

Pada bagian belakang mobil juga terdapat lampu mundur  yang akan menyala ketika tuas transmisi di posisi mundur. Lampu akan menyala otomatis dengan warna kuning keputihan. 

  • Lampu Kabin

Terakhir adalah lampu kabin yang ada di langit-langit interior mobil. Fungsinya adalah untuk menerangi kabin di malam hari. Lampu yang bagus adalah berwarna kuning redup sehingga ketika dinyalakan tidak mengganggu pandangan pengemudi. 

Ketika Anda mengamati terjadi masalah pada lampu kota atau lampu mobil lainnya, sebaiknya jangan biarkan terlalu lama. Kerusakan bisa bertambah parah tanpa perbaikan lebih dini. 

Anda tinggal datang saja ke bengkel resmi Suzuki untuk mendapatkan pengecekan secara detail. Berikut ini beberapa lokasi bengkel Suzuki resmi yang bisa Anda datangi. 

  1. Solo Indonesia Utama (SIU) di Solo, www.suzukisurakarta.co.id 
  2. Sejahtera Sunindo Trada( SST) di Semarang, www.suzukitradajateng.co.id 
  3. Sumber Baru Aneka Motor (SBAM) di Yogyakarta, www.suzukisumberbaru.co.id 
  4. United Motor Centre (UMC) di Surabaya, www.suzukiumc.co.id 
  5. Sejahtera Buana Trada (SBT) di Surabaya, www.suzukitradajatim.co.id 
  6. United Indo Bali (UIB) di Bali, www.suzukibali.id 
  7. Nusantara Jaya Sentosa (NJS) di Bandung, www.suzukinjs.co.id 
  8. Arindo Gedong Jembar (AGJ) di Tegal, www.suzukiarindo.co.id 
  9. Cinta Damai Putra Bahagia (CDPB) di Cirebon, www.suzukicintadamai.co.id 
  10. Sejahtera Sumberbaru Trada (SSBT) di Malang, ww.suzukidealerkalimalang.id 
  11.  Sejahtera Armada Trada (SAT) di Depok, www.suzukimargondadepok.co.id 
  12.  Sumber Baru Aneka Mobil (SBAM) di Jakarta, www.suzukisbam.co.id 
  13.  Duta Cendana Adimandiri (DCA) di Jakarta, www.suzukidutacendana.co.id 
  14.  Dwiperkasa Mobiltama (DPM) di Tangerang, www.suzukidwiperkasa.co.id 
  15.  Armada Perkasa Mobilindo (APM) di Jakarta, www.suzukiarmada.co.id 
  16.  Handijaya Buana Trada (HJBT)  di Jakarta, www.suzukigunungsahari.co.id 
  17.  Sejahtera Buana Trada (SBT) di Jakarta, www.suzukitrada.co.id 
  18.  Indomobil Multi Trada (IMT) di Jakarta, www.indomobilsuzukidealer.co.id 
  19.  Sun Motor Jakarta (SUN) di Jakarta, www.suzukisunmotor.com 
  20.  Citra Asri Buana (CAB) di Jakarta, www.suzukidealercab.co.id 
  21.  Trimitra Sejahtera Mobilindo (TSM) di Jakarta, www.suzukitrimitra.co.id 
  22.  Pusaka Motor Utama (PMU) di Bekasi dan Banten, www.suzukipusaka.co.id 
  23.  Restu Mahkota Karya (RMK), www.suzukimahkota.co.id 
  24.  Armada Banda Jaya (ABJ) di Aceh, www.suzukiaceh.co.id 
  25.  Arista Sukses Abadi (ASA MEDAN) di Medan, www.suzukiarista.com 
  26.  Trans Sumatra Andalan (TSA) di Trans Sumatera, www.tsasuzuki.com 
  27.  Rodamas Makmur Motor (RMM) di Batam, www.suzukimobilbatam.co.id 
  28. Arista Sukses Abadi (ASA TP) di Tanjung Pinang, www.suzukipinang.com 
  29.  Sejahtera Buana Trada (SBT PKU) di Riau,  www.suzukimobilriau.co.id 
  30.  Elang Perkasa Motor (EPM) di Sumatera Barat, www.suzukiepmsumbar.co.id 
  31.  Jaya Indah Motor (JIM) di Jambi, www.suzukijambi.co.id 
  32.  Kangaroo Motor Mandiri (KMM) di Bengkulu, www.suzukibengkulu.co.id 
  33.  Nusa Sarana Citra Bakti (NSCB)di Sumatera Selatan, www.suzukithamrin.co.id   
  34.  Jagorawi Motor (JM) di Bangka Belitung, www.suzukijagorawi.co.id 
  35.  Persada Lampungraya (PLR) di Lampung, www.suzukilampung.co.id

Lebih mudah lagi jika Anda melakukan booking servis di website resmi Suzuki tersebut. Dengan begitu Anda bebas dari antrian untuk servis. 

Berita Lainnya